Share this
Share

shares

Unik! Ini 7 Fakta Grand Canyon Yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

3 April 2019

Pernahkah kamu melihat suatu tempat yang dirasa tidak asing padahal belum pernah pergi kesana. Well, bisa jadi itu adalah kondisi dimana kita merasakan de javu. Untuk sebagian orang, kondisi de javu adalah pernah melihat Grand Canyon, padahal belum pernah kesana.

Grand Canyon adalah sebuah tempat yang kebanyakan orang pernah melihatnya. Entah itu kita melihatnya langsung atau melihat dari gambar-gambar yang bertebaran di internet atau kartu pos. Grand Canyon juga salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi dan sering muncul di beberapa wallpaper komputer. Itulah untuk sebagian orang, tempat ini dirasa sungguh tidak asing lagi.

Yuk, kita ulik sedikit tentang landmark Amerika yang terkenal ini. Berikut adalah 7 fakta tentang Grand Canyon, yang dinyatakan sebagai Taman Nasional Amerika pada 26 Februari 1919.

1. Grand Canyon bukanlah ngarai yang terdalam di dunia

Unik! Ini 7 Fakta Grand Canyon Yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Meskipun terkenal megah, landmark yang terletak di Arizona ini bukanlah ngarai yang terdalam. Di beberapa landmark dunia, pengukuran kedalaman ngarai mungkin bisa dinilai subjektif, tergantung pada siapa orang yang kita tanya. Beberapa ngarai yang justru kurang terkenal bisa saja memiliki kedalaman yang lebih dari Grand Canyon seperti ngarai Cotahuasi di Peru, yang dalamnya lebih dari 3000 meter, atau Kali Gandaki Gorge di Nepal. Grand Canyon, di satu sisi, hanya sekitar 1 KM dalamnya.

Grand Canyon tidak dapat mengklaim kejuaraan domestik: Hells Canyon telah diukir oleh Sungai Ular di sepanjang perbatasan Oregon dan Idaho dan turun satu setengah mil lebih dalam dari Grand Canyon.

2. Usia Grand Canyon sulit untuk diprediksi

Unik! Ini 7 Fakta Grand Canyon Yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Seperti mengukur kedalaman, menghitung usia ngarai tidak semudah yang orang kira. Baru-baru ini, penelitian terakhir memperkirakan usia Grand Canyon sekitar 6 juta tahun. Ternyata jawabannya mungkin tidak semudah itu, karena bisa jadi salah. Dalam dekade terakhir, kontroversi telah terjadi di kalangan ilmiah tentang berapa usia sebenarnya dari situs populer di dunia ini. Upaya untuk menganalisis mineral di dalam ngarai menghasilkan kesimpulan bahwa ngarai itu mungkin berusia lebih dari 70 juta tahun.

3. Grand Canyon adalah pintu gerbang menuju dunia lain

Unik! Ini 7 Fakta Grand Canyon Yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Grand Canyon juga disebut sebagai Öngtupqa dalam bahasa Hopi, salah satu nama suku Indian. Nama ini diberikan karena Grand Canyon membawa unsur spiritual yang besar bagi suku asli di Amerika yang telah lama mendiami wilayah tersebut.

Setelah kematian seorang seorang Hopi (Orang Indian), mereka diyakini melewati ke arah barat melalui sipapuni atau “tempat munculnya”, sebuah tempat yang berada di hulu dari penyatuan Sungai Colorado dan Sungai Little Colorado di dalam Grand Canyon, sebuah perjalanan menuju ke akhirat.

4. Grand Canyon memiliki suhu yang bervariasi antara di atas dan di bawah jurangnya

Unik! Ini 7 Fakta Grand Canyon Yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Suhu di Grand Canyon diketahui memiliki tingkat yang bervariasi di beberapa level ngarainya. Apabila seseorang melakukan perjalanan dari puncak North Rim Grand Canyon, yang berdiri sekitar 2400 meter di atas permukaan laut, menuju dasar ngarai dengan jarak 1 KM ke bawah, mereka akan mengalami perubahan suhu lebih dari 25ºF. Suhu pada musim panas tertinggi di kedalaman ngarai dapat melebihi 100ºF, dan terendah musim dingin di puncak dapat turun hingga 0ºF.

5. Orang Eropa yang pertama kali mengunjungi Grand Canyon tahun 1540

Unik! Ini 7 Fakta Grand Canyon Yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Setelah ribuan tahun dihuni oleh kelompok penduduk asli Amerika, Grand Canyon menyambut pengunjung Eropa pertamanya di abad ke-16. Dibantu oleh penduduk, penakluk Spanyol García López de Cárdenas memimpin penjelajahan di tahun 1540 dan mengirim tiga tentara turun untuk menjelajahi kedalaman ngarai.

6. Presiden Ted Roosevelt menetapkan Grand Canyon menjadi cagar alam nasional

Unik! Ini 7 Fakta Grand Canyon Yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Presiden Amerika ke 26, Theodore Roosevelt hanya perlu satu kunjungan ke Grand Canyon pada tahun 1903 sebelum dia memutuskan bahwa keajaiban itu harus dilindungi. Sayangnya, itu di luar kewenangannya untuk menunjuk suatu kawasan sebagai taman nasional tanpa persetujuan kongres. Untuk menghindari apa yang dia prediksi sebagai Kongres yang tidak kooperatif, Roosevelt mengambil jalan panjang.

Pada tahun 1893, Presiden Benjamin Harrison telah mendirikan hutan lindung di daerah tersebut, dan karenanya Roosevelt dapat menambahkan perlindungan yang jauh lebih banyak pada tahun 1906 dengan menggunakan proklamasi presiden untuk menunjuk kawasan itu sebagai Cagar Permainan Grand Canyon. Dua tahun kemudian, dia menyatakan daerah itu sebagai monumen nasional.

7. Grand Canyon pernah jadi surganya bisnis para tukang foto

Unik! Ini 7 Fakta Grand Canyon Yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Keindahan Grand Canyon adalah daya tarik tersendiri untuk para pengunjung. Itulah yang membuat dua bersaudara Emery dan Ellsworth Kolb mengabdikan hidup mereka untuk memotret keindahan alam. Mereka juga mendirikan sebuah studio di Grand Canyon pada tahun 1906.

Bisnis foto untuk zaman itu memang sangat cerdas dan sampai membuat mereka terkenal. Kolb Studio pun masih ada sampai sekarang di Grand Canyon.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #amerika #grand canyon #indian #sejarah
Share

Pilihan editor