Wisata Hutan Menyala, Spot Kekinian di Tahura Kota Kembang

Spread the love

Bandung nggak heran kalau selalu padat pada saat weekend. Wisatawan dari dalam maupun luar kota seolah rebutan untuk bisa mengantongi tiket objek wisata hits yang ada di Kota Kembang tersebut. Salah satunya adalah objek wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda yang berlokasi di Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung. Sekarang, kamu nggak cuman bisa menikmati cantiknya hutan pinus atau sejarah Goa Belanda dan Jepang. Lebih dari itu, kini kawasan tersebut dikemas secantik mungkin hingga dijuluki Wisata Hutan Menyala.

Hutan Menyala Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda kini menyuguhkan wisata malam yang  instagenik. Saking cantiknya, potretnya pun sampai viral di media sosial. Tempat ini tergolong baru karena baru mulai terbuka untuk umum pada bulan Oktober 2021 lalu.

Objek wisata yang satu ini seolah memenuhi gaya hidup muda-mudi zaman sekarang. Dengan perpaduan seni, teknologi, dan alam, Wisata Tahura semakin diminati berkat suasana baru yang memesona. Buat kamu yang penasaran ada apa aja sih di dalamnya, simak aja dulu ulasannya di bawah ini.

Hutan Menyala dan Efek Audiovisual

Kawasan Tahura Djuanda rupanya bisa menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan usai mendirikan wisata malam ‘Hutan Menyala. Inovasi serta kolaborasi ini memunculkan spot-spot cantik yang menarik untuk dijelajahi. Sesuai dengan namanya, sekeliling hutan tersebut dihiasi lampu warna-warni dengan beragam bentuk yang lucu. Jelas saja lampu tersebut nggak bakalan terlihat keren di siang hari atau saat langit belum gelap.

Hal yang menarik lainnya dari lampu warna-warni tersebut adalah adanya permainan efek audivisual. Selagi bersantai dan menikmati hidangan lezat, kamu bisa mendengarkan cerita seputar hutan, mulai dari sejarahnya serta upaya untuk tetap melestarikannya. Selain itu, ada juga cerita tentang gunung sunda, pohon beringin, beberapa karakter keluarga rusa, kera ekor panjang, pasukan kunang-kunang dan lebah madu.

Bersantai Sambil Menikmati Pertunjukan Video

Selain bisa menikmati cantiknya lampu-lampu, kamu juga bisa menikmati tayangan video. Ada fasilitas pertunjukan video mapping di area hutan pinus khusus bagi para pengunjung. Nah, kamu bisa memilih sendiri zonanya, yang mana ada Punggawa Rimba, Prasasti Bangsa Batum Titian Dewi Air, Rona Flora, Gunung Sunda, dan Rumah Bayang. Dengan adanya zona tersebut, sudah kebayang kan seluas apa kawasan objek wisata ini? Tenang aja, nggak usah takut tesesat. Disini, tersedia petugas pemandu yang bisa membantu kamu mencari spot yang diinginkan. Atau bisa juga dengan mengikuti papan petunjuk, ya!

Spot Instagramable

Berkunjung ke sebuah objek wisata rasanya nggak seru kalau sampai nggak foto-foto. Di Wisata Hutan Menyala ini, kamu nggak bakalan kehabisan spot foto yang cantik. Sambil berkeliling hutan, kamu bisa berhenti sejenak di area lampu warna-warni. Untuk itu, nggak seru juga kalau nggak sampai nggak pakai baju ootd ala-ala. Ya, biar cocok aja sama tema yang disuguhkan. Kan cantik nantinya kalau diunggah ke media sosial 😀 Kalau sudah puas, kamu bisa langsung menikmati ‘Jamuan Malam’ khas wisata tersebut.

Fasilitas

Untuk menunjang kenyamanan wisatawan, Wisata Hutan Menyala tentu saja menyediakan fasilitas memadai. Adapun fasilitas tersebut meliputi area parkir, toilet, mushola, akses Wi-Fi, stop kontak, restaurant/cafe, fasilitas protokol kesehatan, dan masih banyak lagi. Jadi, kamu nggak usah panik nggak bisa foto-foto karena baterai lowbatt dan nggak bawa power bank. Kamu juga nggak perlu repot-repot bawa makanan dari luar karena Tahura sendiri menyediakan menu lezat dengan harga yang terjangkau. Ada paket ayam goreng, cemilan ringan, aneka jus, dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk

Pengelola menetapkan harga tiket masuk yang berbeda, tergantung dengan jadwal operasionalnya. Untuk harganya sendiri, bisa disimak sebagai berikut:
  • Weekday (Rabu – Kamis) : Rp 50.000
  • Weekend (Jumat – Minggu) : Rp 100.000
  • Parkir Motor : Rp 6.000
  • Parkir Mobil : Rp 12.000
  • Parkir Bus : Rp 32.000
Harga di atas sudah termasuk tiket masuk Taman Hutan Raya Djuanda, voucher makan senilai Rp10.000 (berlaku hanya weekend), tiket masuk Hutan Menyala, dan kontribusi penanaman bibit pohon.

Lokasi Hutan Menyala Tahura

Untuk lokasinya sendiri, kamu bis alangsung tancap gas ke daerah Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198. Lokasinya sendiri tidak jauh dari pusat kota Bandung, yaitu hanya berjarak sekitar 7,9 km. Untuk waktu perjalanannya sendiri 30 menitan saja, itupun kalau tidak macet, ya. Jam operasionalnya mulai pukul 18.00 – 22.00 WIB.

Gimana, tertarik buat malam mingguan kesini?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu