Share this
Share

Share

shares

Work From Home Bikin Cabin Fever? Atasi dengan 5 Cara Ini

13 June 2020  Ajeng

Kehadiran virus corona atau Covid-19 mengubah pola hidup masyarakat Indonesia. Sejak pandemi ini merebak, pemerintah Indonesia mulai memberlakukan sejumlah kebijakan, salah satunya adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan adanya kebijakan ini, masyarakat dianjurkan untuk diam di rumah dan mengurangi aktivitas di luar. Oleh karena itu, sejumlah perusahaan mulai menerapkan sistem work from home alias bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah tentu saja tidak hanya satu atau dua hari saja. Selama kasus corona ini masih tinggi, kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang dinjurkan oleh pemerintah. So, kita tidak jarang merasa bosan karena aktivitas terbatas hanya di rumah saja. Jika kondisi seperti ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa-bisa kita mengalami cabin fever.

Cabin fever merupakan istilah yang sering digunakan saat kita mengalami jenuh yang luar biasa. Biasanya, kondisi ini akan dialami jika kita sudah terkurung di dalam rumah dalam jangka waktu yang lumayan lama. Adapun gejala yang ditimbulkan, diantaranya mudah marah, lesu, jadwal tidur yang tidak teratur, sulit berkonsentrasi, dan masih banyak lagi. Meskipun kondisi ini cenderung tidak membahayakan, kita harus bisa menanganinya dengan tepat agar suasana hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

Untuk meminimalisir suasana jenuh selama work from homesetidaknya ada lima cara yang bisa kita lakukan, yaitu seperti ulasan berikut ini.

1. Membuat Jadwal Harian

Sumber: Breakingpic @pexel.com

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat jadwal harian. Pastikan kita sudah tau apa saja aktivitas yang akan dilakukan. Misalnya, jadwal untuk bekerja, beres-beres rumah, mandi, makan, tidur, nonton, dan masih banyak lagi. Dengan adanya jadwal yang teratur, kita bisa mencapai beberapa target harian, sehingga aktivitas pun lebih terorganisir dengan baik.

2. Tetap Berkomunikasi dengan Teman dan Keluarga

Sumber: Anna Shvets @pexels.com

Anjuran diam di rumah membuat kita tidak bisa bertemu langsung dengan teman-teman maupun keluarga. Dengan adanya batasan ini, kita tentu saja merasa lebih bosan saat berada di rumah. Solusinya adalah dengan tetap berkomunikasi dengan mereka melalui aplikasi video call. Saat ini, tersedia berbagai aplikasi video call yang mampu menampung sampai puluhan partisipan. Dengan begitu, kita pun tidak akan merasa sendiri meskipun harus diam di rumah. Bahkan, hari-hari kita bisa lebih menyenangkan karena bisa mendengar cerita-cerita lucu dari teman maupun keluarga.

3. Mencari Kesibukan Lain

Sumber: Burst @pexels.com

Waktu luang biasanya akan kita gunakan untuk rebahan. Tidur terlentang sambil bermain gadget tentu saja akan membawa kenikmatan tersendiri, sampai-sampai kita lupa waktu. Namun, jika ini berlangsung secara terus menerus, kita pun lama-lama akan merasa bosan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengisi waktu luang selama di rumah dengan kegiatan-kegiatan yang produktif. Misalnya, membuat lukisan, mencoba resep masakan baru, membuat cerita pendek, dan masih banyak lagi.

4. Olahraga

Sumber: Valeria Ushakova @pexels.com

Agar rasa jenuh bisa diatasi selama di rumah, kita bisa melakukan olahraga ringan. Menurut penelitian, orang yang sering berolahraga lebih rentan terhadap kecemasan. Hormon stres pada tubuh akan menurun saat kita berolahraga secara teratur, sehingga suasana hati menjadi lebih baik. Adapun  gerakan-gerakan olahraga ringan yang bisa kita lakukan seperti gerakan push up, jumping jack, crunch, plank, squat, dan masih banyak lagi.

5. Me-Time

Sumber: Andre @pexels.com

Me-time cukup berpengaruh dalam mengatasi kejenuhan selama di rumah. Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, kita bisa menciptakan suasana yang lebih menyenangkan. Kita bisa melakukan berbagai aktivitas seperti karaoke, perawatan diri, streaming film, dan lain-lain.

Dengan melakukan aktivitas yang produktif dan menyenangkan, kita bisa terhindar dari cabin fever selama work from home. Tetap patuhi protokol kesehatan agar pandemi ini bisa cepat berlalu. Stay safe!

Berikan komentarmu

Related articles

 #gejala cabin fever #mengatasi cabin fever #virus corona #work from home
Share di whatsapp

Pilihan editor