Share this
Share

shares

6 Tips Aman Untuk Solo Traveling Supaya Selamat Sampai Pulang Lagi

6 January 2018

Tips Aman Untuk Solo Traveling Supaya Selamat Sampai Pulang Lagi Cerpin Com 2

Tips aman buat solo traveling – Memang sangat menyenangkan untuk traveling bersama orang lain, tapi itu bukan berarti kalau yang namanya traveling harus dilakukan bersama-sama. Traveling sendirian dan menjadi single-fighter di tempat yang berbeda saat ini sudah dilakukan banyak dilakukan orang. Melakukan traveling sendirian bisa menjadi pengalaman perjalanan yang mengasyikkan dan memperkaya wawasan kita sendiri. Banyak sekali keuntungan kalau kita melakukan traveling seorang diri, terutama kita bisa mengatur jadwal kita sendiri tanpa harus bergantung sama jadwal orang lain.

Mungkin sebagian dari kamu sudah bosan bepergian bareng-bareng terutama kalau menyangkut barengan yang selalu telat, bangun siang dan maunya selalu ditungguin. Gak ada salahnya kan kita menyisihkan waktu kita sebentar untuk bepergian, traveling seorang diri, menyisihkan waktu untuk refleksi individual. Tapi tanpa teman perjalanan, ada juga kemungkinan kalau seseorang bisa dijadikan sasaran kejahatan terutama apabila kita traveling ketempat yang jauh. Semua pelancong tunggal, terutama wanita, harus tetap melakukan tindakan pencegahan keamanan saat berada di tempat asing. So, ini tips amannya buat kamu yang sudah siap melakukannya!

1. Blend in, berpakaianlah sewajarnya, tidak berlebihan, dan lebih mengutamakan keamananan dan kenyamanan

Tips Aman Untuk Solo Traveling Supaya Selamat Sampai Pulang Lagi Cerpin Com 1

Penulis dan blogger, Ashley Christensen yang juga seorang solo traveler punya tips untuk kita yang ingin melakukan solo traveling. Ia sudah beberapa kali melakukan wisata sendirian ke berbagai negara, termasuk ke Eropa sampai ke Kamboja. Ia memiliki tips keselamatan yang bisa kita gunakan saat bepergian sendiri. Menurutnya sangat penting sekali untuk bersikap tidak mencolok saat berada di tempat asing. Lebih baik menghindari pakaian yang mengumbar aurat seperti rok pendek, dll. Dari segi kenyamanan, sangat dianjurkan juga untuk tidak memakai sepatu hak tinggi. Selain itu sangat penting juga untuk tidak memakai perhiasan ke tempat asing karena akan mencolok orang yang tak kita ketahui keberadaannya sedang memperhatikan kita.

Intinya berada di tempat asing adalah dimana kita harus berbaur dengan lingkungan “seperlunya” saja. Menurutnya Ashley, kalau dia sedang bepergian sendiri, ia juga menghindari hal-hal yang akan membuat dirinya sendiri celaka dan bisa membuatnya menyesal di kemudian hari. Hindari bertindak bodoh di “negara orang” atau berperilaku dengan cara yang bisa membuat orang melihat kita dengan berbeda. Dan buat kamu yang gemar dunia malam dan minum, lebih baik minum jangan sampai mabuk dan tak sadarkan diri, disini jadilah orang yang harus tahu batasan. Ashley malah bilang kalau dia sedang traveling sendirian dia malah jarang minum dan sebagian besar pakar traveling yang juga termasuk travel blogger juga selalu menganjurkan saran ini. Lebih baik selamat daripada menyesal belakangan.

2. Hindari tempat-tempat yang tidak dianjurkan untuk datang kesana “sendirian”

Tips Aman Untuk Solo Traveling Supaya Selamat Sampai Pulang Lagi Cerpin Com 4

Kalau ingin bepergian, kita pasti melakukan penelitian dan belajar tempat yang ingin kita datangi. Terutama kalau melakukan solo trip, professional ya begitu, datang degan perencanaan. Sebelum melakukan traveling, silahkan riset tempat yang ingin kita datangi, tempat yang ingin kita tinggali di suatu negara untuk mengetahui area mana yang mungkin terlarang.

Kalau menginap di hotel, tanyalah ke petugas hotel atau tentang lingkungan apa yang harus kita hindari dan seperti apa keamanan daerah itu. Menurut pakar perjalanan Forbes, Katie Lara, dia selalu bertanya ke orang setempat tentang jam berapa seharusnya kita tidak berada di jalanan sendirian. Tiap kota di belahan negara dunia sangat bervariasi dalam hal ini, jadi jangan meremehkan hal-hal yang kelihatannya sepele.

3. Pilihlah tempat tinggal yang strategis

Tips Aman Untuk Solo Traveling Supaya Selamat Sampai Pulang Lagi Cerpin Com 8

Berbicara tentang tempat tinggal seperti hotel misalnya, pelajarilah tempat itu dengan hati-hati. Travel blogger lainnya seperti Suzanne Wolko memiliki saran kalau memilih tempat tinggal yang strategis akan sangat berpengaruh dengan liburan kita. Memilih tempat yang strategis atau dekat dengan yang kita datangi bisa membuat liburan kita lebih mudah dan juga lebih aman. Intinya bergantung pada lokasi tempat kamu menginap, beberapa hotel atau penginapan bisa juga mengurus koordinasi hampir setiap aspek wisata kita, mulai dari transportasi hingga segala aktivitas berlibur disana.

