Share this
Share

Share

shares

Tips Aman Bersepeda di Masa New Normal

21 July 2020  Ajeng

Memasuki era new normal, bersepeda kini menjadi tren di beberapa wilayah di Indonesia. Kini, sepanjang jalan raya tidak hanya dipadati oleh kendaraan bermotor, tetapi juga sepeda yang berjejer di pinggir jalan. Ini bisa saja menjadi berita baik karena masyarakat mulai sadar untuk menjaga kondisi kesehatannya. Namun, mengingat pandemi ini belum surut, protokol kesehatan masih harus tetap dilakukan. Oleh karena itu, tips aman bersepeda harus benar-benar kamu ketahui.

Agar tetap aman selama bersepeda, pastikan kamu mengikuti lima hal di bawah ini.

1. Memastikan Tubuh Tetap Fit dan Sehat

Sumber: pexels.com

Saat bersepeda, tubuh haruslah dalam kondisi yang fit. Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk bersepeda karena melihat teman-teman kamu eksisi di pinggir jalan sambil mengayuh sepedanya. Kondisi tubuh yang fit membuat bersepeda menjadi lebih bersemangat. Kamu tidak akan khawatir merasa pusing bahkan pingsan di tengah jalan.

Lain halnya jika tubuh kamu tidak fit. Sebaiknya, diam di rumah dan lakukan isolasi mandiri apalagijika kamu batuk dan demam. Kondisi tubuh yang sakit tidak hanya membuat khawatir kamu sendiri, tetapi juga orang lain. Orang akan menyangkan bahwa kamu terkena virus corona. Kebayang kan kalau tiba-tiba pingsan di tengah jalan dan tidak ada yang mau menolong? So, pastikan kamu benar-benar sehat saat akan bersepeda.

2. Menggunakan Sepeda Milik Sendiri

Sumber: pexels.com

Menggunakan barang milik sendiri lebih baik di masa pandemi seperti ini. Pasalnya, kamu sendiri yang mengetahui higienitas dari barang tersebut, sehingga kemungkinan tertular virus corona lebih kecil. Untuk itu, ini juga berlaku bagi kamu yang ingin bersepeda di masa new normal.

Namun, jika kamu tidak memiliki sepeda dan memaksakan diri untuk bersepeda, selalu bawa hand sanitizer, lap, dan disinfektan. Semprotkan disinfektan ke seluruh bagian sepeda yang kamu pinjam, dan lap sampai bersih. Pastikan kamu melakukan ini agar resiko tertular virus corona bisa diminimalisir.

3. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Sumber: pexels.com

Demi kelancaran bersepeda, pastikan kamu menggunakan pakaian yang nyaman. Gunakan baju yang adem dan bisa menyerap keringat dengan baik seperti yang terbuat dari katun, sutra, jersey, dan masih banyak lagi. Pastikan baju tersebut longgar agar pergerakan kamu lebih leluasa. Jika ada, gunakan baju atau celana yang memiliki saku berisleting. Ini tentu saja sangat berguna untuk menyimpan hand sanitizer, hp, dan barang-barang lainnya. So, kamu nggak perlu repot bawa tas.

4. Menggunakan Masker dan Menghindari Kerumunan

Sumber: pexels.com

Berkerumun tidak dianjurkan untuk saat ini karena resiko penularan lebih besar. Ini juga berlaku bagi kamu yang ingin bersepeda. Meskipun adanya pergerakan saat bersepeda, virus corona tentu saja tidak pandang bulu. Virus bisa hinggap kapan saja dan di mana saja sekalipun adanya pergerakan. Oleh karena itu, setidaknya berikan jarak beberapa meter dengan pengendara sepeda lainnya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan masker. Masker juga membantu untuk mencegah penularan virus corona saat bersepeda. Jika merasa pengap, sesekali kamu bisa membuka masker tersebut agar tidak kehabisan napas.

5. Mandi Setelah Bersepeda

Sumber: pexels.com

Kamu tidak pernah tau bakteri dan virus apa yang menempel pada baju setelah bersepeda. Oleh karena itu, kamu bisa langsung mandi, dan jangan lupa untuk segera memasukan baju ke mesin cuci. Langkah yang satu ini cukup ampuh untuk mencegah terjadinya penularan virus. Apalagi kamu pasti akan melakukan kontak dengan orang-orang rumah yang tentu saja harus dalam keadaan bersih.

Dengan mengikuti lima tips aman bersepeda di atas, setidaknya kamu tidak membuat diri sendiri maupun masyarakat resah. So, tetap patuhi protokol kesehatan demi keselamatan bersama. Jangan lupa juga untuk patuhi rambu-rambu lalu lintas, ya!

Berikan komentarmu

Related articles

 #harga sepeda lipat #sepeda lipat #tips aman bersepeda #tren bersepeda
Share di whatsapp

Pilihan editor