Share this
Share

shares

Tips Sederhana untuk Generasi Z yang Ingin Membeli Rumah

25 August 2019

Tips Sederhana untuk Generasi Z yang Ingin Membeli Rumah

Generasi Z atau generasi tech-savvy merupakan generasi yang lahir di tahun 1995-2010. Generasi Z lebih banyak berhubungan sosial lewat dunia maya karena sejak kecil mereka lebih dikenalkan oleh teknologi. Mereka tumbuh menjadi pribadi yang kreatif, melek akan teknologi dan cepat dalam menangkap informasi.

Untuk Generasi Z yang sudah menginjak 21 tahun. Mereka sedang hangat-hangatnya lulus dari perkuliahan dan mulai terjun ke dunia pekerjaan. Dengan begitu, umur mereka yang sudah dibilang legal ini harus dapat bertindak di atas nama mereka sendiri, seperti mengatur penghasilan.

Sebagai anak muda yang baru berpenghasilan, tentu gaji dari beberapa bulan pertama bekerja pasti ingin digunakan untuk berfoya-foya dan makan di tempat yang bergengsi. Padahal, Generasi Z yang memiliki pikiran puluhan tahun ke depan, tentu mereka akan mulai memikirkan kebutuhan di masa mendatang.

Generasi Z yang senang menjelajah internet, mereka mulai memperhatikan harga rumah setiap tahunnya di beberapa daerah menjanjikan. Karena menurut Lamudi.co.id, harga rumah bisa saja naik ataupun turun.

Namun, apalah arti menghabiskan waktu berjam-jam di depan gadget mengamati harga rumah tanpa melakukan langkah konkrit? Nah, Berikut adalah beberapa langkah konkrit yang mungkin membantu kalian dalam mewujudkan impian membeli hunian sebelum umur 30.

1. Tidak Menggunakan M-Banking

Semua hal sudah bisa dilakukan lewat internet, bahkan berbelanja. Generasi Z yang sangat aktif di dunia digital ini pasti sering berbelanja online. Proses pembayarannya pun bisa dilakukan di rumah menggunakan m-banking.

M-banking bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, membuat kalian jadi semena-mena mengeluarkan uang tanpa memikirkan tujuan utama kalian 8 tahun ke depan. Alangkah baiknya untuk tidak memasang m-banking di smartphone karena tanpa kalian sadari, menggunakan m-banking adalah sebuah pemborosan.

2. Menabung Sebagai Langkah Utama

Langkah konkrit utama yang harus dilakukan oleh Generasi Z adalah menabung. Dalam mewujudkan impian mempunyai hunian, tentu kalian harus bisa membagi penghasilan ke beberapa alokasi. Misalnya, kalian tinggal di Surabaya dengan penghasilan masih UMK yakni Rp 3.871.000. dan ingin memiliki rumah dijual di Surabaya.

Karena kalian belum menikah, pengeluaran tiap bulannya tentu belum terlalu besar. Jadi, kalian bisa menabung untuk membeli rumah dijual di Surabaya sekitar Rp 2 juta setiap bulannya. Dikalikan dengan 120 bulan (10 tahun) menabung, kalian sudah mendapatkan uang sebesar Rp 240.000.000. Ditambah dengan penghasilan tDengan hasil tabungan tersebut, kalian sudah bisa membeli rumah dijual di Surabaya untuk kalangan menengah ke bawah di bilangan penyanggah.

3. Nyaman No. 1, Merek No. Sekian

Melihat barang-barang branded menjadikan kalian haus mata. Bagi Generasi Z, saat memiliki uang di level jutaan, hal ini adalah sebuah ujian besar, apalagi saat menabung. Padahal kalian harus tetap fokus terhadap impian kalian.

Salah satunya adalah membatasi sejumlah keinginan belanja barang-barang branded. Kebanyakan harganya tidak masuk akal, buat mindset bahwa pakaian tidak harus branded, yang penting nyaman dan sopan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #belajar #generasi z #millennial #rumah #sederhana #tips
Share

Pilihan editor