via TRIBUN JOGJA / Sony Febriawan

7 Hotel Angker di Jogja, Ada yang Dibuat Khusus Nyi Roro Kidul

Spread the love

Wisatawan nggak bakalan pusing nyari objek wisata menarik di Yogyakarta. Pasalnya, beragam objek wisata disana menjadi magnet tersendiri berkat daya tariknya yang memesona. Untuk itu, akomodasi sangatlah diperlukan. Dengan adanya penginapan yang nyaman dan terjangkau, otomatis wisatawan bakal dibuat kangen oleh Kota Gudeg ini. Namun, nggak semua wisatawan punya pengalaman yang mengesankan saat bermalam di Jogja, dalam hal ini hotel. Konon, ada beberapa hotel angker di Jogja yang membuat wisatawan ngerasa was-was dan nggak nyaman. Mau tau bocorannya? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Hotel angker jogja: Royal Ambarukmo

Hotel angker Jogja pertama jatuh pada Hotel Royal Ambarukmo. Hotel ytang satu ini mulai beroperasi pada tahun 1966, tepatnya pada era kemerdekaan saat masa pemerintahan Presiden Soekarno. Konon, yang mejadi daya tarik hotel yang berdiri megah ini adalah adanya sebuah kebun raja yang diubah menjadi tempat perisitirahatan sultan di abad 15. Kebun tersebut lalu dijadikan sebagai tempat tinggal bagi almarhum Sultan Hamengkubuwono VII pada abad 19.

Konon, hotel ini juga punya sisi seram yang seringkali dirasakan oleh pengunjung. Pada saat hotel ini dibangun, pemilik hotel sengaja membuat satu kamar yang dibiarkan kosong. Pengunjung tidak diperbolehkan untuk memesan kamar tersebut. Kamar itu dikenal dengan sebutan “kamar biru” yang konon disediakan khusus untuk Nyi Roro Kidul. Nah, di kamar itu, pengunjung mengaku selalu merasa merinding dan seperti ada yang memperhatikan.

2. Hotel Tuhu Nugraha

Hotel Jogja yang nggak kalah seram adalah Hotel Tuhu Nugraha. Pada tahun 2020, ada pengunjung yang engaku mengalami kejadian mistis saat menginap di hotel ini, ia memesan kamar paling ujung hotel ini. Pada tengah malam,ia mendengar suara aneh dari luar kamar, seperti bunyi seseorang yang sedang mematikan lampu, menyalakan keran air, dan memasang colokan.

Pengunjung tersebut masih positive thinking kalau suara tersebut mungkin berasal dari kamar sebelah. Namun, ia baru menyadari saat pagi harinya, kalau di sebelah kamarnya hanya ada tangga darurat. Suara tersebut dipercaya berasal dari belakang hotel ini. Disana katanya ada rumah kosong yang dinilai angker oleh warga setempat.

3. Hotel Angker Jogja paling antik

Hotel ini termasuk kedalam hotel tertua di Yogyakarta. Hotel yang dibangun sejak tahun 1918 ini punya desain khas zaman kolonial lama, dengan dekorasi retro dan barang-barang vintage di dalamnya. Mesi begitu, properti-properti antik di dalamhotel tersebut konon memberikan kesan yang angker. Maklum saja, hotel ini sudah ratusan tahun didirikan dan tidak menutup kemungkinan jika selalu terlihat penampakan disana. Meski begitu, wisatawan tetap tertarik menginap disini karena penasaran dengan isi hotelnya yang dinilai begitu cantik.

4. Hotel angker jaman Belanda

Hotel megah yang terletak di jalan Malioboro ini sudah eksis sejak zaman penjajahan Belanda. Sampai saat ini, hotel ini masih berdiri kokoh dengan rancangan khas Negeri Kincir. Konon, hotel ini terkenal angker usai adanya dua kamar yang dianggap paling misterius. Menurut saksi mata, pintu kedua kamar tersebut sering terbuka sendiri pada malam hari. Bahkan, pengunjung yang memesan kamar nomor tersebut mengaku merasa merinding dengan suasanya yang sunyi. Bahkan suara-suara aneh pun tak jarang terdengar. Yang lebih mengerikan adalah kursi di kamara-kamar tersebut sering bergerak sendiri.

5. Hotel Angker Jogja: Villa Kaliurang

Villa Kaliurang merupakan salah satu penginapan yang terkenal dengan cerita horornya. =Pada tahun 2008, ada seorang pelajar SMP dari Jakarta yang tengah melaksanakan study tour dan bermalam di Villa tersebut. Namun, ia merasa tidak nyaman saat memasuki kamarnya. Anehnya, tanggal pada ponsel siswa-siswi yang menginap di villa tersebut berubah menjadi 1977.

Saat mereka keluar dari Villa tersebut, tanggal tersebut berubah kembali menjadi normal. Ini sempat jadi momen ganjil bagi mereka, namun hal tersebut tidak terlalu dipermasalahkan. Suatu hari, seorang siswa mengambil foto temanna di depan kamar. Hasilnya mengejutkan karena dalam foto tersebut ada penampakan sosok yang sudah tua.

6. Hotel Area Umbulharjo

ilustrasi via MStar.com.my

Hotel seram selanjutnya tidak disebutkan namanya, namun klunya ada di sekitar Umbulharjo. Pada saat itu, ketua yayasan salah satu SMP swasta di Tangerang mengunjungi salah satu hotel yang ada di area Umbulharjo. Saat memasuki kamar pertama di lantai 2, Bbeliau merasakan kehadiran sosok makhluk halus. Selain itu, ia juga melihat beberapa penampakan makhluk halus yang berkeliaran di sekitar hotel tersebut. Konon, sosok-sosok tersebut berasal dari bangunan tua yang berada tidak jauh dari hotel tersebut.

7. Rumah Senjakala Jogja

Meski berkonsep homestay, penginapan yang ada di Bantul, Yogyakarta ini juga tidak kalah seram. Dikelilingi hutan hijau, rumah senjakala ini begitu sunyi dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Desainnya sendiri mengusung arsitektur modern yang dipadukan dengan abad pertengahan. Homestay dengan satu kamar besar ini konon punya suasana yang lumayan bikin merinding. Coba aja kamu nginep disini, dan rasakan apa yang terjadi di malam hari.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Itulah tujuh penginapan atau hotel angker di Jogja yang kental dengan peristiwa-peristiwa ganjil. Kamu punya pengalaman seram apa?

Berikan komentarmu