Teriakan Seram Sampai Pesugihan di 10 Stasiun Kereta Berhantu

Spread the love

Kereta menjadi salah satu alat transportasi darat yang nyaman untuk bepergian antar kota maupun daerah. Kita cukup menunggu di stasiun tanpa harus kepanasan dan bisa sambil bersantai lebih dulu. Ngomongin tentang stasiun kereta, ternyata ada beberapa diantaranya yang punya cerita horor. Kita bisa saja tertipu dengan penampakan luarnya yang terlihat mewah, padahal dibaliknya ada kisah-kisah tragis yang membuat tempat tersebut terkesan seram. Bagi kamu yang suka traveling atau bepergian naik kereta, intip aja dulu rangkuman sepuluh stasiun kereta berhantu di bawah ini. Bukan mau nakutin, minimal kita tahu sejarah kelam dibaliknya, dimana kita juga bisa sekaligus menghormati mitos-mitos yang ada di sana.

1. Stasiun Kereta Berhantu Purwakarta

Stasiun Purwakarta menjadi saksi bisu saat peristiwa perjuangan Indonesia. Stasiun yang satu ini sudah beroperasi sejak era penjajahan Belanda dan diresmikan pada tanggal 27 Desember 1902. Stasiun Purwakarta sampai saat ini masih beroperasi. Namun, tempat pemberhentian ini konon menyimpan sejumlah misteri yang sesekali membuat penumpang bergidik. Disini, seringkali kedapatan mahluk tak kasat mata yang menyeramkan. Belum lagi penampakan-penampakan di gerbong-gerbong tertentu yang menjadi saksi bisu kecelakaan tragis. Kalau kamu berkesempatan naik kereta dari Stasiun Purwakarta, coba aja perhatiin di sekitarnya. Adakah makhluk ghaib yang diam-diam merhatiin?

2. Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai juga terkenal dengan kesan angkernya. Katanya, suasana merinding baru bisa dirasakan pada malam hari, tepatnya pukul 23:00 WIB. Di jam-jam tersebut, nggak sedikit warga yang bersaksi pernah mendengar suara teriakan misterius. Ditambah lagi adanya penampakan mengerikan yang bisa bikin siapa aja takut berlama-lama menunggu di stasiun. Selain dua peristiwa horor tersebut, beberapa penumpang juga mengaku pernah melihat penampakan sosok anak kecil yang berlari-lari di tengah rel. Kejadian tersebut selalu terjadi pada malam hari. Kejanggalan-kejanggalan tersebut dipercaya berasal dari penunggu-penunggu gerbong tua yang disimpan di sana.

3. Stasiun Sedayu

Stasiun Sedayu Yogyakarta juga sering bikin penumpang merasakan uji nyali. Stasiun yang sudah tidak beroperasi ini dulunya terkenal angker, yaitu dipercaya menjadi sarang makhluk-makhluk astral yang mengerikan. Bahkan, warga setempat seringkali mendapati stasiun tersebut beroperasi pada malam hari. Apalagi kalau bukan suara-suara aktivitas manusia, suara bel kereta, bunyi peluit petugas, dan bunyi keluar masuk penumpang dari kereta tersebut.
Masyarakat percaya bahwa aktivitas ghaib tersebut berasal dari arwah kompeni Belanda. Katanya, penampakan Noni Belanda juga sering ada di stasiun ini.

4. Stasiun Kereta Berhantu Kaliwedi

Stasiun Kaliwedi biasa menjadi pemberhentian kereta saat kita liburan ke Cirebo. Bangunan ini dulunya dibangun tidak terlalu megah, namun selalu ramai penumpang yang akan melakukan perjalanan. Stasiun Kaliwedi kini sudah tidak beroperasi dan menyisakan cerita yang tidak menyenangkan. Apalagi kalau bukan hal-hal mistis yang seringkali menghantui siapa saja yang melewati stasiun tersebut.

Sejak non aktif, stasiun ini dipercaya sebagai tempat bermukimnya makhluk-makhluk astral yang jahat. Mereka katanya sangat benci kalau ada manusia di sekitarnya, apalagi kalau sampau ada yang melakukan uji nyali. Cerita yang nggak kalah seramnya adalah stasiun ini dijadikan tempat pesugihan. Untuk itu, tumbalnya biasanya dambil dari mereka yang tewas akibat kecelakaan di area stasiun ini.