Beberapa teman yang biasa melakukan solo traveing juga menyarankan agar memesan kamar hotel di lantai yang tidak terlalu tinggi. Hal ini bertujuan untuk mempermudah evakuasi apabila terjadi keadaan darurat.

4. Beritahukan seseorang kalau kamu sedang melakukan solo trip, jangan sampai teman atau orang rumah kamu pada gak tahu ya

Tips Aman Untuk Solo Traveling Supaya Selamat Sampai Pulang Lagi Cerpin Com 7

Liburan sendirian mungkin gak ada yang larang, tapi alangkah lebih baik untuk memberitahukan teman dekat kamu atau keluarga di rumah. Biasakan untuk memberi tahu orang tertentu mengenai rencana perjalananmu sehingga mereka tahu kemana mereka harus menghubungi kalau saja terjadi keadaan darurat. Sekali lagi, hal-hal yang kelihatannya sepele ini mungkin gak bakal dirasakan sampai kita mengalami keadaan darurat dan berharap seseorang tahu kalau kita sedang berada di situasi tersebut.

Dan apabila sudah sampai tempat tujuan, biasakan beritahu seseorang yang berada di tempat menginap, baik itu petugas, staff, atau bahkan kenalan yang juga satu hotel tentang tujuan kita pergi, terutama jika di malam hari. Beri mereka perkiraan waktu kapan kamu akan kembali. Dan juga jangan pernah berjalan-jalan di malam hari untuk pergi ke daerah sepi yang belum diketahui, pastikan untuk menjelajahinya di siang hari saja. Lagipula kalau kamu sudah bilang sama petugas hotelnya untuk melakukan itu, mungkin mereka sudah bakal melarang kamu duluan sih.

5. Percaya diri boleh, tapi ikuti kata hati lebih penting dan lebih baik untuk main aman

Tips Aman Untuk Solo Traveling Supaya Selamat Sampai Pulang Lagi Cerpin Com 5

Kalau kamu merasa bahwa ada sesuatu yang tidak beres selama perjalanan solo trip, hal terbaik adalah menghindari hal-hal atau pergi ke tempat-tempat yang dirasa “gak enak” dalam hati dan lebih baik ikuti intuisi kita sendiri. Menurut Diana Edelman, yang juga seorang travel blogger yang telah mengunjungi lebih dari 30 negara, dia berkata kalau ada situasi tidak terasa benar, lebih baik pergi saja dari tempat itu. It’s always better to trust your gut!

Tingkatkan kewaspadaan, dan jagalah agar mata kita tetap terbuka dan hindari hal-hal bodoh seperti berjalan-jalan di malam hari sendirian. Update dengan berita lokal juga hal yang perlu dilakukan, untuk mencegah modus penipuan yang umum terjadi. Biasanya orang kalau sudah pergi ke tempat-tempat baru, apalagi luar negeri sudah lupa segalanya. Sangat mudah untuk terjebak dalam luapan kegembiraan, mengunjungi tempat baru yang tidak biasa dan asing, dan melupakan akal sehat yang seharusnya kita selalu gunakan di manapun. Lebih baik menjadi paranoid daripada menyesal seumur hidup. Itu kalau pulangnya hidup-hidup, kalau enggak gimana?

6. Persiapkan hal yang terburuk

Tips Aman Untuk Solo Traveling Supaya Selamat Sampai Pulang Lagi Cerpin Com 9

Hal pertama yang orang perlu lakukan sebelum melakukan perjalanan adalah mempersiapkan hal yang terburuk. Kebanyakan orang cenderung berpikiran hal senang-senangnya aja, tapi kalau urusan yang terburuk gak berani untuk dipikirin. Hal ini akan menjadi fatal kalau hal yang buruk itu benar terjadi dan kita gak mempersiapkannya dari awal. Pastikan kamu memiliki salinan paspor atau kartu identitas, kartu kredit, dan dokumen penting lainnya. Juga kirimkan salinan tersebut ke email atau storage online seperti dropbox, simpan baik-baik disana. Jadi kalaupun tas kamu hilang, atau misalnya kamu kecopetan, takdir dan garis hidup kamu selanjutnya adalah sebuah kafe internet. Disitu kamu bisa sedikit bernafas lega karena setidaknya ada salinan yang sudah disiapkan supaya kamu bisa pulang.

Sangat disarankan juga untuk menyimpan kontak darurat, nomor telepon yang bisa dihubungi baik itu lokal ataupun nomor keluarga atau teman dan informasi bank, kartu kredit. Begitu sudah dibuatkan listnya, buat saja catatan dan kirim nomor-nomor itu ke email kamu sendiri atau simpan di google drive & dropbox. Kenapa kita harus melakukan ini? Sekali lagi, ini untuk memperhitungkan hal yang terburuk yang bisa saja terjadi, jadi meski kamu kehilangan segalanya, kamu hanya butuh koneksi internet untuk mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan. Semoga lancar perjalanannya yah, dan jangan lupa berdoa.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #aman #liburan #solo traveling #tips
Share

Pilihan editor