Uji Nyali Lawang Sewu, Kengeriannya Memakan Korban Jiwa?

Spread the love

Bangunan bersejarah yang paling terkenal di Semarang apalagi kalau bukan Lawang Sewu. Bangunan yang satu ini sering jadi incaran wisatawan karena banyak cerita yang bisa kamu ambil di dalamnya. Namun, rasa penasaran orang nggak cuman dari sisi sejarahnya. Konon, bangunan bekas kantor perusahaan kereta api Hindia Belanda ini menyimpan kisah mistis di baliknya. Dulu, bangunan ini juga sempat dijadikan penjara di masa kependudukan Jepang di Kota Semarang. Ruang bawah tanahnya digunakan sebagai penjara bagi pribumi maupun tentara Belanda. Konon, banyak tahanan yang mati dan mayatnya dilempar ke sungai di belakang Lawang Sewu. Dengan masa lalu yang kelam tersebut, Lawang Sewu kini terkenal angker, khusunya di ruang bawah tanahnya. Banyak netizen yang kemudian melakukan uji nyali Lawang Sewu. Menurut pengakuan mereka, ada banyak kengerian di dalamnya, mulai dari penampakan hingga suara-suara mengerikan.

Uji Nyali Lawang Sewu Berakhir Tragis?

lawang sewu

Uji nyali menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi kamu yang super pemberani. Untuk itu, sebuah program televisi bertajuk “Dunia Lain” (yang sekarang udah bubar) mewadahi ‘keberanian’ para netizen yang ingin menguji nyalinya di suatu tempat yang misitis, salah satunya di Lawang Sewu.

Pada salah satu episode, ada satu orang peserta bernama Wahyu, diminta untuk menguji nyalinya di ruang bunker bawah tanah Lawang Sewu. Ia harus berdiam diri disana seorang diri dari jam 12 malam sampai 5 pagi. Saat itu, Wahyu langsung menguji nyalinya di dalam bunker. Selagi ia menguji nyali, kru Dunia Lain memantaunya melalui kamera. Mengejutkannya, dalam kamera tersebut terlihat jelas sosok penampakan kuntilanak pada menit ke 4:00 sampai 5:20, tengah berdiri di pintu bunker. Setelah menyadari adanya penampakan, sang kontestan melambaikan tangan ke kamera untuk mengakhiri uji nyali.

Beberapa hari setelah shooting uji nyali, kontestan tersebut dikabarkan meninggal dunia. Kabar ini sontak mengejutkan masyarakat, terlebih kru Dunia Lain. Si Wahyu ini diduga diikuti sampai rumah, kemudian diteror sampai meninggal dunia. Ada juga yangberspekulasi bahwa sang kontestan itu meninggal dunia karena sakit.

Setelah dikonfirmasi, ternyata Wahyu sampai saat ini masih hidup dan baik-baik saja. Ia dan istrinya bahkan sempat tertawa mendengar kabar miring tersebut. Bahkan, selepas melakukan uji nyali pun kondisinya sehat wal afiat.

Kengerian Lawang Sewu Menurut Para Saksi Uji Nyali

Aktivitas uji nyali juga banyak dilakukan oleh wisatawan dan masyarakat setempat. Menurut pengakuan mereka, hawa yang dirasakan di ruang bawah tanah tidak biasa, aneh, terasa dingin, dan bulu kuduk langsung merinding. Bahkan, ada segelintir pengunjung yang tiba-tiba merasa sesak napas, kepala sakit, dan merasakan badan yang berat seperti dinaiki. Selain itu, mereka juga mengalami kejadian-kejadian mistis di beberapa spot Lawang Sewu, yaitu sebagai berikut.

