via haymagic.com

Tertarik Datang ke 10 Perpustakaan Paling Seram di Dunia Ini?

Spread the love

Zaman sebelum Mbah Google berjaya, perpustakaan menjadi lokasi yang paling banyak dicari untuk mendapatkan segudang pengetahuan. Suasananya yang sunyi sangat pas untuk kamu yang sedang mencari informasi atau mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah. Dibalik ragam koleksi buku pengetahuannya, perpustakaan juga “menyimpan” hal-hal yang bikin bulu kuduk berdiri. Dengan kata lain, beberapa perpustakaan dipercaya memiliki kisah mistis dan mengerikan, baik itu dari peristiwa yang terjadi di dalamnya, maupun koleksi buku yang tersimpan disana. Perpustakaan paling seram bahkan eksis di berbagai belahan dunia. Biar pengetahuan kamu makin bertambah, langsung aja simak rangkumannya perpustakaan seram di bawah ini.

1. Perpustakaan Paling Seram: Patee Library – Penn State

via listverse.com

Perpustakaan Patee menyimpan kisah mistis yang lumayan bikin bergidik. Pada 28 November 1969, seorang gadis berusia 22 tahun bernama Betsy Ruth Aardsma ditikam secara brutal sampai mati di ruang bawah tanah Perpustakaan Patee. Pelakunya masih misterius hingga saat ini, yang sebelumnya diduga tersangkanya adalah pembunuh berantai Ted Bundy dan pacarnya. Arwahnya konon gentayangan di ruang bawah tersebut. Kalaupun kamu kesana, apa nggak takut tiba-tiba dibunuh juga?

2. Perpustakaan Medis Bersejarah

via listeverse.com

Perpustakaan Medis ini terletak di Sekolah Tinggi Dokter Philadelphia yang merupakan perpustakaan medis pusat kota yang sudah berdiri sejak tahun 1788 hingga lebih dari satu setengah abad kemudian. Perpustakaan ini menjadi salah satu koleksi terpenting dari pengetahuan medis sejarah di Amerika Serikat. Dalam bangunan ini, terdapat ribuan buku dan ilustrasi yang merinci terkait prosedur medis paling mengerikan yang pernah dibayangkan oleh manusia. Misalnya, prosedur yang membuat pasien berdarah-darah hingga trepanning (pengeboran tengkorak). Jadi, kamu bakalan dibuat merinding dengan koleksi buku yag ada disana. Soal penampakan? Hmm.. cari tahu kesana langsung.

3. Perpustakaan Newberry

via listverse.com

Jika berkunjung ke perpustakaan Newberry Chicago,kamu bakal menemukan beberapa buku mantra abad ke-17, yang ditulis tangan oleh dua penyihir yang tidak diketahui namanya. “The Book of Magical Charms” berisi mantra trik bermain dadu hingga membangkitkan orang mati. Persyaratannya adalah harus menyediakan gigi orang mati. Perpustakaan ini juga menyimpan dua jilid menyeramkan lainnya: “The Commonplace Book” dan “Cases of Conscience Concerning Witchcraft”, yang terakhir ditulis oleh Increase Mather. Jika membaca buku tersebut, jangan kaget kalau tiba-tiba ada hal mistis yang terjadi. Kamu percaya itu?

4. Layanan Perpustakaan dan Informasi Alaska

via listverse.com

Di perpustakaan yang satu ini, kamu akan dikejutkan dengan replika hewan yang seolah sedang memperhatikan kamu. Perpustakaan ini memang dijadikan tempat penyimpanan kerangka hewan sungguhan, mulai dari tengkorak, gigi, bulu, dan taksidermi lainnya . Kerangka-kerangka hewan tersebut biasa dipinjamkan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, — film 2013 The Frozen Ground meminjam beberapa properti perpustakaan tersebut untuk desain set ruang bawah tanah seorang pembunuh berantai.

5. Perpustakaan Paling Seram: Thomas Fisher Rare Book

via listverse.com

Kengerian dari perpustakaan ini adalah koleksi bukunya yang didominasi aneka jenis monster. Mulai dari naga hingga basilisk hingga manticore. Perpustakaan ini berfokus pada manuskrip tentang binatang yang tidak diketahui asalnya. Yang lebih menakutkan adalah ilustrasi nyata dari cryptids yang aneh dan tidak biasa, seperti suku manusia dengan kepala anjing, yang ditemukan di Cosmographia edisi perpustakaan tahun 1559. Selain itu, ada juga monster fiksi terkenal di sini, termasuk salinan Frankenstein tahun 1882 dengan sampul buku berupa monster Shelley yang sangat menyeramkan, dengan perawakan yang kurus dan tinggi. Cerita-cerita monster disini bikin kamu auto bergidik!

