Share this
Share

13 shares

5 Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

28 November 2017

Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

Gitar adalah instrumen yang paling terkenal dalam dunia musik. Tak sedikit anak muda yang ingin belajar main gitar, hal yang paling mendasar adalah biasanya orang gak tau cara memulainya. Mungkin mendapatkan gitar itu gampang, tinggal cari gitar di toko musik atau beli secara online, nah ketika gitarnya sudah di tangan, trus apa lagi? Sebenarnya main gitar itu sama dengan belajar nyetir, satu yang paling penting adalah “jam terbang”, seberapa sering kita megang gitarnya dan memainkannya, makin sering kita latihan gitar, makin cepat juga lancarnya. Kira-kira begitu kuncinya. Nah, untuk para pemula biasanya sering bertanya, “kalau yang kidal gimana?”.

Well, sebenarnya gitar kiri atau kanan itu sama, cara belajarnya pun sama, yang beda cuma posisi tangan saja. Orang mungkin berpikir kalau belajar gitar kidal butuh latihan khusus dan perlu belajar dari gitaris yang kidal juga. Sebenarnya mau tangan kiri atau kanan, hanya perlu menyesuaikan saja. Mungkin ada dari mereka yang bertangan kidal namun memilih main gitar dengan tangan kanan seperti contoh om Noel Gallagher yang main gitarnya tangan kanan.

Tapi ada juga yang kidal trus mau tetap main pakai tangan kiri, seperti Jimi Hendrix, Paul McCartney, dll. Trus Kurt Cobain mana? Kurt Cobain itu sebenarnya gak kidal, dia cuma sok-sok-an main gitar pakai tangan kiri, tapi ya kita anggap aja dia itu kidal. Kalau gitu, kita bikin list dulu deh, 5 tips ampuh buat kalian yang mau memulai belajar gitar kidal.

Tips ini semata-mata ditulis dari pengalaman sendiri. Saya sendiri kidal, walau sekarang-sekarang ini gak terlalu sering main gitar seperti waktu masih SMA, namun beberapa cara ini membuat saya tekun belajar kidal otodidak.

1. Membeli gitar kidal

Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

workshop gitar

Langkah awal untuk memulai hobby musik pastinya membeli dulu instrumennya. Mencari gitar kidal itu gampang-gampang susah. Kalau hoki biasanya akan dapet gitar model kidal dari toko musik, tapi itu juga very unlikely alias jarang banget. Namun produsen gitar terkenal seperti fender, ibanez pastinya punya gitar versi kidal yang sudah tinggal pakai, namun biasanya untuk gitar ini harganya lebih mahal, kalian bisa cek harganya di web resmi mereka masing-masing. Kalau dengan cara ini kalian tidak keberatan ya gak masalah.

Cara paling ampuh dan efektif untuk membeli kidal adalah beli gitar custom. Apa itu gitar custom? Gitar custom adalah gitar yang dibuat di workshop oleh para pengrajin gitar. Dengan memesan gitar custom kita bebas menentukan model dan bahan yang digunakan dalam membuat gitar. Membeli gitar custom sangat cocok untuk mereka yang ingin memulai hobi bermusik apalagi yang ingin main kidal. Selain harganya lebih terjangkau, gitar custom bisa membuat dan meniru gitar dengan model yang kamu mau dari merk terkenal.

2. Setelah beli gitar, pahami dulu apa itu gitar

Sebenarnya belajar gitar kidal sama saja dengan belajar gitar pada umumnya, semua bagian-bagiannya sama, cuma modelnya saja yang terbalik karena disesuaikan dengan tangan kita. Mungkin itu kalian yang merasa perlu melakukan googling dalam mempelajari dasar-dasar bermain gitar sah-sah saja. Kalau perlu kalian bisa cek di youtube, banyak sekali orang yang mau memberikan tutorial tentang pengenalan gitar secara dasar.

Namun yang paling penting jangan terlalu terpengaruh sama orang-orang yang ngoceh di youtube tentang hal mendasar main gitar. Video-video itu mungkin banyak, tapi kamu gak perlu nonton semuanya. Pilih saja video yang paling kamu mengerti dan pelajari dari situ.

Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

3. Belajar kunci-kunci dasar pada gitar

Kita tahu kalau gitar pada umumnya punya 6 senar. Hal paling mudah untuk mengerti bagaimana senar-senar ini bekerja adalah memainkan kuncinya.

Kunci-kunci dasar gitar adalah tahapan paling mudah untuk memainkan sebuah lagu.

Mau belajar tangan kanan atau pun tangan kiri sama saja, sekali lagi, yang membedakan cuma posisi tangannya. Kalau kalian melihat tutorial di youtube cara memainkan kunci tertentu atau lagu tertentu dengan tangan kanan, tidak perlu berkecil hati. Kalian hanya perlu memposisikan jari kalian ke arah yang sebaliknya untuk yang main gitar tangan kiri.

Kunci dasar C

Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

Kunci dasar E

Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

3 18

Kunci dasar Am

Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

Kunci dasar G

Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

Kunci dasar A

Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

Kunci dasar Em

Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

Kunci dasar F

Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

Kunci dasar Dm (D minor)

Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

4. Lagu rekomendasi untuk pemula gitar

Setelah kalian melakukan latihan-latihan dasar memainkan kunci, baru saatnya memilih lagu yang akan dijadikan latiihan. Memilih lagu untuk pemula juga gampang-gampang susah. Tapi yang harus digaris bawahi adalah kita memilih lagu hanya untuk melatih otot-otot tangan kita dalam memainkan kunci bukan memilih karena kita menyukai lagu tertentu.

Kalau kebetulan kalian merasa menemukan lagu yang kalian suka dan kunci-kucinya bisa dikuasai itu adalah hal yang bagus. Sangat dianjurkan untuk mencari lagu-lagu yang punya kunci-kunci simple dan sedikit dan di dalamnya memiliki beberapa pengulangan supaya kita cepat hafal posisi fretboard dan letak kunci sama jari-jari kita. Berikut adalah lagu-lagu yang sangat cocok dijadikan latihan untuk pemula gitar. Saya sendiri waktu pertama kali belajar gitar memilih lagu-lagu ini untuk dijadikan latihan.

Knocking on heavens door (Bob dylan)

Last kiss (pearl jam)

5. Latihan yang rutin tanpa henti

Tips Untuk Belajar Gitar Kidal Otodidak Pemula

Latihan gitar tanpa henti

Latihan rutin adalah hal penting dalam belajar gitar kidal maupun yang tidak kidal. Kalau sampai langkah ini tidak dilakukan dengan baik, semua hal yang sudah kita lakukan semenjak dari niat awal ingin membeli gitar, belajar dasar gitar, belajar chord, belajar lagu-lagu dasar, semuanya jadi tidak berguna sama sekali. Practice makes perfect. Sekali ingin jago main gitar lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Menghindari latihan rutin saat awal-awal belajar adalah kesalahan yang fatal. Semakin sering kalian malas berlatih, semakin sering pula kalian meninggalkan gitar.

Tak sedikit orang-orang yang menyerah karena awal-awal yang sulit, memilih lagu yang sulit sampai akhirnya menjual gitarnya dan membenamkan mimpi mereka menjadi seorang rockstar. Melewatkan kesempatan hidup mereka menjadi seorang yang bisa main instrumen di usia 20an. Kalau kalian tak mau hal itu terjadi pada diri kalian, lakukanlah latihan rutin yang terjadwal. Lebih baik latihan yang sedikit namun sering, daripada latihan berjam-jam namun kadang-kadang.

Soal latihan rutin dalam mempelajari gitar adalah hal yang kedengarannya paling sepele dibanding poin-poin di atas yang lebih “praktikal”. Namun kebanyakan orang menganggap remeh hal sepele ini sampai-sampai memiliki waktu latihan yang sedikit dan sangat memungkinkan untuk bisa menyerah suatu saat.

Baca artikel menarik di cerpin.com lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #gitar #kidal #musik #otodidak #pemula #tips
Share

Pilihan editor