via instagram.com/jalsonraysutedjo

Wisata Jawa Tengah Antimainstream, Seru dan Menantang Nyali!

Spread the love

Pertimbangan saat memilih objek wisata tentu saja nggak hanya melihat harga tiket masuknya. Wisatawan juga selalu memperhatikan daya tarik dari objek wisata tersebut, apakah bisa membuat takjub atau hanya memunculkan kalimat ‘oh, gini doang’. Setiap destinasi wisata tentu saja memiliki daya tarik masing-masing, namun hanya segelintir saja yang masuk kategori anti mainstream. Anti mainstream berarti beda dari yang lain, yang mana umumnya hanya bisa kamu temukan di daerah itu saja. Di Jawa Tengah sendiri, ada beberapa objek wisata unik yang tersebar di beberapa kota besar. So, cobain berkunjung ke sepuluh wisata Jawa Tengah antimainstream ini, siapa tahu kamu dibuat takjub dan betah disana.

1. Ondo Langit

foto via Stefi Then

Wisata Jawa Tengah antimainstream pertama bisa kamu temukan di Semarang. Namanya Wahana Ondo Langit. Wahana tersebut sebenarnya terletak di obyek wisata Gumuk Reco. Gumuk Reco Sepakung ini menyediakan aneka wahana ekstrem. Kamu bisa mencoba ayunan yang punya ketinggian 800 meter, jembatan kayu sepanjang 15 meter, dan rumah pohon dengan ketinggian 17 meter. Wahana tersebut tentu saja cocok buat kamu yang emang hobi banget nguji adrenalin. Untuk Ondo Langit sendiri, kamu bakalan ngerasain berjalan di atas ketinggian 15 meter yang bakal bikin kamu pusing saat melihat dasarnya.

Untuk masuk ke obyek wisata ini, kamu hanya dikenakan Rp 5.000 per orang dan Rp 2.000 untuk biaya parkir motor. Namun, ada biaya tambahan jika kamu ingin mencoba wahana-wahana ekstrem tersebut. Tarifnya mulai Rp 10 ribu sampai Rp 25 ribu saja per orang. Harga tersebut sudah termasuk asuransi kecelakaan wisata, ya.

Lokasi: Jl. Kenongo, Kepil, Sepakung, Banyubiru, Semarang

2. Wisata jawa tengah antimainstream: Lembah Kalipancur

via Google Maps/ Najihullah

Semarang juga punya wisata antimainstream lainnya, yaitu Lembah Kalipancur. Wisata yang satu ini emang bisa dibilang beda dari yang lain karena ada penampakan ‘pesawat sungguhan’ yang terdampar disana. Pesawat tersebut sudah dirombak sedemikian rupa, dan kini digunakan sebagai Aeroplane Cafe.

Kalau udah puas main di area pesawat, kamu bisa nyobain wahana seru lainnya. Ada pemancingan, hutan jati, kolam renang, kandang-kandang ternak (bebek, kambing, kelinci, sapi, kuda, rusa), area Japanese Village dan Texas Village, penangkaran burung, dan wisata kuliner.

Lokasi: Jl. Candi Penataran Raya, Manyaran, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50183

3. Dusun Semilir Eco Park Bawen

via Instagram/@dusunsemilir

Wisata antimainstream lainnya ada di Dusun Semilir Eco Park Bawen. Objek wisata yang satu ini dirancang dengan bentuk yang menyerupai stupa kaca raksasa sehingga cocok buat kamu yang seneng foto-foto. Selain itu, di dalamnya kamu bisa bersantai dan bermain dengan aneka jenis hewan. Kalau datang kesini sama bocil, dijamin mereka pasti betah. Aksesoris dan fasilitas yang ada disini lebih didominasi oleh anyaman bambu. Kurang Instragrammable gimana coba…

Kalau kamu laper, langsung aja melipir ke area foodcourt. Makanan yang disediakan cocok di lidah orang Indonesia, tentunya dengan harga yangramah di kantong. Btw, jangan  lupajuga beli oleh-oleh kerjainan khas Jawa Tengah dan Bali di sini, ya!

Lokasi: Jl. Soekarno – Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah 50661

4. Wisata jawa tengah antimainstream: Small world miniatur dunia

via purwokertoguidance.com

Kalau belum berkesempatan untuk keliling dunia, boleh banget ngehalu dateng ke Small World Miniature ini. Lokasinya ada Purwokerto, jadi masyarakat disana sebenarnya udah pernah ‘keliling dunia’ bahkan hampir tiap minggu. Disana, berdiri berbagai macam replika ikonik dunia, mulai dari Menara Eiffel Perancis, , Kincir Angin khas Belanda, patung Merlion Singapore, Taman Bunga Sakura, White House, Menara Pisa, Tembok China, dan masih banyak lagi. So, ngak apa-apa difoto dengan replikanya dulu sebelum kamu bener-bener pergi keliling dunia:)

Lokasi: jl. Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Baturraden, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah.

