Yuk! Gowes Nyaman dan Seru di 10 Trek Sepeda di Bandung

Spread the love

Bersepeda menjadi aktivitas seru menggerakan tubuh agar lebih segar dan sehat. Buktinya, para penggowes biasa meramaikan sepanjang jalur car free day, lengkap dengan “alat tempurnya”. Menariknya, kebiasaan ini mulai menjamur, baik itu di kalangan orang tua maupun anak-anak muda. Untuk itu, Bandung seolah merespon kebutuhan tersebut, hingga tersedialah beberapa trek sepeda yang terbuka bagi umum. Trek sepeda di Bandung sendiri sebenarnya tidak bisa dihitung jari, namun setidaknya ada sepuluh diantaranya yang bisa jadi pilihan terbaik untuk gowes.

1. Trek Sepeda di Bandung: Kiara Payung, Jatinangor

Saat jalan-jalan ke area Timur Bandung, kamu bisa menemukan bersepeda yang nyaman, tepatnya di Kiara Payung. Kawasan yang biasa digunakan untuk camping ini memiliki trek bersepeda yang cukup luas dengan kondisi jalan yang mulus. Namun, disana juga ada trek yang cukup menanjak, sehingga kamu perlu hati-hati kalau skill sepedahannya masih belum jago.

Sepanjang perjalanan, kamu bakal disuguhkan dengan pemandangan asri. Pepohonan hijau di sekitarnya lumayan bikin mata jernih, belum lagi suasana sejuknya yang menyegarkan badan. Sesegar apapun itu, sepertinya nggak lengkap kalau nggak nyeruput es kelapa. Nggak usah khawatir, di area Kiara Payung banyak pedagang kaki lima yang menyediakan aneka minuman dan makanan.

2. Cikole, Lembang

Bergeser ke arah Barat, ada trek bersepeda yang sering disambangi pencinta gowes. Namun, trek ini rupanya khusus mereka pencinta olahraga ekstrem. Tepatnya di Cikole, kamu bisa menemukan dua jenis trek sepeda. Pertama adalah trek khusus Downhill dan yang kedua All Mountain Bike. Tentu saja kedua jalur ini dinominasi oleh jalan tanah, turunan, dan juga trek yang terjal.  Untuk itu, pastikan sepeda yang digunakan juga disesuaikan dengan kebutuhan. buat kamu yang mau bersepeda santai, tempat ini tentu nggak cocok, ya 🙁

3. Trek Sepeda di Bandungg: Kota Baru Parahyangan

Warga Padalarang nggak susah buat nyari trek sepeda yang nyaman. Warga setempat biasanya menyempatkan waktu bersepeda di Kota Baru parahyangan. Jalur ini sangat cocok buat kamu yang ingin bersepeda santai, karena treknya sendiri cenderung datar dan hampir sama sekali tidak ada tanjakan. Kalau sudah puas bersepeda, kamu bisa melipir dulu ke toko perlengkapan rumah tangga. Disana nggak perlu beli perabotan. Kamu bisa jajan di foodcourtnya. Ada ice cream, meatball. cake, dan masih banyak lagi.

4. Punclut, Dago

Ke Punclut jangan cuman ngadem dan makan enak di Warung Teh It*. Kawasan ini juga memiliki jalur lintas sepeda berbeda-beda yang bisa kamu susuri. Trek tersebut terbentang sepanjang 5KM, dan sekaligus menghubungkan Ciumbuleuit dan Lembang. Namun, jalanan ini nggak cocok buat kamu yang ingin bersepeda santai. Jalannya ada yang menanjak, menurun, dan menukik. Cocok lah buat yang emang pengen olahraga.

5. Jayagiri, Lembang

Mau bersepeda di kawasan hutan pinus? Jayagiri bisa jadi pilihan terbaiknya. Di sini, kamu bisa puas bersepeda mengelilingi barisan pohon pinus yang rapi. Nggak bakal bosen, karena treknya pun bervariasi. Bahkan disini tersedia Down Hill track. Nggak cuman buat yang pro, pemula juga bisa banget nyobain rute ini. Namun, pastikan kamu menggunakan body protector.  Biker seringkali terjatuh akibat akar-akar pohon yang timbul dari dalam tanah. Play safe aja, yess…

6. Trek Sepeda di Bandung: Warung Bandrek

Warban atau Warung Bandrek adalah salah satu kawasan favorit para bikers. Tempat ini selalu ramai pada akhir pekan, yang tak lain digunakan sebagai tempat istirahat. Untuk rutenya sendiri dimulai dari Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, dan kamu akan melewati berbagai trek seperti tanjakan Pinus, dan Tanjakan “Putus Asa”. Tanjakan yang terakhir dinamai demikian karena seringkali membuat biker putus asa melewatinya. Gimana, tertarik kesini?

7. Caringin Tilu

Jalur sepeda Caringin Tilu juga nggak kalah diminati oleh para bikers. Trek bersepeda ini sangat cocok untuk mendukung suasana bersantai. Jalurnya sendiri tidak terlalu terjal, dan lebih didominasi oleh jalanan berkontur aspal. Untuk bisa sampai disini, kamu bisa lebih dulu masuk ke jalan Saung Udjo, dan 7 KM seterusnya kamu bisa langsung sampai di sana. Menariknya lagi, trek ini bisa menjadi alternatif jalan ke Taman Hutan Raya Dago, Warung Bandrek dan Simpang Dago. Ketika sudah sampai di atas akan melihat pemandangan alam yang indah seperti gunung, perkebunan dan tentunya udara yang segar.

8. Oray Tapa

Buat kamu yang nyari trek bersepeda di Cimenyan, Oray Tapa bisa jadi pilihan terbaik. Trek yang satu ini cocok buat kamu yang suka dengan All Mountain. Treknya sendiri lumayan terjal, namun tidak se-ekstrem Caringin Tilu. Jalurnya didominasi oleh lintasan tanjakan dengan jalanan tanah. Menariknya, bersepeda disini nggak bakalan bosen karena kamu bakal dimanjakan dengan pemandangan pohon pinus dan pohon cemara.

9. Trek Sepeda di Bandung: Palintang

Palintang adalah salah satu kampung di Kecamatan Cilengkrang, Bandung Timur uang jug a menjadi spot favorit untuk bersepeda. Jalur ini sudah diaspal setelah sebelumnya hanya berupa bebatuan.  Untuk itu, nggak sedikit bikers yang datang kesini untuk uphill dan offroad. Jika terus gowes sampai ke utara Kampung Palintang, kamu bisa menemukan hamparan kebun Kina dan puncak Palintang yang menjadi titik mula dari beberapa jalur offroad sepeda gunung.

10. Kanhay Bike Park

Yang terakhir adalah Kanhay Bike Park, trek bersepeda baru yang ada di Kecamatan Cibiru, Bandung Timur. Disini, kamu bisa lebih leluasa bersepeda dengan jalur yang sudah diaspal. Kalau jalur tersebut kurang menantang, kamu bisa mencoba trek tanah merah yang disediakan disana. Btw, sepedaan disini gratis, ya. Namun, ada kotak infaq yang disediakan, dan kamu bisa membayar seikhlasnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu