Yuk, Jelajahi Keindahan Bawah Laut di 10 Spot Diving Terbaik Ini

Spread the love

Keindahan alam sebenarnya nggak cuma sekedar yang kasat mata saja. Bukan hanya ada pemandangan cantik pantai, keindahan panorama hijau perbukitan, dan lain sebagainya. Jika menjelajahi ke dalam bawah laut, kita bisa menemukan kekayaan lainnya. Untungnya, ini bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia, bahkan dikemas menjadi sebuah objek wisata. Menariknya lagi, pengelola disana menyediakan fasilitas diving, sehingga kita bisa lebih mudah menjelajahi keindahan bawah laut tanpa harus repot membawa peralatan sendiri dari rumah. Namun, tentu saja nggak semua area bawah laut menampilkan kesan yang cantik. Untuk itu, kamu perlu tau spot diving terbaik yang ada di Indonesia maupun dunia. Berikut ulasannya.

1. Spot Diving Terbaik Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan kawasan di bagian utara Jakarta yang cocok dikunjungi untuk kebutuhan aktivitas diving. Beberapa spot menyelamnya diantaranya Gosong Balik Layar, Gosong Sepa, Melinjo, Pulau Matahari, Pulau Putri dan masih banyak lagi.  Kalau masih pemula, kita bisa meminta fasilitas ahli diving profesional. Jadi, nggak perlu tarik-tarikan sama temen pas kita nggak bisa naik lagi ke permukaan.

Menyelam disini tentu saja nggak bakalan mengecewakan. Kita bisa melihat langsung penyu sisik, terumbu karang cantik, soft coral, ikan-ikan laut yang memesona, dan masih banyak lagi. Namun, kita tidak diizinkan untuk menyelam sendiri meski sudah berstatus profesional. Ini tentu saja demi keselamatan bersama agar aktivitas diving sendiri bisa berjalan lancar.

2. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat yang memiliki kurang lebih 610 gugusan pulau juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk aktivitas diving. Raja Ampat sendiri disebut-sebut sebagai taman laut yang memiliki pesona keindahan yang nggak ada duanya. Pulau ini bahkan dinobatkan sebagai pulau yang didominasi oleh terumbu karang sebanyak  75 persen dari keseluruhan spesies terumbu karang di seluruh dunia.

Karena disini juga tidak sedikit spesies ikan-ikan cantik, kita bisa melakukan aktivitas diving yang seru. Beberapa spotnya diantaranya ada Mansuar Island, Chicken Reef, Mike’s Point, Blue Magic dan lainnya. Bersenang-senang di dalamnya tentu bakal membuat kita takjub dan ingin berlama-lama disana.

3. Gugusan Karimunjawa, Jawa Tengah

Kepulauan Karimunjawa terdiri atas kurang lebih 27 pulau yang dengan keindahan yang nggak terbantahkan. Gugusan yang berlokasi di Laut Jawa ini menyimpan kekayaan alam laut yang dengan pemandangan yang eksotis. Untuk itu, siapa saja bakal tergoda untuk bisa mejelajahi pesona bawah lautnya. Beberapa spot favorit untuk aktivitas diving di sini, diantaranya ada Pulau Tanjung Gelam, Pulau Cemara, Pulau Cilik, dan Pulau Menjangan Kecil. Karena kecantikannya, Gugusan yang satu ini dinobatkan sebagai area diving terbaik di Tanah Air.

4. Spot Diving Terbaik Laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi juga bisa menjadi spot diving terbaik lainnya yang cocok untuk pencinta alam. Laut Wakatobi ini kurang lebih menjadi habitat 25 spesies gugusan terumbu karang. Saking cantiknya, nggak sedikit penyelam yang mengambil foto di balik terumbu-terumbu karang tersebut. Adapun beberapa spot menarik untuk diving, diantaranya Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia, hingga Binongko. Kita bisa memilih salah satu, yang jelas keempatnya punya daya tarik masing-masing dan nggak bakalan ngecewain. Bahkan, laut Wakatobi ini juga menjadi favorit para turis untuk diving.