5. Stasiun Kereta Berhantu Ketanggungan Barat

Jika dilihat sekilas, Stasiun Ketanggungan Barat di Brebes ini jauh dari kesan angker. Namun, ternyata ada kisah kelam dibaliknya, yang mana stasiun ini menjadi saksi bisu atas peristiwa tragis beberapa tahun silam.  Dulu, sempat terjadi kecelakaan kereta api hingga menelan kurang lebih 45 korban jiwa. Sejak tragedi mengenaskan tersebut, stasiun ini mulai memberikan kesan angker. Katanya, penumpang kini sering mencium bau darah seperti baru saja terjadi kecelakaan. Selain itu, mereka juga sering mendengar suara teriakan misterius seolah meminta pertolongan.

6. Stasiun Subway Caobao Road, China

Selain di Indonesia, stasiun di luar negeri juga ternyata menyimpan kisah-kisah horor. Sebut saja di Stasiun Subway Caobao Road yang terletak di Distrik Xuhui. Katanya, stasiun ini menjadi yang paling seram setelah pengunjung sering ditampakan oleh makhluk-makhluk astral bahkan mengalami serangan-serangan misterius. Bahkan, sejauh ini sudah ada sembilan kematian misteriusdi Stasiun Subway Caobao Road ini.

Salah satunya adalah kisah seorang pria tewas akibat dipukul saat menunggu di stasiun tersebut. Para saksi menyatakan kalau ia seperti disorong oleh makhluk tak kasat mata dan akhirnya jatuh ke perlintasan. Akibat banyaknya peristwa ganjil di stasiunini, mulai dari makhluk astral hingga kerusakan tak masuk akal pada kereta, manajer stasiun tersebut tidak mau mengunjungi stasiun tersebut.

Baca juga artikel menarik lainnya:

7. Stasiun Waterfront, Kanada

Stasiun Waterfront di Gastown juga menjadi tempat pemberhentian kereta yang menyimpan kisah mistis. Penjaga stasiun seringkali dibuat bergidik dengan aktivitas ganjil di sekitar stasiun tersebut. Mulai dari penampakan hantu pegawai yang sering gentayangan di sekitar rel kereta, penampakan sosok wanita bergaun flapper gaya 1920-an, suara musik jazz, dan masih banyak lagi. Selain itu, seorang pejaga stasiunjuga pernah mengalami kejadian mistis saat menjalankan tugas malam. Lantas, ia berpatroli ke ruang penyimpanan yang berada di ujung timur stasiun.

Saat memasuki ruangan tersebut, tiba-tiba meja yang ada disana terdengar bergeser. Saat penjaga stasiun itu membalikan badan, betapa kagetnya kalau meja-meja tersebut ternyata bergeser ke arah pintu sehingga menghalangi jalan keluarnya. Akhirnya ia memanjat meja dan berlari terbirit-birit dari ruang penyimpanan.

8. Stasiun Kereta Berhantu Begunkodor, India

Stasiun kereta api Begunkodor India ini sempat non aktif pada tahun 1967. ini disebut-sebut akibat peristiwa tewasnya seorang staf, setelah melihat hantu perempuan berbalut kain sari (baju khas India) putih. Perempuan tersebut katanya bergentayangan di sepanjang stasiun, dan membuat staf stasiun tersebut kaget. Pada akhirnya, stasiunin idibuka kembali untuk umum. Sosok terpandang di wilayah tersebut, Mamta Banerjee, menyatakan kalau peristiwa yang terjadi di stasiun tersebut hanyalah sebuah kecelakaan. Ia tidak percaya dengan adanya hantu.

9. Stasiun Metro Pantheon, Meksiko

Stasiun Metro Panteon yang berlokasi di distrik Colonia Argentina sempat membuat penumpangnya tidak nyaman akibat peristiwa mistis di area tersebut. Stasiun yang berdekatan dengan dua kuburan tua tersebut sering menunjukan aktivtas ganjil, beberapa diantaranya adalah suara jeritan dan ketukan keras di terowongan antara stasiun Tacuba dan Panteones Station. Para pekerja juga mengaku sering melihat penampakan di terowongan, tapi langsung menghilang begitu saja saat didekati.

10. Stasiun Carlisle, Inggris

Yang terakhir adalah stasiun kereta berhantu yang ada di Carlisle Station, Cumbria, Carlisle, Inggris. Konon, disini sering terjadi aktivitas-aktivitas mistis, yang pada akhirnya paranormal pun didatangkan. Adapun aktivitas-aktivitas seram yang terjadi disini, mulai dari suara misterius, suara tendangan, dan suara benda-benda yang terlempar begitu saja. Selain itu, ada juga pengunjung yang melaporkan kalau ia melihat penampakan menakutkan seorang wanita berkerudung di terowongan. 

Berikan komentarmu