Yuk, Berburu Kesegaran di 10 Wisata Hutan Pinus di Bandung Ini

Spread the love

Jalan-jalan ke Kota Bandung kayanya belum lengkap kalau kamu belum merasakan serunya piknik di tengah-tengah hutan pinus yang sejuk dan rindang. Suasananya benar-benar membuat pikiran tenang dan damai, apalagi dengan adanya sentuhan dingin udara khas Kota Kembang. Disana kamu bisa makan-makan, baca buku, dengerin musik, camping, outbound, dan yang paling nikmat tiduran selonjoran di dalam hammock yang digantung diantara dua pohon pinus. Wisata hutan pinus di bandung ini tentu bisa jadi ide liburan yang tenang, seru dan nggak bikin dompet jebol. Untuk itu, langsung aja simak daftarnya di bawah ini.

1. Hutan Pinus di Bandung: Bukit Moko 

Area wisata hutan pinus ini terletak di jalan Padasuka Cicaheum, Kampung Buntis Bongkor, Cimenyan. Bukit moko memberikan kesan indah dan sejuk dari jejeran pohon pinus yang menjulang tinggi. Selain dapat melakukan hammocking dan piknik saat siang hari, kamu juga masih bisa menikmati keindahan alam disini hingga malam hari dengan berkemah. Suasana matahari terbit dan terbenam bisa sekaligus kamu saksikan sambil ngobrol santai dengan keluarga dan sahabat didepan tenda.  

2. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Kamu yang senang jalan-jalan ke daerah Dago, pasti nggak asing lagi dengan tempat wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Taman Hutan Raya atau Tahura ini berlokasi di Kompleks Tahura, Jln, Ir. H. Djuanda No. 99, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Tahura terkenal dengan pepohonan rimbun yang alami, dengan menyajikan keindahan alam dari hutan pinus yang membuat mata sejuk ditambah hawa dingin khas penunungan.

Disini juga terdapat trek panjang dan melihat langsung pemandangan vegetasi hijau terhampar dari pegunungan disekitarnya. Di tengah-tengah trek juga ada warung yang bisa kamu kunjungi untuk beristirahat. Goa Jepang dan Goa Belanda jug abisa kamu kunjngi disini. Ada juga Curug Omas yang aliran airnya sangat deras. Jika berkunjung kesini, jangan lupa untuk mengabadikan foto sebanyak-banyaknya di berbagai spot kece.

3. Orchid Forest Cikole

Ochid forest adalah taman bunga anggrek terbesar di Indonesia yang berada di daerah Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Ada sekitar 157 jenis bunga anggrek yang bisa kita temukan, lengkap dengan pemandangan hutan pinus yang menambah daya tarik tempat ini. Ciri khas lainnya dari Orchid Forest adalah wood bridge, amphitheater, wahana outbond, tempat bersantai, rabbit forest, hingga camping ground. Bagi pencinta kemah, wajib untuk coba suasana bermalam ditemani pemandangan yang cantik di Orchid Forest Cikole ini.  Objek wisata yang satu ini buka setiap hari pukul 09.00-18.00 WIB, kecuali hari Sabtu dan Minggu buka pukul 08.00-19.00

4. Hutan Pinus di Bndung Pine Forest Camp Lembang

Kalau mampir ke daerah Maribaya Lembang, wajib banget mampir ke area wisata camping ground dan outbound di Pine Forest Lembang. Tempat ini menyuguhkan pemandangan hutan pinusnya, lengkap dengan fasilitas area camping eksklusif yang nyaman untuk para pencinta kemah.

Kamu juga bisa menikmati fasilitas kegiatan outdoor, antara lain High Rope, Low Rope, Flying Fox, Offroad Adventure, Outbound Training Team Building, Adventure Family Camping, Outbound “Salam Percil”, dan Adventure Kids Camp khusus untuk anak-anak. Asik, kan? Pine Forest Camp Lembang dibuka setiap harinya mulai pukul 08.00 sampai pukul 18.00 WIB.

5. Dago Dream Park

Dago Dream Park adalah tempat wisata hutan pinus di Bandung yang baru beberapa tahun dibuka. Letaknya di Jalan Dago Giri Km 2,2, Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Walaupun terbilang tempat wisata baru, tempat ini sudah menarik minat para pengunjung dan selalu terlihat ramai terutama pada hari libur.

