Share this
Share

shares

Vokalis Pearl Jam Eddie Vedder Sindir Israel Di Atas Panggung

3 June 2017

vokalis-pearl-jam-eddie-vedder-sindir-israel-di-atas-panggung

Ada yang menarik dari konser Pearl Jam yang baru-baru ini digelar di Milton Keyes National Bowl, England. Yakni Eddie Vedder yang bicara terang-terangan di depan public tentang konflik yang sedang terjadi di timur tengah. Selama membawakan lagu ‘Daughter’, vokalis ini mencampuri kata-katanya dengan beberapa sindiran terhadap ‘perang’ yang sedang panas terjadi antara Palestina dan Israel. Video-nya dapat kamu tonton di bawah ini.

“So what the f——, what the f——,” Katanya Eddie Vedder. “Kita disini dalam keadaan yang damai, kita bisa merasakan enaknya teknologi, semuanya ada bersama kita, tapi disaat yang sama dengan sesuatu yang positif ini terjadi, Di saat yang sama… tidak jauh dari sini, kita malah menjatuhkan bom satu sama lain.”

Setelah tegukan wine beberapa kali, Eddie pun melanjutkan, “Dan saya paham, saya paham, perang itu hanyalah pilihan terakhir. Mereka datang ke tempatmu berada, dan kamu tidak mau berada di keadaan itu. Tapi aku bersumpah demi Tuhan, mereka yang berada di luar sana, mereka yang mencari-cari alasan untuk membunuh, Mereka mencari alasan untuk masuk ke wilayah orang dan mengambil tanah yang bukan milik mereka. Karena mereka harusnya pergi dari tanah itu, dan urus urusan mereka sendiri!”

Sang vokalis kemudian melihat ke sekeliling sambil terus menyindir, “Kita semua ingin makan, bekerja, mencintai, membuat karya seni, karena itu hentikan perang sekarang! Kita tidak akan memberikan uang pada mereka dan mereka takkan dapatkan uang dari kita. Mereka yang menjatuhkan bom kepada anak-anak. Hentikan Perang Sekarang!”

Eddi Vedder memerintahkan band-nya dan penonton untuk menyanyikan lagu Edwin Starr yang berjudul ‘War’. Lagu yang menjadi hit pada tahun 1970 dan Eddie berlutut sambil mengeluh kesah memohon perdamaian.

Walaupun Eddie tak menyebutkan nama Israel, namun sepertinya ada beberapa fans yang merasa tersindir. Beberapa waktu kemudian, sebuah blog milik israel membuat berita tentang peristiwa tersebut dan menyebut hal itu sebagai ‘Cacian untuk Israel’.

Seoang DJ Israel bernama Ben Red dari radio 88FM menuturkan kalimat, “Eddie Vedder, muka asli anda sudah ketahuan, Anda takkan diundang kesini (Israel). Saya juga tidak ingin melihatmu.”

Sebelumnya Ben Red sudah mempromosikan Pearl Jam untuk datang ke Israel. Namun belum ada tanggapan pribadi dari Eddie Vedder atau dari band-nya Pearl Jam untuk tuduhan ini.

Untuk yang penasaran sama pidato singkatnya Eddie Vedder di atas panggung, bisa melihat video di bawah ini.

Berikan komentarmu

Related articles

 #eddie vedder #pearl jam
Share

Pilihan editor