via sajiansedap.grid.id

Yuk Intip 15 Menu Sahur Anak Kos Ini, Murah dan Nggak Ribet!

Spread the love

Saat berubah status menjadi anak kos, segala sesuatu dalam hidup kamu menjadi lebih praktis. Katakan saja dalam hal masak memasak yang cuman butuh magic com doang buat masak mie instan. Belum lagi urusan lainnya yang disulap menjadi begitu simpel tanpa harus mengeluarkan uang dan tenaga. Dengan demikian, dipastikan anak kos juga nggak mau ribet saat nyiapin menu sahur. Biasanya, kamu bakalan milih masak masakan yang simpel kayak telor ceplok sama kecap. Tapi pas bosan, kamu lebih memilih untuk beli di luar aja yang memang akan sangat boros kalau dilakukan terlalu sering. Buat kamu yang ngekos tapi tetep pengen hemat dan makan enak, cobain aja 15 menu sahur anak kos ini. Mudah-mudahan puasa kamu selama di kos ini jadi lebih berwarna dengan menu sehat, enak, dan murah meriah di bawah ini.

1. Menu sahur anak kos: Martabak Mie

via allrecipes-world.web.app

Martabak jadi camilan paling oke buat ngeganjel perut. Tapi, kalau beli harganya bisa sampai Rp 50 ribu kalau kamu beli menu spesial. Anak kosan mah nggak perlu repot pergi keluar buat beli martabak. Bikin aja sendiri dengan bahan utama telur dipakein mie instan. Campurkan mie instan yang udah direbus dengan telur, lalu goreng seperti biasa. Untuk sausnya sendiri kamu bisa pakai mayonnaise atau cabai. Potong seperti martabak pada umumnya, dan selamat menikmati kreasi hemat nan murah meriahhh 😀

2. Roti Goreng Telur

via resipisehat.netlify.app

Telur bisa dikreasikan dengan bahan apa aja. Untuk menu sahur sendiri, kamu bisa mencampurkantelur dengan roti. Caranya, bisa dengan membalurkan roti tersebut pada telur terus digoreng, atau membuat telur ceplok yang nantinya dijadikan sebagai patty (jadi ala-ala burger gitu). Makanan yang satu ini bisa banget loh buat ganjel perut. Bikinnya juga cuman 15 menit jadi cuman dengan modal kompor sama katel doang. Kalau nggak ada dua-duanya? Magic com solusinya.

3. Menu sahur anak kos: Nasi Goreng Anak Kost

Nasi goreng ala anak kos mah nggak usah yang ribet-ribet. Yang penting nasi digoreng terus rasanya enak, kan? Nah, yang kamu butuhkan hanya semangkok nasi dan rempah-rempahnya. Kamu bisa sediakan garam, penyedap rasa, bawang merah (kalau ada), cabai, dan kecap. Mau lebih simpel lagi? Masak aja nasi, kecap, dan penyedap rasa. Serius, rasanya enak, kok….

4. Tumis Kangkung

via SHUTTERSTOCK/ ARIS SETYA

Kalau bosen makan yang kering-kering, cus cobain masak sayur. Masak sayur yang paling adalah bikin tumis kangkung karena bahannya dikit dan mudah dicari. Kamu bisa masak kangkung ini sesuai dengan selera. Kalau kamu suka yang manis-manis, tinggal tambahin kecap. Kalau kamu suka yang pedes-pedes, tinggal tambahin cabai rawit. Tumis kangkung ini enak banget dan pastinya murah meriah!

5. Menu sahur anak kos: Capcay

via .liputan6.com

Capcay juga salah satu menu sahur praktis yang cocok buat anak kos. Meski terbilang simpel, makanan ini nyatanya baik untuk tubuh karena terdiri dari sayur-sayuran. Yakali ada buah 🙂. Kamu cukup beli brokoli, sawi putih, wortel, dan bakso (kalau pengen lebih beeeuhh). Masak sesuai selera, apakah mau dibuat kuah atau goreng. Pokoknya dua-duanya tetep mantep apalagi kalau dimakan bareng nasih hangat.

6. Sereal

via snackgator.com

Males masak dan males keluar? Fix, kamu harus sediain sereal. Makanan yang satu ini tentu saja nggak ribet karena kamu cukup menuangkan susu dan sereal saja ke dalam mangkok. Sereal ini memang tergolong mahal kalau kamu belinya yang merk X dan dibeli di supermarket. Tapi, kalau misalnya kamu beli yang kiloan di warung pinggiran dengan merk yang relatif lebih murah, sepertinya itu lebih oke. Pokoknya, atur-atur aja gimana caranya dapet sereal yang harganya murceuuu…

7. Tempe Orek

via Maulana Noriandita / shutterstock

Salah satu makanan paling enak dan murah jatuh pada tempe. Mau disop atau digoreng, tempe tetep juara di lidah. Biar kamu mendapatkan citarasa yang baru dari tempe, bisa banget dibuat jadi orekan. Emang sih ini bukan menu yang asing, tapi setidaknya menu ini bisa membuat sahur kamu lebih semangat karena kelezatan dari tempe ini. Bikinnya mudah banget dan nggak banyak bahan yang dibutuhkan.