Dago Dream Park menyediakan aneka spot foto cantik, wahana permainan, dan suasana alam sejuk dengan hutan pinus yang hijau. Wahana permainan terdiri dari labirin vertikal, perahu dayung, perahu anak, area bersepeda, becak mini, flying fox, ATV, berkuda, memancing, peternakan, kora-kora, memanah, dan area bermain tanah liat. Setelah lelah bermain kamu bisa bersantai dengan menyantap aneka hidangan di food court atau menonton pertunjukan musik. Tempat wisata keluarga ini dibuka setiap hari Senin-Jumat pukul 09.00-17.00 WIB dan hari Sabtu-Minggu pukul 08.00-20.00 WIB.

6. Puncak Eurad Pingping Lembang

Tempat wisata ini belum banyak diketahui sehingga pengunjungnya masih tergolong minim. Puncak Eurad berada di perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Subang. Disini kamu bisa dengan lelauasa menikmati keindahan alam hutan pinus dan hijaunya hamparan kebun teh. Pas banget untuk melepas penat dan menenangkan pikiran. Untuk saat ini belum ada tarif masuk ke Puncak Eurad sehingga untuk sementara kamu bisa datang ke tempat ini setiap hari, gratis!

7. Batu Kuda

Bagi warga Cileunyi,  sudah tentu tidak asing lagi dengan tempat wisata hits Batu Kuda. Ya, Batu Kuda sangat terkenal dengan situs batu yang sekilas menyerupai bentuk kepala kuda. Objek wisata ini berada pada kaki Gunung Manglayang, tepatnya di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Selain situs batu, pengunjung akan dibuat terpesona dengan kecantikan hamparan rumput dan hutan pinus yang berjajar rapi dan menjulang tinggi.

Adapun beragam aktivitas outdoor yang bisa dilakukan, diantaranya hammocking, piknik, trekking, camping, live music, dan hiking. Jangan khawatir, kebersihan disini sangat terjaga, kok. Fasilitas yang disediakan disini ada  mushola, kamar mandi, warung-warung dan penyewaan alat outdoor seperti tenda, hammock, tikar, dan lain-lain. 

Baca juga artikel menarik lainnya:

8. Hutan Pinus di Bandung: Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang terkenal berkat legenda Sangkuriang. Hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mengunjungi Gunung Putri, sambil menikmati keindahan puncaknya dengan ketinggian 1587 mdpl. Gunung Putri terletak di Desa Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Trek dari kaki gunung menuju puncak gunung terbilang mudah dan sangat cocok untuk pada pendaki pemula. .

Bagi kamu yang belum pernah mengunjungi gunung ini, nggak ada salahnya buat nyoba. Kalau nggak suka hiking, kamu bisa memilih untuk menghabiskan malam di Gunung Putri dengan berkemah menikmati pemandangan lampu-lampu kota yang indah, lengkap dengan sejuknya hutan pinus di ketinggian.

9. Hutan Pinus Cijapati

Hutan Pinus Cijapati berlokasi di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung. Hutan pinus ini juga belum banyak diketahui oleh masyarakat kecuali warga sekitar karena letaknya yang agak tersembunyi. Menariknya, tempat ini sering dijadikan spot foto pre-wedding. Nggak heran, karena pemandangan dan keindahan alamnya gak kalah keren dengan hutan-hutan pinus lainnya yang hits. Selain itu, disini kamu bisa dengan bebas bersantai, berjalan-jalan, berfoto di spot-spot yang epic, dan menikmati keindahan alam sembari piknik bersama keluarga atau sahabat. 

10. Hutan Pinus di Bandung: Kampung Cai Rancaupas

Kecamatan Rancabali terkenal memiliki pesona keindahan tersendiri, salah satunya di Kampung Cai Rancaupas. Tempat wisata yang satu ini menawarkan fasilitas camping ground, disertai dengan pemandangan pohon pinus, kebun teh, sekaligus penangkaran rusa. Rancaupas terletak di Jalan Ciwidey–Patengan Km 11, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung. 

Selain camping dan melihat rusa, kita juga bisa melakukan aktivitas lainnya, mulai dari bermain flying fox, paint ball, fun games, adventure games, berenang di kolam air panas alami, dan masih banyak lagi. Disini bisa banget berkemah, lho. Bayangin aja, pagi-pagi udah liat penampakan rusa, menikmati cantiknya pemandangan kebun teh,  dan merasakan udara sejuk.

Berikan komentarmu