Share this
Share

shares

5 Wisata Pulau Indonesia Timur Paling Terkenal Dan Perlu Kamu Kunjungi

14 July 2019

Indonesia bagian timur memang memiliki laut yang lebih indah karena belum begitu banyak dijamah. Kebanyakan orang hanya tau Bali dan kalau agak kekinian dikit, paling taunya Lombok. Itu juga karena habis nonton acara reality show My trip My adventure yang kurang bermutu yang cuma pamer muka ganteng dan background musik rock. Seperti yang kita tahu, Bali dan Lombok kini adalah kiblatnya orang ngaku suka traveling di instagram. Namun jarang kalau ada yang mencicipi wisata indonesia timur. Betapa mirisnya kalau tahu fakta orang indonesia sadar di indonesia timur kaya sumber daya alam, sedangkan Wong Landa udah pada tahu sejak ratusan tahun lalu. Gak heran kalau orang kita gampang dijajah dan dibego-begoin.

Tak hanya indah di permukaan pantainya saja, bawah lautnya pun tak kalah menawan. Pesona ini sudah lama dilirik dunia, ribuan turis setiap tahunnya memenuhi kawasan Indonesia Timur untuk menikmati keindahan lautnya. Kita sebagai bangsa sendiri, harusnya pun turut menjaga. Enam pulau ini bisa jadi pilihan utama untuk menikmati pesona bahari Indonesia timur lebih dekat.

1. Pulau Komodo, NTT

Wisata Pulau Indonesia Timur Paling Terkenal Dan Perlu Kamu Kunjungi

Penginapan (di Labuhan Bajo): Rp 50.000
HTM: Rp 60.000
Transportasi: kapal atau speed boat dari Labuan Bajo

Pulau Komodo disebut-sebut sebagai kawasan taman nasional terbaik, baik dari segi pelayanan, penataan, maupun keindahan lokasinya. Tak hanya hewan langka Komodo yang menarik untuk dilihat di pulau ini. Sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia, pulau Komodo juga menyuguhkan pantai yang indah dengan beragam aktivitas yang menyenangkan. Pink Beach, pantai tak berpenghuni manusia dengan warna pasir merah muda menjadi daya tarik lain selain Komodo. Pink Beach merupakan istana bagi beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya. Jadi sudah pasti tempat ini menjadi spot favorit untuk snorkeling atau diving. Pulau Komodo dinobatkan sebagai wisata indonesia timur paling terkenal, meskipun sekarang sedang ditutup.

2. Pulau Rote, NTT

Wisata Pulau Indonesia Timur Paling Terkenal Dan Perlu Kamu Kunjungi

Penginapan: Rp 300.000
Harga tiket perahu cepat Kupang-Rote: Rp 160.000-Rp 230.000

Sebagai pulau paling selatan di Indonesia, Rote menjadi salah satu pulau yang wajib dikunjungi. Di sini kita bisa menemukan banyak kawasan wisata yang menarik. Salah satu yang terkenal adalah Tangga 300 Mando’o, dari sana kita bisa menikmati Pulau Rote dari ketinggian. Pantai Mulut Seribu yang eksotis juga wajib dikunjungi karena pemandangannya luar biasa menakjubkan. Gelombang laut di pantai-pantai Pulau Rote juga cukup besar sehingga pulau ini pun menjadi surga untuk peselancar. Di beberapa tempat bahkan tinggi gelombangnya hampir sama dengan di Hawaii. Bagi yang suka menyelam, jangan khawatir, alam bawah laut di sekitar Pulau Rote pun akan memuaskan mata.

3. Kepulauan Padaido, Papua

Wisata Pulau Indonesia Timur Paling Terkenal Dan Perlu Kamu Kunjungi

Transportasi: perahu motor
Penginapan: rumah penduduk

Wisata bahari tidak melulu soal snorkeling, diving, atau berselancar, tapi juga tentang memancing atau menangkap. Bagi penggemar aktivitas tangkap ikan, Padaido adalah surganya. Kita bisa menangkap ikan dengan ukuran besar dengan cukup mudah di sini. Di beberapa spot, kita bahkan bisa melihat ikan-ikan lalu lalang di tengah terumbu karang dari atas perahu. Selain ikan, kita bisa melihat burung-burung yang berkembang biak dengan bebas. Lumba-lumba pun sangat mudah ditemui di pulau ini karena terbiasa menemani para nelayan melaut. Usai menangkap ikan, menyelam, atau sekedar berenang, kita bisa bersantai dengan berjalan kaki di sepanjang pantai pasir putih yang lembutnya seperti tepung. Terkadang pendudukan setempat juga membuat api unggun setinggi 10 meter di malam hari sambal bernyanyi dan menari tarian khas setempat.

4. Pulau misool, Raja Ampat, Papua Barat

Jalan-jalan ke Pulau M isool Di Raja Ampat, Papua Barat

Transportasi: perahu pinisi, kapal
Penginapan: homestay, resor mewah

Kepulauan Raja Ampat sudah tersohor keindahannya, termasuk Misool, pulau terbesar di Raja Ampat. Sering disebut layaknya surga, Misool berbatasan langsung dengan jalur lintas hewan besar seperti paus. Keindahan alam bawah lautnya sudah bisa dilihat dari permukaan karena airnya sangat jernih. Bahkan jarak pandang saat menyelam bisa mencapai 25 meter. Pantainya berpasir putih dan dikelilingi pepohonan hutan tropis serta mangrove. Pengunjung bisa ber-snorkeling, diving, berenang, berjemur atau sekedar bersantai di tepi pantainya yang sepi.

5. Pulau alor, NTT

Jalan-jalan ke Pulau alor di NTT

Transportasi: pesawat trans nusa/ feri dilanjutkan perahu kayu
Penginapan: homestay, hotel

Pulau ini masih sangat jernih dan alami hingga dikenal sebagau surga diving. Terdapat 50 titik selam dan 20 diantaranya merupakan yang terbaik di dunia. Warna terumbu karangnya sangat indah dan biota lautnya pun sangat beragam. Beberapa ikan langka seperti grey reef shark bahkan bisa kita temukan di sini. Sebagai kawasan wisata yang sudah bertaraf internasional, fasilitas di pulau ini sudah sangat lengkap dari mulai penginapan hingga penyewaan alat untuk menyelam.

Masih banyak kawasan wisata bahari lainnya di Indonesia Timur yang menakjubkan, tapi paling tidak lima pulau ini yang harus kamu kunjungi pertama kali. Bisa dibilang kalau sudah mengunjungi kelimanya, yang lain serasa terwakili karena lima ini yang terbaik. Jadi, kapan mau ke sana?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #komodo #ntt #nusa tenggara #papua #pulau komodo #wisata
Share

Pilihan editor