8. Pecel sayur

via Instagram/@fithrotal_chaq

Pecel sayur juga bisa jadi menu buka puasa hemat lainnya. Kamu cukup merebus sayuran selama beberapa menitdan menyiapkan bumbu kacangnya. Btw, pecel sayur ini juga rasanya enak kalau dimakan sama nasi. Tapi, kalau mau digadoin juga boleh yang penting kamu makan pas sahur. Ya, gimana selera aja, sih. Kalau mimin prefer dimakan sama nasi karena lebih beuh dan kenyang aja, hehe.

9. Menu sahur anak kos: abon sapi

via omiyago.com

Kalau kamu adalah tipikal manusia yang mager berat saat sahur, menyediakan abon wajib hukumnya. Gampang banget ini mah, tinggal taburi abon pada nasi yang masih hangat, lalu santap dengan penuh rasa syukur. Abon juga harganya murah meriah. Bahkan, tersedia juga dalam kemasan sachet, jadi kamu nggak perlu keluar duit banyak.

10. Mie kuah ala-ala

via Instagram.com/eshtravaganza

Mie instan adalah salah satu andalan anak kos yang pengen makan enak tapi murah. Nggak apa-apa dijadikan menu sahur, asalkan kamu memodifikasinya nggak terlalu ekstrem. Misalnya, kamu bisa menambahkan sayur lebih banyak, atau dimakan tanpa nasi. Untuk menu sahur sendiri, disarankan nggak usah pakai cabe terlalu banyak karena puasa kamu jadi terlalu beresiko. So, kreasikan mie instan ini sekreatif mungkin asalkan tidak membahayakan diri sendiri :).

11. Menu sahur anak kos: tumis kornet

via Youtube.com/Raja Masak

Yang ribet itu kalau kamu pengen makan super enak tapi nggak ada duitnya. So, biar lebih mudah, kamu cukup sediakan kornet kalengan yang harganya tentu saja relatif lebih murah. Masaknya super gampang. Cukup ditumis saja, lalu tambahkan garam dan merica (kalau suka). Biar rasanya lebih mantap, kamu bisa menambahlan sosis, bakso, atau wortel. Pokoknya, sesuai selera aja, ya.

12. Bibimbap ala anak kost

via cookpad.com/Anugrah_yaniputri

Kalau abis nonton drakor, mikirin menu sahur aja bisa sampai halu. BM aja gitu, suka pengen tiba-tiba makan Bibimbap dan golongannya. Btw, nggak usah pusing. Kamu yang lagi ngekos bisa banget bikin menu ini sendiri dengan bahan yang ‘seadanya’. Kamu cukup menyediakan nasi putih hangat yang sudah dicampur dengan telur matang atau mentah (opsional) dan sayuran rebus. Setelah itu, bumbui dengan chilli paste dan aduk nasi hingga tercampur.

13. sandwich dadar sosis

via Sajian Sedap

Mau bikin sandwich, tapi kamu anak kos? Wah, bisa banget! Caranya simpel aja, cukup sediakan roti tawar dan telur ceplok atau dadar. Setelah itu, himpit telur tersebut dengan roti tawar, dan jangan lupa bumbui dulu dengan merica, saus tomat, dan cabai. Kalau ada sayur juga boleh banget, tuh. Make urself happy aja deh pokoknya…

14. Menu sahur anak kos: Tahu, tempe, telur

via resepmasakanku.net

Kalau kamu pengen makan sahur lebih dari satu menu, cibain aja bikin campuran telur, tahu, dan tempe. Caranya mudah. Sambil digoreng, kamu cukup tambahkan kecap dan bawang goreng pada tiga makanan tersebut (yang sudah matang), lalu aduk sampai rata. Kalau rasanya terlalu manis, kamu bisa tambahkan sedikit air, lalu goreng lagi sampai bumbunya meresap.

15. Telur Dadar Modifikasi

via Sajian Sedap

Pilihan terakhir jatuh pada telur dadar. Memang, menu ini nggak perlu effort yang berlebihan karena kamu cukup menuangkannya pada wajan. Tapi, kalau kamu bosan dengan telur dadar yang gitu-gitu aja, keluarkan jurus kreatifmu, wahai anak kosan. Kamu bisa bikin telur dadar pizza, telur dadar martabak, telur dadar krispi, dan masih banyak lagi.

Itulah 15 menu sahur anak kos yang nggak bakalan bikin dompet kamu jebol. Jadi, mau bikin yang mana dulu, nih?

Berikan komentarmu