Yuk, Melayang Seru di Udara di 10 Wisata Paralayang Ini!

Spread the love

Wisata ekstrem nggak cuman ada di wahana taman hiburan. Ada wisata lainnya yang bisa membuat kamu lebih terkesan karena bisa menguji adrenalin sambil menikmati keindahan alam sekitar. Sebut saja wisata paralayang. Dari ketinggian, kamu bakal dimanjakan dengan hamparan laut yang luas atau bukit-bukit cantik dengan panorama hijau yang menyejukan. Pokoknya, kamu nggak bakalan nyesel meski adrenalin harus diguncang sedemikian rupa. Di Indonesia sendiri, ada beberapa spot cantik yang dijadikan sebagai wisata paralayang. So, langsung aja kepoin rangkumannya di bawah ini.

1. Wisata Paralayang Bukit Timbis

Bali terkenal denghan wisata alamnya yang sukses menjadi magnet bagi wisatawan. Salah satunya adalah bukit Timbis yang sering dijadikan sebagai lokasi bermain paralayang. Lokasinya ada di desa Kutuh, Kuta, Bali, yang lumayan dekat dari Panta Kuta, yaitu hanya berjarak 15 km saja. Nah, sesampainya di puncak, kamu bisa langsung bersiap-siap untuk lepas landas. Saat itulah kamu bisa langsung menikmati pemandangan sekitar dari ketinggian. Ada bangunan resort megah, dan juga hamparan pantai yang cantiknya nggak ada dua. Kamu yag sudah profesional tentu saja bisa melakukannya sendiri. Buat kamu yang masih ‘anak bawang’, nggak usah sungkan minta instrukutur untuk menemani kamu menikmati cantiknya kawasan Kuta….dari ketinggian 🙂

2. Matantimali

Matantimali menjadi salah satu spot paralayang di Indonesia, khususnya Sulawesi Tengah, dengan ketinggian yang paling tinggi. Ketinggiannya mencapai 2.200 mdlp. Untuk itu, selain dijadikan sebagai wisata paralayang, tempat ini juga sering dijadikan spot perlombaan paralayang berskala internasional. Kamu yang masih cupu untuk ngefly di udara nggak perlu khawatir. Ditempat ini disediakan wahana paralayang untuk wisatawan pemula. tarifnya pun bervarias, tergantung durasi terbang yang kamu pilih. Tenang, kamu juga pasti bakal ditemenini sama guidenya.

3. Wisata Paralayang Kawasan Bukit Joglo

Selanjutnya ada Bukit Joglo yang lokasinya ada di Wonogiri. Mulanya, bukit ini didominasi oleh semak belukar. Namun, kini Bukit Joglo tampil berbeda yang mana kamu bisa menemukan wisata menarik disana. Menariknya lagi, kamu bisa bermain wahana ekstrim paralayang. Cuaca di kawasan bukit tersebut sangat mendukung untuk menggelar aktivitas paralayang. Landasannya pun sudah tersedia dengan standar Internasional, jadi kamu nggak perlu galau mau landing dimana. Pemandangannya yang tidak perlu ditanya. Dijamin speechless, deh!

4. Gunung Panten

Majalengka juga punya spot untuk paralayang, tepatnya di Gunung Panten. Di tengah pemandangan alam yang cantik, kamu bisa melakukan aktivitas ekstrim yang sayang jika dilewatkan. Tentu saja, paralayang yang patut kamu coba. Awalnya, tempat ini lebih sering didatangi oleh atlet-atlet profesional. Seiring berjalannya waktu, tempat ini mulai terbuka untuk umum dan mulai menyediakan paket paralayang. Jadi, kapan lagi bisa menikmati langit Majalengka? Kamu yang deket darisana, sok, cobain!

5. Puncak Lawang

Puncak Lawang yag ada di Sumatera Barat jadi spot yang cocok untuk melakukan aktivitas paralayang. Puncak ini punya ketinggian sekitar 700 meter yang mana termasuk lokasi paralayang terbaik di Asia Tenggara. Bahkan, pada tahun 2014, Puncak lawang terpilih menjadi lokasi Agam World Cup Paragliding.
Saat traveling di langit Sumbar, kamu bisa menikmati kecantikan danau Maninjau yang merupakan danau tertinggi di Indonesia. Sesekali, kamu juga bisa melihat penduduk Minang yang sedang beraktivitas. Untuk menikmati wisata paralayang ini, kamu bisa memilih paket yang sudah disediakan. Pilih sesuai kemampuan dompet dan mental, ya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. Wisata Paralayang Gunung Mas

Gunung Mas Kalimantan Tengah sempat dijadikan sebagai lokasi perlombaan paralayang Asia Games tahun 2018 lalu. Puncak Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 250 mdpl. Itu tentu saja cocok untuk melakukan aktivitas ngefly di langit, ditambah lagi dengan kondisi alamnya yang memang sangat mendukung. Anginnya tidak terlalu besar. Pemandangannya apalagi..tidak membosankan. Jadi, bolehlah sesekali menyempatkan datang kesini untuk mendapatkan pengalaman yang nggak terlupakan.

7. Bukit Paralayang

via Google Map

Yang mau liburan ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Bukit Paralayang. Tempat yang sering dijadikan spot untuk melihat sunset ini juga dijadikan sebagai wisata paralayang. Bukitnya sendiri ada di ketinggian 200 mdpl. Kalau kamu benar-benar sudah siap, langsung saja minta instrukturnya buat  menerbangkan kamu ke langit Yogyakarta. Kamu juga bakal terkesima saat terbang selama 30 menit karena disuguhkan oleh pemandangan cantik pesisir Parangtritis.

8. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran Semarang juga sering dijadikan lokasi aktivitas paralayang setiap akhir pekan. Untuk bisa menguji adrenalin, kamu tidak perlu mengeluarkan kocek yang banyak. Durasi terbangnya juga hanya berlangsung dari 8 sampai 15 menit. Saat berada di ketinggian, kamu bakal speechless melihat pemandangan kota Semarang yang tersusun atas deretan pegunungan dan penampakan Rawa Pening.

9. Gunung Banyak

Gunung Banyak yang berlokasi di Batu, Jawa Timur,memang tergolong wisata yang baru.  Lokasinya yang berada di ketinggian membuat Gunung ini sering dijadikan spot untuk aktivitas paralayang. Bahkan, lomba paralayang tingkat nasional dan internasional jug atak jarang dipentaskan disini. Jadi, baik itu atlet paralayang profesional maupun kamu yang masih pemula, bisa banget bermain paralayang disini. Nggak usah was-was karena setiap aktivitas ekstrem pasti ada pendampingnya yang sudah berstatus profesional.

10. Wisata Paralayang Bukit Beta

Bukit Beta berlokasi di desa Tuk-Tuk, Samosir, Sumatera Utara. Bukit yang satu ini cocok dijadikan untuk aktivitas paralayang karena punya ketinggian yang lumayantinggi. Menariknya, kamu bisa menikmati kecantikan Danau Toba dari ketinggian. Jadi, siapapun nggak bakalan bosen bermain paralayang disini karena suguhan pemandangannya juga memang eksotis dan nggak ada duanya.

Itulah sepuluh wisata paralayang yang bisa jadi pilihan untuk menguji adrenalin. Meski tergolong ekstrem, setidaknya kamu nggak perlu khawatir melakukannya karena safetynya pasti diutamakan. Jadi, kapan mau punya pengalaman seru main paralayang?

Berikan komentarmu