5. Air Terjun Kedung Kayang

Mau yang sejuk-sejuk tapi pengen suasana yang beda dari yang lain? Coba aja nongki di Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun sebenarnya bisa kamu temukan di beberapa daerah, khususnya Pulau Jawa. Namun, objek wisata yang satu ini punya ciri khas tersendiri, yaitu view air terjun yang cantik yang dilihat dari ketinggian. Suasananya begitu menenangkan apalagi kalau kamu datang kesini sore-sore. Spot fotonya juga cakep-cakep dengan latar belakang yang bernuansa hijau. Pokoknya tempat ini bisa jadi pain killer tesendiri, deh!

Lokasi: Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, Magelang.

6. Wisata anti mainstream: Brown Canyon

via gowest.id

Kalau di Pangandaran ada Green Canyon, di Demak ada Brown Canyon. Obyek wisata yang satu ini merupakan tebing yang terbentuk akibat pengikisan tanah dan batuan. Namun, hasilnya begitu menakjubkan karena orang-orang hits zaman sekarang menyebutnya Instagramable. Saking cantiknya tempat ini, nggak sedikit orang yang rela dateng kesini demi mendapatkan latar belakang foto yang cakep. Bahkan, untuk sesi foto pre wedding juga bisa banget.

Lokasi: Kebonbatur, Kec. Mranggen, Kab. Demak.

7. Keraton Kasunanan Surakarta

via shutterstock/Kikik Hayustya

Kalau mau tau sejarah kota solo kamu bisa langsung dateng ke Keraton Kasunanan Surakarta. Bangunan yang didirikan pada tahun 1745 ini menyimpan beragam koleksi benda-benda bersejarah seperti wayang kulit, kereta kencana, bermacam senjata, dan masih banyak lagi. Museum ini buka setiap hari pukul 08.30 – 14.00, dan khusus hari Minggu hanya dibuka pada pukul 08.30-13.00. Jadi, wisata ini bisa dibilang antimainstream karena kamu juga bisa sekalian belajar sambil jalan-jalan di area tersebut.

Lokasi: Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144.

8. Arrowhead park

via kotasalatiga.com

Kalau ke Salatiga, jangan lupa mampir ke Arrowhead Park. Disini,kamu nggak cuman menikmati pemandangan cantik dan udaranya yang segar. Kamu juga bisa melakukan aktivitas berkuda. Uniknya, kamu juga bisa memilih kuda mana yang akan ditumpangi. Mau itu yang kecil, besar, pokoknya sesuai sama yang kamu mau. Biayanya sama saja, satu kali naik, kamu cuman bayar Rp 5 ribu saja. Nggak usah takut jatuh karena kamu bakalan didampingi oleh staf ahli di sini.

Kalau nyalimu nggak kuat untuk berkuda, kamu cukup menikmati pemandangan sekitar aja. Kalau bosan ya tinggal nongkrong aja di warung makan sambil mencicipi hidangan khas Salatiga.

Lokasi: Desa Tegalwaton, Kecamatan Salatiga, Kabupaten Salatiga.

9. Benteng Pendem

via ANTARA/Herka Yanis Pangaribowo

Benteng Pendem adalah salah satu bangunan peninggalan zaman Belanda. Dinamakan Pendem karena bangunan ini terpendam oleh pasir dan tidak terurus saat itu. Benteng ini digunakan sebagai perlindungan dari serangan musuh. Akhirnya, benteng ini mulai digali pada tahun 1986 dan dirawat sedemikian rupa hingga akhirnya dijadikan objek wisata.

Ada beberapa ruangan yang masih kokoh sampai saat ini. Diantaranya ada ruang barak barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, gudang senjata, gudang mesiu, klinik pengobatan, dapur ruang perwira, ruang amunisi dan peluru, serta penjara. Bahkan, tempat ini jug alekat dengan kisah mistis, jadi nggak usah heran kalau banyak yang uji nyali disini.

Lokasi: Jl. Benteng, Sentolokawat, Cilacap, Kec. Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53211

10. Wisata jawa tengah antimainstream: Los Mbako

via blog.reservasi.com

Los Mbako sebenarnya hanyalah rumah tembakau di daerah Klaten. Namun, karena bentuknya yang unik, nggak sedikit masyarakat maupun wisatawan yang sengaja datang kesana untuk sekedar mengambil foto atau melihat-melihat area sekitarnya. Bangunan yang satu ini digunakan oleh penduduk lokal untuk memproduksi tembakau. Tingginya sekitar 18 meter dengan lebar 18 meter. Uniknya, seluruh bangunan ini terbuat dari bambu dengan atap yang ditutupi oleh alang-alang atau tebu kering. Gimana, tertarik ngambil gambar disini?

Lokasi: Karanglo, Kec. Klaten Sel., Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57423

Itulah sepuluh wisata Jawa Tengah antimainstream untuk liburan yang lebih berkesan. Kalau di daerah kamu, ada wisata unik apa?

 

Berikan komentarmu