Share this
Share

Share

shares

Tips Mengatur Keuangan Ala Anak Kostan Biar Lebih Hemat

20 July 2020  Ajeng

Indekos menjadi salah satu alternatif tempat tinggal yang cukup ideal untuk perantau. Tidak hanya pekerja, mahasiswa juga banyak yang tinggal di kostan karena biayanya yang cenderung lebih murah. Meskipun begitu, kamu tetap harus mengeluarkan biaya hidup. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, biaya hidup yang dikeluarkan tentu lebih besar. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui bagaimana tips mengatur keuangan yang baik selama ngekost.

Agar uang kamu tidak habis di akhir bulan, 5 tips di bawah ini bisa membantu.

1. Menabung

 

Sumber: pexels.com

Menabung merupakan langkah yang baik untuk tetap bertahan hidup di akhir bulan. Jika uang bulanan kamu habis, setidaknya masih ada uang tabungan yang bisa kamu pakai untuk sekedar makan dan membeli keperluan sehari-hari. Jika ingin lebih aman, kamu bisa menyimpan uang kamu di bank. Kalau nggak mau ribet, simpan uang di wadah yang aman.

Namun, kamu tidak akan punya uang simpanan selama tinggal di kostan jika uang tabungan terus-terusan terpakai. Solusinya adalah dengan mengelompokan tabungan menjadi beberapa pos. Misalnya, tabungan untuk beli hp, tabungan untuk dana darurat, tabungan untuk transportasi, dan masih banyak lagi. Sesuaikan nominal tabungan dengan kemampuan finansial kamu.

2. Mengatur Uang Jajan Harian

Sumber: pexels.com

Nggak seperti di rumah orang tua, kamu harus mengeluarkan uang untuk makan dan jajan di luar. Belum lagi jika kamu mampir ke mall, pasti ada saja barang atau makanan yang ingin di beli. Jika kamu tidak bisa mengontrol hasrat jajan, bisa-bisa uang bulanan habis di tengah bulan. Oleh karena itu, atur uang jajan harian sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kamu per harinya hanya boleh mengeluarkan uang Rp 25 ribu saja. Jika uang itu sudah habis, kamu tidak boleh mengambil uang jatah untuk jajan besok.

3. Memasak di Kost

Sumber: pexels.com

Membeli makanan di luar terkesan lebih praktis. Namun, jika ingin lebih hemat, kamu bisa memasak sendiri di kostan. Cukup membeli bahan-bahan yang dibutuhkan, kamu sudah bisa memasak makanan yang kamu inginkan. Jika dihitung, masak sendiri lebih murah dibandingkan membeli makanan di luar. Untuk itu, sisa jatah untuk makan diluar bisa kamu tabung untuk membeli keperluan lainnya. So, nggak ada salahnya untuk membeli kompor dan alat-alat masak lainnya agar kamu bisa lebih leluasa masak di kostan.

4. Membeli Barang Sesuai Kebutuhan

Sumber: pexels.com

Saat lapar mata, kamu bisa membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Tidak lama kemudian, kamu akan menyesal karena uang habis dalam sekejap. Oleh karena itu, kamu harus bisa membedakan mana saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Jika sekiranya barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan, kamu bisa membelinya di bulan-bulan berikutnya. Kecuali, jika memiliki uang lebih, kamu bisa membeli barang apa saja yang diinginkan.Pertimbangkan juga apakah dengan membeli barang yang diinginkan itu kamu masih bisa makan di akhir bulan atau tidak.

5. Membawa Air Minum Sendiri

Sumber: pexels.com

Membawa minum sendiri sangat membantu kamu untuk menghemat uang. Bayangkan saja, jika setiap harinya kamu mengeluarkan uang Rp 5 ribu untuk air mineral saja, dalam satu bulan kamu sudah mengeluarkan kurang lebih Rp 150 ribu. Ini tentu saja akan lebi hemat jika kamu membeli air minum satu galon yang harganya tidak sampai Rp 10 ribu. Oleh karena itu, belilah botol atau tumbler agar kamu tidak perlu membeli air minum saat beraktivitas di luar.

6. Bekerja Paruh Waktu 

Sumber: pexels.com

Jika kamu adalah seorang mahasiswa, tidak ada salahnya untuk mengambil pekerjaan paruh waktu. Ini tentu saja bisa menambah uang bulanan selain dari pemberian orang tua. Gajinya sendiri bisa kamu tabung untuk kebutuhan lain. Kamu bisa bekerja sebagai kasir di mini market, barista, admin media sosial, guru privat, dan pekerjaan lainnya. Sesuaikan waktu kuliah dengan bekerja agar tudak menggaggu satu sama lain.

Dengan adanya lima tips mengatur keuangan di atas, kamu bisa hidup lebih hemat saat tinggal di kostan. Gimana, sejauh ini kamu udah hidup hemat belum?

Berikan komentarmu

Related articles

 #tips menabung #tips mengatur keuangan #tips menghemat uang #uang jajan anak kost
Share di whatsapp

Pilihan editor