5. Halmahera Utara, Maluku Utara

Laut Halmahera Utara rupanya dikukuhkan sebagai pusatnya segitiga terumbu karang dunia. Pasalnya, siapa saja yang menyelam ke dalamnya bakal takjub dengan terumbu karangnya yang cantik-cantik. Untuk itu, nggak heran kalau kawasan diving di Laut Halamhera Utara ini jadi salah satu spot diving favorit yang bahkan sudah diakui dunia.

Dasar laut Halmahera ini bisa dibilang cukup eksotis. Siapa saja yang berniat untuk menyelam ke dalamnya, jangan lupa untuk mengambil beberapa foto disana karena  nggak ada lagi pemandangan bawah laut yang memanjakan seperti di Halamhera ini.

6. Pulau Wales, UK

Selain di Indonesia, spot-spot diving terbaik juga bisa ditemukan di luar negeri, salah satunya di kawasan Taman Nasional Pembrokeshire dan Pulau Skomer, Wales. Taman Nasional Laut ini menjadi satu-satunya di Inggris dengan flora dan fauna lautnya yang cantik. Ada anjing laut, kepiting, ikan hiu dogfish, pollack, dan masih banyak lagi. Bagi pencinta diving, bisa banget pergi ke Pulau Skomer. Perairan disana memiliki visibilitas yang tinggi, sehingga kita bisa lebih nyaman menikmati keindahan bawah lautnya. Selain biota lautnya, ada juga bangkai-bangkai kapal yang menjadi daya tarik tersendiri. Untuk menyelam disini, disarankan untuk datang pada bulan Maret-Oktober karena suhu lautnya masih hangat.

Baca juga artikel menarik lainnya;

7. Spot Diving Terbaik Portofino, Italia

Italia memiliki kawasan pesisir, salah satunya adalah Portofino. Disana terdapat aneka flora dan fauna yang bisa bikin penyelam berdecak kagum. Untuk itu, bisa dipastikan Portofino ini punya spot diving yang menarik untuk dipilih. Beberapa diantaranya ada Cagar Alam Laut Portofino, bangkai kapal Mohawk Deer yang tenggelam pada tahun 1967, serta patung Christ of the Abyss, patung Kristus yang tenggelam sejak 60 tahun yang lalu. Dengan adanya berbagai pilihan spot diving di Portofino, pengunjung bisa lebih leluasa untuk menentukan pilihannya. Kalau kamu mau pilih yang mana?

8. Barracuda Point

Kalau sudah puas menjelajahi beragam spot diving di Indonesia, nggak ada salahnya buat meli[ir ke negara tetangga. Di Pulau Sipadan Malaysia, kita bisa melakukan aktivitas diving di Barracuda Point. Yang menjadi daya tariknya adalah penampakan cantik sekumpulan ikan yang sedang bermigrasi. Bahkan, kita bisa saja berada di antara mereka secara nggak disadari. Seolah-olah kita seperti ikut bermigrasi juga. Selain penampakan tersebut, kita juga bisa bertemu dengan aneka biota laut lainnya pada jarak pandang 30 meter. Mulai dari penyu laut, hiu karang abu-abu, sampai barakuda.

9. Blue Corner, Palau, Micronesia

Spot diving terbaik lainnya ada di Palau, sebuah negara kepulauan di Samudera Pasifik. Spot diving yang satu ini rupanya hanya disarankan untuk para penyelam profesional.  Kalau kita masih pemula, nggak perlu coba-coba untuk bereksplorasi ke dalamnya. Pasalnya, di laut in arusnya cukup kuat, belum lagi disni ada spesies hiu yang bisa saja membahayakan kalau tidak dihadapi oleh seorang profesional. Selain hiu, disini juga ada tujuh spesies kerang raksasa di dunia, 1.400 spesies ikan karang, dan ikan pelagis.

10.  Spot Diving Terbaik Fernando de Noronha, Brazil

Spot diving terbaik lainnya ada di Brazil, tepatnya di Fernando de Noronha. Kepulauan yang satu ini berlokasi sekitar 354 km lepas pantai dari Pantai Brasil. Perairannya cukup hangat, sehingga cocok untuk dijadikan spot diving, dan kita bisa menyelam hingga kedalaman 40 meter tanpa menggunakan wetsuit. Yang lebih menariknya lagi adalah kita bisa bertemu dengan penyu laut dan berenang ditemani lumba-lumba. Jika berenang lebih dalam, kita bisa bertemu dengan hiu jika beruntung.

Berikan komentarmu