Share this
Share

Share

shares

Tips Anti Galau Agar Kamu Bisa Lebih Menikmati Hidup

22 June 2020  Ajeng

Kepahitan dalam hidup bisa dialami siapa saja. Ada kalanya kita mengalami masalah keuangan, hubungan dengan keluarga, pekerjaan, dan masih banyak lagi. Masalah akan bertambah rumit jika tidak diselesaikan dengan baik. Akibatnya, kita sering merasa sedih, galau dan tidak berguna. Kesedihan yang dibiarkan berlarut-larut tentu saja tidak baik karena bisa menyebabkan depresi dan ganggual mental lainnya. Oleh karena itu, tips anti galau sangat dibutuhkan agar kita bisa berpikir lebih positif.

Jika saat ini kamu sedang ditimpa masalah yang rumit, coba simak ulasan di bawah ini.

1. Menjauh dari Lingkungan yang Toxic

Sumber: pexels.com

Lingkungan yang toxic bisa membuat hidup kamu semakin rumit. Teman yang senang ngomporin tidak jarang membuat kamu menjadi tidak lebih bahagia. Yang ada, kamu hanya akan merasa insecure terhadap masalah yang sedang dihadapi. Padahal, teman yang kamu butuhkan adalah seseorang yang selalu mendukung kamu setiap saat bagaimanapun kondisinya.

Oleh karena itu, jangan segan untuk meningalkan lingkungan yang tidak baik. Kondisi kamu lebih penting saat ini dbandingkan harus terus bersama dengan orang-orang yang tidak baik. Jika perlu, kamu bisa menyendiri sejenak agar pikiran bisa lebih jernih.

2. Meningkatkan Rasa Syukur

Sumber: pexels.com

Salah satu penyebab orang jadi tidak bahagia adalah kurangnya rasa syukur. Kita menjadi mudah iri saat melihat orang lain lebih bahagia dan memiliki segalanya. Padahal, mereka juga belum tentu merasa bahagia, apalagi jika kamu sekedar melihatnya di media sosial. Oleh karena itu, syukuri apa yang kamu miliki saat ini meskipun dalam keadaan terpuruk sekalipun. Bayangkan saja apa yang kamu miliki saat ini belum tentu dimiliki orang lain.

3. Tidak Terlalu Over Thinking

Sumber: pexels.com

Saat masalah menghampiri, sebaiknya kamu jangan terlalu banyak mikir alias over thinking. Masalah yang dipikirkan terus menerus hanya akan membuat kamu tambah pusing, bahkan bisa menimbulkan asumsi-asumsi negatif. Sebaiknya, istirahat saja sejenak dan fokus saja pada pemecahan masalah. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi kebiasaan over thinking kamu yang tidak baik untuk kesehatan mental dan pikiran.

4. Lebih Terbuka Pada Orang-orang Terdekat

Sumber: pexels.com

Memendam masalah sendirian tidak akan membuat kamu nyaman. Berjuang sendirian biasanya akan membuat kamu semakin pusing, sehingga sedih yang dialami bisa sampai berlarut-larut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba terbuka pada orang-orang terdekat, pada orang tua, saudara, atau teman, misalnya. Ceriatakan masalah apa yang sebenarnya sedang kamu alami. Siapa tau mereka bisa membantu, baik itu dari segi materi maupun non-materi.

5. Keluar dari Zona Nyaman

Sumber: pexels.com

Agar kamu tidak berlarut-larut dalam kesedihan, cobalah untuk keluar dari zona nyaman. Ini tentu saja tidak mudah karena mau tidak mau kamu harus mencoba hal-hal yang baru. Namun, ini bisa jadi awal dari kebahagiaan yang tidak pernah kamu sangka-sangka sebelumnya. Oleh karena itu, bergeraklah dan cobalah hal-hal yang ingin kamu lakukan.

Dengan adanya lima tips anti galau di atas, setidaknya kamu bisa lebih percaya diri untuk memulai kehidupan baru yang lebih baik. Good luck!

Berikan komentarmu

Related articles

 #cara mengatasi galau #cara mengatasi sakit hati #galau #gangguan kecemasan #quarter life crisis
Share di whatsapp

Pilihan editor