6. Perpustakaan Boneka New York

via Augustin Pasquet

Perpustakaan ini akan terlihat begitu menyenangkan jika dilihat pada siang hari. Namun, kamu bakal merinding jika melihatna pada malam hari.
Perpustakaan Boneka New York, yang terletak di Brooklyn College, menyimpan hampir 100 boneka yang tidak biasa, yang beberapa diantaranya berukuran sangat besar. Tidak sedikit pengunjung yang kaget dengan keberadaan perpustakaan ini. Yang lebih megerikannya, boneka ini disimpan di ketinggian setinggi 20 kaki. Siapa pun yang ingin meminjamnya diharuskan memanjat tangga ke langit-langit. Boneka-boneka tersebut terlihat menyeramkan, apalagi kalau kamu melihat matanya. Kayak hidup!

7. Perpustakaan Paling Seram: University of Southern Denmark

via listverse.com

Universitas yang satu ini setidaknya menyimpan tiga buku langka yang berasal dari abad 16 dan 17. Menariknya, sampul-sampul buku tersebut diberi “racun” yang biasanya digunakan pada abad ke-19 untuk menciptakan warna “Paris Green” yang digunakan untuk wallpaper atau warna pakaian. Khusus sampul buku tersebut, warna zat tersebut digunakan sebagai pestisida untuk melindungi manuskrip dari serangga. Keracunan arsenik dapat menyebabkan penyakit mulai dari mual, kanker hingga kematian. Sayangnya, toksisitas arsenik bersifat permanen, sehingga bisa membahayakan kesehatan manusia. Buku-buku tersebut tentu saja tidak bisa dipegang sembarangan dan kini disimpan dalam kotak pelindung khusus.

8. Pusat Penelitian Conjuring Arts

via listverse.com

Saat mendengar nama “Conjuring”, yang terbesit adalah film horor dengan karakter hantunya yang sangat menyeramkan. Namun, bangunan ini tentu saja bukan berisi tentang hantu-hantu yang mengerikan. Conjuring Arts Research Center yang terletak di tengah kota Manhattan ini mengoleksi ratusan buku tentang sihir panggung, yang beberapa diantaranya berasal dari tahun 1700-an. Selain buku-buku tebal, perpustakaan ini juga menyimpan potongan-potongan alat besar mesin panggung mekanis yang dulunya sem[at membuat para penonton takjub. Membca koleksi buku-buku tersebut bisa membuat pikiran kamu traveling ke dunia sihir.

9. Perpustakaan Senjata Keliling

via listverse.com

Perpustakaan senjata keliling terbilang ‘mengerikan’ karen amembawa buku-buku dengan tangki besar. Perpustakaan ini merupakan ide seorang seniman bernama Raul Lemesoff yang mana tangki tersebut akan berkeliling di jalanan Argentina dengan julukan “Senjata Instruksi Massal”. Jenis tank tersebut adalah Ford Falcon 1970 yang dimodifikasi hingga bisa menampung 900 buku sekaligus. Namun. tank tersebut tidak jarang membuat warga takut akibat siluetnya yang tidak menyenangkan itu muncul di tikungan.

10. Perpustakaan Umum Nassau

via listverse.com

Perpustakaan Umum Nassau merupakan perpustakaan tertua di Bahama yang menyimpan artefak Arawak (masyarakat adat Amerika Selatan dan Karibia) yang unik, koleksi cetakan bersejarah, dokumen kolonial, dan koran bekas. Disana juga terdapat ruang baca dan museum di properti. Bangunan segi delapan yang unik ini awalnya dibangun oleh Joseph Eveas pada tahun 1797 yang difungsikan sebagai rumah kerja pemasyarakatan (penjara). Ruang bawah tanahnya digunakan untuk menampung tahanan pada dua ratus tahun yang lalu. Saking seramnya, ruang bawah tanah NPL itu dikenal dengan sebutan “The Dungeon”.

Berikan komentarmu