Traveling Rasa Budget “Wah” ke 10 Kampung Eropa di Indonesia

Spread the love

Jalan-jalan ke luar negeri budgetnya emang relatif lebih mahal dibandingkan jalan-jalan ke destinasi wisata lokal. Sebut saja ke kawasan Eropa yang biasanya membutuhkan biaya sekitar Rp 20 juta untuk paket tertentu per orangnya. Antara worth dan nggak, yang jelas kamu tetap harus mengeluarkan duit. Daripada harus maksain ngepress budget, kamu bisa banget nyobain simulasinya dulu traveling ke Kampung Eropa di Indonesia. Kamu bakalan puas karena desain dan suasananya disesuaikan sedemikian rupa, sehingga bisa banget lah jadi motivasi buat bener-bener traveling ke sana. So, catet aja dulu listnya di bawah ini, yaa..

1. Stonehenge – Sleman

Wallpaper Stonehenge yang sering banget nongki di layar komputer zaman dulu rupanya benar-benar ada. Itu bisa kamu temukan di Wiltshire, Inggris. Sebelum pergi kesana, kamu bisa lihat dulu replikanya di daerah Kepuharjo, Sleman. Ukuran si “batu” raksasanya sendiri dibuat mirip seperti aslinya, jadi orang yang nggak tahu bisa saja mengira kamu benar-benar kesana.  Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, tentu saja disarankan datang pada siang hari, ya. Bahkan kamu juga bisa sekaligus mendapatkan penampakan  Gunung Merapi jika mengambil gambar dengan angle yang tepat. Untuk biayanya sendiri Rp 5ribu saja per orangnya.

2. Kampung Eropa di Indonesia: Monumen Simpang Gumul – Kediri

Arc de Triompe merupakan salah satu landmark terkenal di Paris. Monumen kemenangan tersebut begitu gagah bertengger di Charles de Gaulle Paris, dan sering eksis di beberapa foto wisatawan. Di Indonesia sendiri, kamu bisa menjumpai monumen serupa, tepatnya di Kediri, Jawa Timur. Namaya Monumen Simpang Gumul. Jika dilihat sekilas bentukannya memang seperti tidak ada bedanya. Namun, yang paling kentara perbedaannya adalah pada areanya. Monumen yang ada di Paris berada di jalanan, sedangkan monumen di Kediri ini bertengger dikelilingi taman.  Btw, gratis, yaa..

3. Museum Angkut – Malang

Museum Angkut Malang menjadi salah satu destinasi wisata hits di Kota Batu. Museum ini selalu ramai pengunjung berkat daya tariknya berupa sajian pemandangan khas Eropa, lengkap dengan replika Istana Buckingham. Yang nggak kalah menarik, disana juga disuguhkan kendaraan khas Eropa seperti vespa, Volkswagen, hingga Rolls Royce. Pokoknya Museumini cocok banget buat kamu yang suka dengan hasil foto instagramable. Selain zona Eropa, disini juga kamu bisa berfoto di zona Las Vegas, Hollywood, Broadway Street, dan masih banyak lagi.

4. Kampung Eropa di Indonesia: Merapi Park – Yogyakarta

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Daerah Pakem, Sleman. Disana, ada objek wisata yang menyuguhkan sensasi keliling dunia. Apalagi kalau bukan Merapi Park. Ada beragam landmark Eropa yang cocok untuk jadi teman berfoto. Mulai dari Eiffel di Paris, menara Pisa hingga kincir angin khas Belanda, dan masih banyak lagi. Pokoknya, ajak temen kamu kesini biar lebih puas. Untuk harga tiketnya sendiri Rp 22ribu per orang.

5. Little Europe – Lampung

Lampung juga punya kawasan “Kampung Eropa” untuk liburan yang lebih asik. Namanya Little Europe. Pengunjung bakal dimanjakan dengan aneka arsitektur ala Eropa dan landmark terkenal. Apalagi kalau bukan Miniatur menara Eiffel yang sering jadi incaran spot berfoto. Selain itu, banyaknya booth makanan dan tempat bersantai membuat wisatawan semakin betah berlama-lama disini. Menariknya lagi, kamu nggak perlu ngeluarin biaya sepeserpun alias gratis!

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. Kampung Eropa di Indonesia: Kota Mini – Lembang

Lembang emang surganya objek wisata. Salah satunya adalah Kota Mini yang menyuguhkan suasana ala Eropa. Kamu bisa menjumpai aneka bangunan yang khas seperti salon, rumah sakit, kantor polisi, dan masih banyak lagi. Biar makin Eropa-banget, kamu bisa menyewa kostum khas seperti Klederdracht dari Belanda. Bahkan ada juga sewa kostum profesi untuk anak-anak. mulai dari dokter, suster, sampai pemadam kebakaran. Haga tiket masuknya sendiri Rp 30ribu per orang, dan itu belum termasuk biaya sewa kostum, ya..

7. Little Venice Kota Bunga – Cianjur

Di tempat wisata Kota Bunga Cianjur, ada sebuah area wisata seru, namanya Little Venice. Disini, kamu bisa ngerasain jalan-jalan ala di Kota Venice, Italia, terlebih saat menaiki gondolanya. Selain itu, spot-spot fotonya juga menarik, dan hasilnya bisa lebih hidup berkat catnya yang berwarna-warni. Pokoknya, dateng kesini lebih seru kalau bareng temen-temen. Harga tiketnya juga terjangkau, yaitu Rp 20ribu saja per orangnya.

8. Devoyage Kampung Eropa – Bogor

Salah satu objek wisata hits di Bogor adalah Devoyage Kampung Eropa. Disana, kamu bisa menikmati aneka landmark di Eropa, lengkap dengan fasilitas  lainnya. Mulai dari rumah permainan, kebun binatang mini, rumah cendera mata hingga fasilitas perahu.  Tranportasi sungai adalah yang paling diminati wisatawan, karena kamu bisa mengelilingi area ini lebih puas. Selain itu, ada juga wahana yang bisa bikin aktivitas lebih seru. Mulai dari Labirin atau House of Game, Robinhood, Wahana anak anak seperti Corousell, Slot Car, Play Ground, Ferris Wheel, dan masih banyak lagi. Untuk naik wahana, kamu cukup menyiapkan budget Rp 10-15ribu.

9. Oro-oro Ombo – Semeru

Di Provence, Prancis, ada sebuah taman dengan hamparan lavender yang sering jadi incaran wisatawan. Nggak perlu jauh-jauh kesana karena di Indonesia juga ada! Tepatnya ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, yaitu di Oro-Oro Ombo. Hamparan bunga lavender emang paling pas untuk memanjakan mata, sekaligus mendapatkan hasil foto yang eksotis.

10. Kampung Eroa di Indonesia: The Heritage Palace – Solo

Yang terakhir adalah The Heritage Palace yang menjadi objek wisata hits di Solo. Bangunan bekas Pabrik Gula Gembongan tersebut bertengger eksotis, dan menjadi daya tarik objek wisata ini. Nggak hanya itu, museum transportasi yang ada di dalamnya juga nggak kalah menarik. Setelah itu, kamu bisa melipir ke beberapa spot foto, museum 3D Art, juga Omah Kwalik (Rumah Terbalik). Untuk itu, ajak temen-temen kesini biar liburan lebih seru. HTMnya Rp 55ribu per orang.. worth lah dengan suguhan yang nggak nanggung! 😀

Berikan komentarmu