Yuk, Cari Kesegaran di 10 Wisata Kebun Teh Indonesia Ini!

Spread the love

Suasana yang tenang dan menyejukan sangat dibutuhkan oleh kita yang punya kesibukan 24/7. Jelas, karena mata ini butuh dimanjakan dengan panorama alam yang memanjakan, plus badan ini juga butuh suasana sejuk yang menyegarkan. Solusinya adalah bisa dengan berjalan-jalan ke wisata kebun teh. Perkebunan yang satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, khususnya di kawasan dataran tinggi. Sebut saja yang paling terkenal di Jawa Barat, Kebun Teh Walini Ciwidey. Selain itu, masih ada juga sepuluh wisata kebun teh yang sering jadi incaran wisatawan. So, langsung aja kepoin rangkumannya di bawah ini!

1. Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan

via Ajeng Pawestri

Pangalengan emang udah terkenal sebagai kawasan yang menyejukan, dengan kebun tehnya yang sangat cantik. Salah satunya ada wisata Wayang Windu Panenjoan. Perkebunan teh yang terletak di ketinggian antara 1.600 sampai 1.800 mdpl ini sangat direkomendasikan karena panoramanya yang nggak ada duanya. Disini, disediakan beberapa spot cantik untuk menikmati keindahan kota kecil Pangalengan dari ketinggian. Tentu saja, wisatawan lebih sering berkunjung kesini pada pagi atau sore hari untuk berburu penampakan sunrise dan sunset. Kalau perut keroncongan, nggak usah khawatir karena disini juga disediakan sejenis warung kopi. Karena disini suasananya sangat dingin, membeli mie instan sangat direkomendasikan. Beuh! Kalau udah kenyang, bisa banget nyewa ATV dan berkeliling menikmati cakepnya Wayang Windu ini.

via Ajeng Pawestri

Wisata Wayang Windu ini berlokasi di Banjarsari, Pangalengan, Bandung. Jika kita berangkat dari Kota Bandung, siap-siap saja untuk menempuh jarak kurang lebih 60 km, atau 1,5 jam perjalanan. Untuk tiketnya sendiri murah banget, yaitu Rp10.000. Buka 24, jam, ya…

2. Wisata kebun teh Agrowisata Gunung Mas, Bogor

Selain kawasan Pangalengan, Puncak juga nggak kalah sejuknya. Di sana, ada tempat liburan yang menyejukan, namanya Agrowisata Gunung Mas. Objek wisata ini terkenal dengan kawasan perkebunan tehnya yang luas. Pengunjung bisa merasakan sensasi berkeliling kebun teh yang punya empat rute ini. Ada jalur 4 kilometer, 6 kilometer, 8 kilometer, dan 10 kilometer. Untuk setiap rutenya sendiri punya harga tiket masuk yang berbeda. Untuk itu, pengunjung mesti menyiapkan Rp20.000 hingga Rp30.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk pemandu wisata, ya.

Sambil menikmati suasana sejuknya, kamu bisa membeli pisang goreng dengan teh hangat sebagai pelengkapnya. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot bawa makanan dari rumah karena disini juga disediakan aneka kudapan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas. Mulai dari berkuda, berenang di kolam renang Tirta Mas, mengendarai ATV, dan berkemah. Wah, paket lengkap banget, ya!

3. Rancabali, Ciwidey

Tetanggaan dengan Pangalengan, Ciwidey juga punya perkebunan teh Rancabali yang  sudah ada sejak tahun 1870. Kebun Teh yang satu ini rupanya menjadi pemasok tetap di pabrik teh lokal maupun internasional, tentu saja karena kualitasnya yang nggak kaleng-kaleng. Kebun Teh Rancabali tentu saja terbuka untuk umum. Untuk bisa menikmati keindahannya, kita cukup mengeluarkan kocek Rp 5 ribu saja per orangnya. Kalau masih mau berlama-lama disini, kita bisa bermalam disini dengan berkemah.

4. wisata kebun teh Kemuning, Karanganyar

Beralih ke Jawa Tengah, ada juga wisata kebun teh Kemuning yang berlokasi di lereng Gunung Lawu, Desa Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Kebun yang satu ini sudah eksis sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda. Selain bisa menikmati keindahan alam disini, kita juga bisa mencicipi sajian aneka jenis teh yang ditanam di Indonesia, atau istilahnya adalah tea time. Pencinta teh jelas akan sangat dimanjakan saat jalan-jalan kesini. Selain itu, ada juga akticitas lainnya yang nggak kalah menarik, Ada flying fox, ATV, sampai paralayang. Untuk tiket masuknya sendiri cuman Rp 3 ribu saja, ya.

