Share this
Share

Share

shares

10 Usaha yang Kreatif Ini Bisa Banget Nambah Cuan Kamu

16 August 2020  Ajeng

Bisnis menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, nggak sedikit dari kamu yang bingung harus menjual produk/jasa apa. Jika melihat ke sekeliling, produk yang dijual bisa dibilang itu-itu saja alias mainstream. Mau nggak mau kamu harus memutar otak untuk bisa menjual produk yang inovatif. Usaha yang kreatif tentu saja akan memberikan ciri khas tersendiri untuk produk kamu. Dengan adanya produk yang beda dari yang lain, masyarakat akan lebih tertarik terlebih jika produk tersebut sesuai dengan kebutuhan zaman.

Lalu, usaha bisnis kreatif seperti apa yang bisa kamu lakukan? Intip referensinya di bawah ini.

1.  Camilan Unik

via pexels.com

Saat ini, bisnis kuliner menjadi favorit anak-anak muda. Kamu bisa melihat sendiri di sepanjang jalan stand-stand yang menjual aneka cemilan dengan pengunjung mengantre panjang. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan momen ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Caranya adalah dengan membuat aneka camilan unik yang sebelumnya belum pernah ada. Lakukan riset terlebih dahulu jenis cemilan apa yang sedang digandrungi, lalu kreasikan sesuai dengan kreativitas kamu.

2. Masker Fullprint

via pexels.com

Di tengah pandemi seperti ini, menggunakan masker menjadi hal yang wajib dilakukan apalagi saat ke luar rumah. Di beberapa tempat, masyarakat akan dikenakan denda jika tidak menggunakan alat kesehatan yang satu ini. Untuk itu, nggak ada salahnya untuk mencoba berjualan masker. Jika masker yang ada di pasaran terlihat polos dan mainstream, kamu bisa membuat sendiri desain produknya. Orang akan lebih tertarik karena produk masker yang kamu jual tidak sama dengan yang lain.

3. Bahan Makanan Siap Masak

via pexels.com

Untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan simpel, siapa saja tentu membutuhkan alat atau bahan yang serba praktis. Ini bisa menjadi ide usaha yang kreatif untuk membuat bahan-bahan makanan yang siap masak. ibu-ibu rumah tangga yang sibuk tentu saja tidak perlu mengupas bawang, mengulek ketumbar, dan lain-lain. Dengan adanya bumbu masak yang praktis, produk kamu bisa laku di kalangan emak-emak. Jangan lupa survey harga terlebih dahulu, ya, biar kamu bisa ngasih harga yang bersaing.

 4. Produk Daur Ulang Usaha yang Kreatif

via pexels.com

Nggak semua orang suka dengan produk daur ulang. Pasalnya, kualitasnya tidak sebagus dengan produk non-daur ulang. Namun, untuk menjaga agar lingkungan tetap asri dan terjaga, kamu bisa membuat produk-produk daur ulang yang berkualitas. Tentu saja kamu harus memilih bahan yang kuat dan tidak mudah rusak. Misalnya, drum kaleng yang dijadikan tempat duduk, ban bekas yang dijadikan kursi, notol bekas untuk pot, dan masih banyak lagi. Jika diolah dengan kreaativitas yang tinggi, produk daur ulang kamu bisa memberikan nilai jual yang tinggi.

5. Florist

via pexels.com

Sebelumnya kamu sudah pernah dengan florist? Florist merupakan usaha toko bunga yang saat ini terbilang cukup menjanjikan. Kamu tidak hanya menjual bunga, tetap juga merangkai dan mendesain bucket. Seperti yang kamu tahu bahwa bucket bunga sangat diperlukan.Baik itu sebagai gift ulang tahun, wisuda, pernikahan, dan masih banyak lagi. Untuk itu, kamu bisa coba bisnis ini, dan tawarkan ke teman-teman kamu!

6. Usaha yang Kreatif Desain Uang Mahar dan Seserahan

via pexels.com

Saat pernikahan, desain wadah mahar dan seserahan juga menjadi sorotan. Sebagian pengantin ingin seserahan dan wadah maharnya terlihat unik agar lebih cantik saat difoto. Untuk itu, bisnis desain wadah seserahan dan mahar bisa jadi opsi buat kamu. Bisnis yang satu ini membutuhkan keterampilan dalam mendesain. Semakin unik dan cantik, semakin banyak juga peminatnya. Untuk itu, sering-seringlah latihan mendesain wadah-wadah seserahan agar hasilnya semakin bagus.

7. Penyewaan Perlengkapan Bayi

via pexels.com

Balita sangat menyukai mainan. Namun, itu tidak bertahan lama. Jika hari ini membeli mainan A, beberapa hari kemudian ia sudah bosan dan ingin membeli yang baru lagi. Ini tentu sangat pemborosan bagi keuangan ibu-ibu khususnya. Jadi, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menyewakan perlengkapan anak dan bayi. Tidak hanya mainan, kamu juga bisa menyewakan stroller, baby crib, baby swing, high chair, baby walker, dan masih banyak lagi.

8. Terrarium Usaha yang Kreatif

via pexels.com

Terrarium adalah salah satu  wadah plastik atau kaca yang sering digunakan sebagai media tanam satu atau beberapa jenis tumbuhan. Simpelnya, terrarium ini adalah aquarium khusus untuk tanaman. Ini menjadi tren yang sudah masuk ke Indonesia dan digemari oleh para pencinta tanaman hias. Untuk itu, bisnis yag satu ini terilang menjanjikan. Kamu bisa menyediakan kaca atau plastiknya secara terpisah atau paket tanamannya sekaligus.

9. Pembuatan Konten Media Sosial

via pexels.com

Saat ini, banyak pelaku bisnis yang menjadikan media sosial sebagai wadah promosinya. Promosi dalam bentuk konten visual dinilai lebih menarik daripada sekedar tulisan saja. Misalnya, dalam bentuk foto atau video. Buat kamu yang jago dalam hal fotografi, desain, dan videografi, bisa banget buka bisnis jasa pembuatan konten di media sosial. Kalau portofolio kamu bagus, pasti banyak klien yang ingin menggunakan jasa kamu.

10. Katering Sehat

via pexels.com

Kampanye untuk melakukan pola hidup sehat masiih tetap digaungkan. Salah satunya adalah dengan mengnsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Namun, orang biasanya malas untuk menyediakan sendiri makanan-makanan tersebut apalagi jika memiliki kesibukan yang padat. Ini bisa jadi ide usaha yang kreatif untuk membuat katering makanan sehat.

Namun, bisnis yang satu ini juga perlu diimbangi dengan pengetahuan yag mendalam tentang gizi makanan dan kondisi kesehatan. Katering sehat biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan gizi pelanggan. Sebagai contoh,kamu bisa menawarkan menu-menu makanan dengan kandungan garam rendah untuk pelanggan yang sedang diet mayo.

Itulah 10 usaha yang kreatif yang bisa bikin cuan kamu mengalir deras. Carilah mentor agar bisnis kamu bisa berkembang dengan baik. Ngomong-ngomong, kamu lebih suka bisnis nomor berapa?

Berikan komentarmu

Related articles

 #bisnis hits #bisnis kuliner #cara mengembangkan bisnis #tips bisnis sukses #usaha kreatif 2020
Share di whatsapp

Pilihan editor