Share this
Share

Share

shares

Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Ribet

1 August 2020  Ajeng

Sebagian orang mengharapkan tubuh yang ideal, baik dalam berat badan ataupun tinggi badan. Nggak heran jika orang berlomba-lomba mendapatkan tubuh yang ideal salah satunya dengan mencari tips menurunkan berat badan. Namun, kamu harus sadar bahwa untuk mencapai tubuh ideal tidak bisa didapatkan secara instan. Kamu harus menjalaninya dengan sabar dan konsisten.

Beberapa ahli gizi menyarankan kita untuk menurunkan berat badan dengan cara yang menyehatkan dan  alami. Oleh karena itu, tips di bawah ini bisa sangat membantu kamu yang ingin diet dengan cara aman dan nggak ribet.

1. Minum Air Putih

Via pexels.com

Jika ingin menurunkan berat badan, awali hari dengan rutin meminum air putih. Menurut studi yang terdapat dalam jurnal “The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism”, meminum 500ml saat perut kosong akan meningkatkan metabolisme sebesar 30 persen apalagi saat kamu baru bangun tidur.

Studi lain pun menjelaskan bahwa air putih yang dingin sangat cocok untuk seseorang yang sedang melakukan proses diet. Ini disebabkan karena air dingin masuk kedalam tubuh akan memicu pembakaran kalori untuk menyamakan suhu air dingin dengan suhu tubuh. Tentunya pembakaran ini akan mengurangi kadar lemak pada tubuh, lho!

2. Sarapan dengan Protein Tinggi

Via pexels.com

Perut yang kosong saat tidur dan tidak diisi semalaman bisa membuat siapa saja merasa lapar di pagi hari. Untuk itu, kamu jangan mengonsumsi makanan manis dan berkarbohidrat tinggi di pagi hari karena hanya akan menambah berat badan. Sebaiknya, konsumsilah makanan  berprotein tinggi yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, protein tinggi akan membuat kamu kenyang lebih lama. Makanan protein tinggi bisa kamu dapatkan pada daging, kacang-kacangan, putih telur rebus, yogurt, dan masih banyak lagi.

3. Berolahraga Selama 5 Menit

Via pexels.com

Agar bera badan bisa turun, jangan malas untuk olahraga di pagi hari. Olahraga saat pagi hari akan membuat tubuh kamu lebih segar dan ringan untuk menjalani kegiatan seharian penuh. Kamu cukup berolahraga selama lima belas menit sehari dengan cara senam, jogging, angkat beban, dan lain-lain. Papau olahraganya, kalori dalam tubuh kamu akan terbakar apalagi jika dilakukan pagi hari.

4. Mengonsumsi Teh hijau

via pexels.com

Senyawa katekin yang terdapat pada teh hijau yang digunakan sebagai antioksidan bisa membantu mempercepat pembakaran lemak. Dilansir dari jurnal medis “Obesity” tahun 2012, kandungan katekin pada teh hijau mampu memecah sel-sel lemak dalam tubuh, sehingga pembakaran pada tubuh bisa berlangsung lebih cepat. Dengan demikian, proses penurunan berat badan pun menjadi lebih efektif. Teh hijau ini bisa kamu dapatkan di minimarket atau warung-warung terdekat.

5. Rutin Berjemur

via pexels.com

Sinar matahari mengandung sinar UVB yang baik untuk kulit. Kulit akan membentuk vitamin D yang digunakan sebagai pengatur hormon pembentuk lemak saat terkena UVB. Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari juga bisa membantu tubuh memproduksi hormon serotonin (hormon bahagia) lebih banyak, sehingga kamu bisa happy setiap saat. Kamu cukup berjemur selama 15 menit saja antara jam 9-10 pagi. Disarankan untuk tidak berjemur terlalu lama karena kulit kamu juga bisa ‘ngambek’.

Itulah lima tips menurunkan berat badan bagi kamu yang ingin tampil lebih percaya diri. Hasilnya tentu saja tidak instan, sehingga kamu perlu disiplin dan sabar demi body goal yang selama ini diinginkan. Btw, jangan lupa atur pola makan juga, ya!

Berikan komentarmu

Related articles

 #cara menurunkan berat badan #diet mayo #tips diet #tips menurunkan berat badan
Share di whatsapp

Pilihan editor