5. Tambi, Wonosobo

Hamparan Kebun Teh Tambi di Wonosobo berhasil menarik perhatian wisatawan. Konon. suasana yang disuguhkan disini bisa membuat pengunjung betah. Gimana nggak, suasananya saja sudah sejuk, belum lagi pemandangannya yang bikin auto melek terus. Untuk bisa mengeksplor kebun teh ini, pertama kita harus memasuki dulu kawasan wisatra Dieng. Setelah itu, kita akan memilih paket wisata, mulai dari standar sampai eksklusif. Pilihan yang kedua direkomendasikan kalau kita mau menikmati aktivitas outbound. Kalau cuman jalan-jalan aja, pilihlah opsi yang pertama. Btw, HTM nya mulai dari Rp 27 ribu, ya.

6. Sukawana, Lembang

Lembang emang nggak pernah kehabisan tempat wisata yang hits! Selain Farm House dan Floating Market, kita juga bisa melipir ke Kebun Teh Sukawana yang lokasinya ada di kaki pegunungan Burangrang. Meski cuacanya panas, kita nggak bakalan gerah karena suasana disini dinging banget! Jadi, pastikan bawa jaket saat berkunjung kesini, ya. Selain jalan-jala liat kebun teh, kita juga akan disuguhkan dengan aktivitas lainnya. Ada hiking, camping, offroad, dan masih banyak lagi.

7. Nglinggo, Kulon Progo

Kebun Teh Nglinggo cocok banget buat kita yang suka banget berburu sunset atau sunrise. Sambil menikmati cantiknya hamparan kebun teh, kamu bisa menyiapkan kamera untuk mengambil momen matahari tenggelam. Ini tentu saja momen langka yang harus diabadikan. Selain itu, kebun teh ini juga bisa dijadikan trek untuk berolahraga.  Konturnya yang berundak-undak sangat menantang, tapi teta tidak membahayakan. Untuk tiket masuknya sendiri hanya Rp 5 ribu per orang.

8. Wisata kebun teh wonosari, Malang

Kebun teh Wonosari merupakan salah satu objek wisata populer di Jawa Timur. Gimana nggak, tempat yang satu ini memberi pengunjungnya dengan fasilitas yang cukup memadai. Agar tidak capek saat berkeliling kebun teh, kita bisa menggunakan Kereta Kelinci. Atau kita juga hanya perlu menyewa villa atau asrama jika masih ingin berlama-lama disini. Selain tea walk, sebenarnya masih ada kegiatan seru lainnya di kebun teh Wonosari ini, Mulau dari mengendarai ATV sampai main flying fox. Tiket masuknya Rp 10 ribu saja per orangnya, belum termasuk biaya wahana.

Baca juga artikel menarik lainnya:

9. Kayu Aro, Jambi

Kayu Aro menjadi salah satu kebun teh yang paling luas di dunia dalam satu area yang sama. Kebun yang terletak di kaki gunung Kerinci ini luasnya mencapai 2,500 hektar. Kebun teh ini juga menjadi pemasok teh hitam untuk beberapa perusahaan teh di dunia. Kamu yang lagi ada di Padang bisa banget melipir kesini. Ajak juga teman atau keluarga biar liburan jadi semakin berkesan. Jangan lupa charge baterai kamera sampai penuh karena sayang banget kalau sampai nggak foto-foto disini.

10. Wisata kebun teh Sidamanik, Simalungun

Yang terakhir ada kebun teh Sidamanik yang berlokasi di Simalungun, Sumatra Utara. Kebun ini terkenal sebagai penghasil teh hitam, dan sering diekspor ke berbagai belahan dunia. Di sisi lain, pemandangannya juga cantik dan cocok banget buat dijadikan spot foto yang instagramable. Bahkan, di pagi hari kita bisa berburu sunset dan melihat sejumlah petani yang sedang memanen daun teh. Kalau sudah puas jalan-jalan di sini, kamu bisa langsung mampir ke ke Air Terjun Bah Biak yang airnya sangat jernih.

Itulah sepuluh wisata kebun teh cantik yang ada di Indonesia. Kamu pernah berkunjung kemana?

Berikan komentarmu