1. Misteri Menyeramkan di Penjara Jongkok

via liputan6.com
Di bagian bawah tanah Lawang Sewu, terdapat penjara jongkok yang terkenal dengan kisah memilukannya. Menurut sejarah, spot ini menjadi terkesan seram karena tahanan diperlakukan tidak menyenangkan di penjara ini. Sebanyak 5-9 tahanan dimasukkan ke dalam kotak seluas 1,5 meter x 1,5 meter dengan tinggi 60 cm. Mereka harus jalan jongkok dan berdesakan lalu direndam oleh air hingga penuh. Tidak bisa bertahan, akhirnya semua tahanan mati mengenaskan di dalam kotak tersebut.
Menurut orang yang pernah uji nyali disini, kita tidak boleh banyak melamun. Kalau pikiran kosong, kamu bakalan mudah kesurupan.

2. Uji Nyali lawang Sewu: Hantu di Ruang Utama

Mereka yang pernah uji nyali di Lawang Sewu juga pernah mengalami kejadian mistis di pintu gerbang besar sebelum menuju ruangan utama. Katanya, banyak sosok mengerikan yang menampakan wujudnya. Disana sering terlihat sosok besar hitam yang ngeriny anggak main-main.
Selain itu, penampakan pocong juga sering terlihat di sudut langit-langit ruang utama. Pocong tersebut sering menampakan diri pada siapa saja yang berniat uji nyali.

3. Sosok Yang Memperhatikan

Penjara di lantai tiga yang pernah digunakan oleh para tentara Jepang untuk menyiksa para tahanan juga terkenal mengerikan. Para tahanan di ruang itu akan disiksa habis-habisa, seperti dipasung, dirantai, dan tidak diberi makanan. Akibatnya mereka mati kelaparan. tahanan mati kelaparan. Peninggalan alat pasungnya bahklan masih ada disana.
Menurut saksi yang pernah uji nyali disini, suasana penyiksaan di ruangan tersebut begitu terasa. Bahlan mereka jadi auto merinding seperti ada sosok yang terus memperhatikan dari kejauhan..

4. Uji Nyali Lawang sewu: Hantu Lorong Bawah Tanah

via travel.detik.com
Lorong bawah tanah adalah spot yang paling terkenal mengerikan. Katanya, mereka yang pernah uji nyali disini sempat merasakan energi negatif dari para mahluk yang menyerupai sosok manusia dari kejauhan. Namun, saat sosok tersebut mendekat, wujudnya akan terlihat semakin menyeramkan.
Selain itu, ada sosok mengerikan lainnya dengan mata hijau menyala. Bayangan itu akan berjalan merangkak dari atas pada siapa saja yang sedang uji nyali.

5. Uji Nyali Lawang sewu: Hantu Wanita Berambut Panjang

via shutterstock.com
Sosok hantu wanita berambut panjang juga sering menampakan diri saat ada orang yang uji nyali. Bahkan sosok ini viral di era tahun 2000-an dalam acara uji nyali di stasiun TV swasta di Indonesia. Sosok ini seringkali eksis sampai tertangkap kamera Sosok yang satu ini serin gnongkrong di lorong-lorong sepanjang gedung Lawang Sewu. Peserta uji nyali sering melihat sosok mengerikan ini dan katanya bisa mengancam nyawa. Menurut mitos, siapa saja yang kedapatan bertemu sosok ini akan mengalami kesialan. Sosok ini bisa saja hantu yang menampakan diri di episode si Wahyu di acara Dunia Lain.

Kondisi Lawang Sewu Terkini

via phinemo.com

Terlanjur memberikan kesan seram, Lawang Sewu akhirnya dibenahi oleh pemerintah setempat agar semakin diminati wisatawan. Kesan horor yang melekat pada gedung tersebut juuga berusaha dihilangkan dengan memberikan ornamen-ornamen cantik di dalam maupun luar gedung. Misalnya, lampu-lampu di sekitar sudut ruangan dan loteng. Bahkan, area di luarnya dibuat semeriah mungkin agar wisatawan betah mengambil foto disana.

Untuk pintu menuju lokasi bawah tanah atau saluran air, wisatawan masih bisa berkunjung kesana. Namun, saat ini ruangan tersebut tidak diperuntukan untuk umum dengan alasan keamanan.

Berikan komentarmu