Tuhan Tidak Lagi Diandalkan, 7 Ritual Tumbal Manusia Ini Terjadi

Spread the love

Menggelar ritual sudah menjadi aktivitas yang lumrah dilakukan di kalangan masyarakat tertentu. Tradisi yang biasa melibatkan agama dan ilmu magis ini tentu saja bernilai sakral karena nantinya mempengaruhi kelangsungan upacara atau kegiatan yang bakal dilakukan. Misalnya, ritual sedekah laut, slametan, tingkeban, dan masih banyak lagi. Ritual-ritual seperti itu bisa dibilang biasa, dalam artian nggak ngeri-ngeri banget. Rupanya, di luar sana masih ada ritual-ritual yang nggak sanggup dilihat langsung oleh penglihatan. Ritual tumbal manusia salah satunya. Praktik tersebut rupanya nggak hanya terjadi ratusan atau ribuan tahun yang lalu, tapi juga bisa dijumpai pada tahun kedua milenium ini. Jadi, lansung aja simak kisah-kisahnya di bawah ini. Enjoooy!

1. Ritual Tumbal Manusia: Aztec

Ritual Aztec lumrah tejadi di Tenochtitlan. Ritual tersebut dilakukan sebagai persembahan bangsa Aztec kepada dewa hujan dan petir, Tlaloc, yang selalu haus akan anak-anak. Ritualnya sendiri dilakukan di kuil kembar dan di salah satu puncak yang diabadikan kepada Tlaloc.

Bangsa Aztecs akan berbondong-bondong membawa anak-anak mereka ke kuil Tlaloc pada akhir musim dingin di bulan Atlcahualo.¬† Anak-anak tersebut dipaksa untuk menaiki tangga. Tentu saja mereka melakukannya tidak secara sukarela, sehingga nggak sedikit yang menangis ketakutan. Namun, bangsa Aztec percaya kalau tangisan tersebut bisa mendatangkan berkah dari Tlaloc. Sebaliknya, mereka tidak akan mendapatkan apa-apa kalau anak-anak tersebut diam saja. Jadi,orang tuanya bakalan maksa mereka buat nangis ūüôĀ

Sesampainya di puncak atau kuil, anak-anak tersebut akan dibaringkan dengan bentuk lingkaran di luar ruangan. Pada saat itulah mereka dibunuh demi mendapatkan keberkahan dari sang dewa.

2. Dinasti Shang, Tiongkok

Ritual tumbal manusia pertama kali terjadi pada zaman Dinasti Shang (1600 – 1400 SM) dari Tiongkok. Hal tersebut mulai terkuak pada saat arkeolog Tiongkok melakuan penggalian di daerah Yinxu, Provinsi Henan pada tahun 1899. Mereka terkejut dengan penemuan ramalan dari sapi dan cangkang penyu. Bahkan di sana juga terdapat kuburan massal berisi 10 hingga 50 tulang belulang manusia.

Konon pada saat zaman Dinasti Shang, bangsa mereka selalu melakukan ritual pengorbanan ritual manusia yang dilakukan secara terus menerus,yaitu Xunzang dan Renji. Xunzang sendiri adalah ritual pengorbanan yang digelar jika ada penguasa Dinasti Shang yang tutup usia. Korbannya adalah para pelayan pribadi mendiang tersebut. Tujuannya agar mereka bisa menemani si penguasa tersebut di alam sana.

Sedangkan ritual Renzi dilakukan saat terjadi kelaparan di wilayah tersebut. Yang dikorbankan adalah kaum laki-laki dan tahanan perang dari luar Dinasti Shang. Caranya adalah dengan menyembelih mereka, lalu mayatnya dikubur di sebuah lubang atau dibakar.

3. Ritual Tumbal Manusia: Muzungu, Tanzania

Kelainan pigmen kulit atau manusia albino saat itu marak terjadi pada orang-orang Tanzania dan sebagian besar masyarakat Afrika. Orang-orang tersebut pada akhirnya disebut Muzungu, yang berarti Swahili (orang putih ) atau Zeru Zeru berarti hantu. Dengan adanya fenomena tersebut, para dukun akhirnya menyuruh untuk membunuh orang-orang tersebut. Orang yang katanya pintar itu mengklaim kalau mereka bisa menjauhkan dari nasib buruk kalau nyawanya dihabisi. Bahkan, salah satu bagian tubuh orang albino yang masuh hidup dipercaya bisa menyembuhkan penyakit dan memberikan kesaktian. Nggak gratis! Pembeli harus mengeluarkan uang sebanyak USD 75.000 atau setara Rp996 juta di pasar gelap.

4. Kommet Halley

Pada tahun 1910, tersebar berita pada sebuah media cetak terkait penculikan Jane Warfield pada tahun 1810. Gadis berusia 19 tahun tersebut diculik seorang pemimpin sekte bernama Henry Heinman. Mulanya, ia percaya bahwa Komet Halley akan menyerang Bumi. Untuk itu, ia melakukan aksi penebusan dosa dunia dengan mengorbankan Warfield. Gadis tersebut ditelanjangi lalu diikatkan ke tiang, sementara para pengikutnya menari-nari mengelilinginya. Untungnya, sekelompok petugas berwajib berhasil menggagalkan ritual tersebut.

5.Tumbal Monu Kumar, India

Ritual tumbal manusia jug aterjadi di India pada tahun 2003. Saat itu, ada pasangan suami istri yang terpuruk akibat tidak kunjung memiliki anak laki-laki. Mereka akhirnya meminta bantuan dukun, yang mana mereka disarankan untuk menculik seorang anak laki-laki dan menenggelamkannya di sungai. Mereka akhirnya menculik anak tetangganya, Monu Kumar, yang masih berusia enam tahun. Tubuh Kumar yang sudah tidak bernyawa dimutilasi, lalu darahnya digunakan untuk mandi.

6. Tumbal Keluarga, Jawa Barat

Berita tumbal mengerikan juga datang dari Jawa Barat. Diceritakan ada seorang lelaki berusia 30 tahun yang kaya mendadak. Ia langsung membeli belasan bus dan mendirikan perusahaan transportasi  darat. Namun, hal-hal ganjil mulai terjadi seiring dengan bertambahnya kekayaan lelaki tersebut. Satu per satu keluarganya meninggal dunia.

Nasib malang rupanya tidak sampai di situ saja. Satu per satu bus miliknya hampir setiap bulan menabrak orang hingga tewas. Dengan demikian, munculah dugaan-dugaan kalau lelaki tersebut mempersembahkan tumbal manusia untuk mendapatkan kekayaan berlimpah.

7. Ritual Tumbal Manusia Brondong

Kisah tumbal terakhir ini rupanya sempat viral di media sosial. Seorang perempuan menceritakan kisah seramnya melalui sebuah video. Saat itu ia mendapatkan tawaran menjadi master of ceremony atau MC pada acara arisan sosialita. Acara tersebut digelar di  di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Perempuan tersebut mengaku mendapat tawaran harga yang cukup besar, yaitu Rp 10 juta per jam.

Sebelum memandu acara tersebut, perempuan tersebut merasakan kejanggalan. Saat melihat rundown acaranya, ia kaget saattau nantinya ada laki-laki brondong yang akan digantung. Selain itu, perempuan tersebut juga diarahkan untuk menyuruh laki-laki itu untuk merangkak sebelum digantung.

Rupanya, laki-laki tersebut sudah bersedia untuk dijadikan tumbal. Tumbal tersebut dilakukan agar para sosialita tersebut awet muda, kekayaannya berlimpah, dan kariernya nanjak.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu