Share this
Share

7 shares

8 Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock n Roll

21 September 2017

Dunia hiburan biasanya memang tak luput dari pemberitaan aneh-aneh. Sepertinya penggemar musik rock pada umumnya selalu ingin percaya hal yang sebenarnya tidak nyata. Gaya hidup dunia musik yang nampak liar dan tak terkendali mungkin yang menjadi alasan utama mengapa rock ‘n roll selalu menjadi ladang ranjau mitos dan teori konspirasi.

Teori konspirasi dalam dunia musik

Dalam daftar kali ini, cerpin.com menemukan beberapa penggalan kisah nyata di balik beberapa rumor paling aneh dan gila yang menyelimuti dunia rock n’ roll.

1. Jack White dan Meg White (White Stripes) adalah kakak beradik

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock n Roll

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock N Roll Cerpin Com 1

Isu ini sebenarnya dibuat sendiri oleh si Jack White, yang pernah mengklaim bahwa dia dan Meg White adalah bersaudara di awal-awal band The White Stripes berdiri. Namun faktanya, Jack White dan Meg White tidak ada hubungan darah sama sekali.

Mereka menikah untuk beberapa tahun, kemudian bercerai. Jack yang memiliki nama asli Jack Gilis, setelah menikah ia mengambil nama belakangnya Meg, menjadi Jack White. Meg White pernah diinterview setelah mereka bercerai dengan penggalan kalimatnya mengatakan, “Saya mencintai Jack White seperti adik sendiri”, sayangnya banyak orang yang percaya kalau mereka itu adik kakak karena ini. Sepertinya mereka hanya orang yang berasal dari dunia hiburan dan suka membuat lelucon untuk mempermainkan media bahkan fansnya sendiri.

2. Nama band 311 berasal dari Ku Klux Klan

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock n Roll

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock N Roll Cerpin Com 2

Banyak rumor yang beredar kalau Band 311 itu bisa diartikan sebagai KKK, karena “K” adalah alfabet ke 11. 3+11 adalah sama dengan, 3xK, yang juga berarti KKK atau singkatan dari Ku Klux Klan.

Rumor ini pertama kali berkembang di tahun 90an, di awal masa2 band ini berdiri. Namun sampai sekarang belum ada bukti yang kredibel dapat menghubungkan 311 dengan KKK. Nama band 311 sendiri asalnya adalah sebuah kode polisi yang ada di Omaha, Nebraska, karena band 311 juga berasal dari sana. Mereka memilih nama itu setelah gitaris asli mereka pernah ditangkap polisi karena kegiatan vandalism.

3. Gene Simmons dari KISS pernah operasi lidah

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock n Roll

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock N Roll Cerpin Com 3

Vokalis dan bassist dari band KISS, Gene Simmons terkenal dengan gayanya yang suka memainkan lidah di panggung. Mitos yang beredar adalah kalau ia pernah melakukan operasi lidah menggunakan lidah sapi dan menyambungkan ke lidahnya supaya lebih panjang. KISS terkenal di tahun 70an, dan anak-anak muda di era itu juga melakukan observasi, mereka percaya kalau tak ada manusia yang memiliki lidah sepanjang itu tanpa adanya operasi tambahan. Namun faktanya kalau Gene Simmons agaknya memang memiliki lidah yang tak normal, jadi belum bisa dibuktikan kebenaran mitos tersebut.

Lagipula di tahun 70an waktu itu, alat medis untuk kebutuhan pencangkokan tubuh hewan ke tubuh manusia belum terlalu secanggih sekarang. Entah darimana asal usul mitos tersebut, bisa jadi itu berasal dari para fans yang kebanyakan mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol.

4. Lady Gaga katanya seorang hermaphrodite

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock n Roll

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock N Roll Cerpin Com 4

Setiap orang terkenal, pada titik tertentu, pasti akan menjadi sebuah sasaran kebencian. Semakin misterius kehidupan pribadi mereka bagi publik, semakin liar rumor tersebut. Ketika Lady Gaga masuk ke dunia musik dengan lagu “Just Dance” tahun 2008, gaya unik dan kepribadiannya yang menawan memberikannya rumor-rumor aneh yang ditujukan pada dirinya. Salah satu rumor tersebut mengatakan kalau Lady Gaga adalah hermaprodit atau seseorang yang memiliki pengertian buruk dalam hal seksual, bisa juga diartikan sebagai banci.

Kecintaannya dengan budaya kaum gay dan gaya panggung nyentrik yang keterlaluan menambah lebih banyak rumor-rumor aneh yang beredar. Lady Gaga melakukan jumpa pers bahwa ia dilahirkan sebagai perempuan. Namun rumor aneh ini masih saja terus berlanjut sampai sekarang. Still a mystery.

5. Michael Jackson hanya operasi plastik 2 kali dalam hidupnya

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock n Roll

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock N Roll Cerpin Com 5

Bagian paling lucu dari mitos ini adalah bahwa penggemar Michael Jackson sendiri percaya dengan berita ini. Sebenarnya orang-orang cenderung percaya apa yang idola mereka katakan. Michael Jackson mengatakannya sendiri di acara Oprah pada tahun 1992, dan di acara Martin Bashir pada tahun 2003, bahwa dia hanya memiliki dua operasi plastik di hidungnya dan operasi plastik konstruktif di kulit kepalanya setelah luka bakar yang dideritanya.

Jika kita memperhatikan hidung Michael saat album debutnya Off the Wall dan kemudian memeriksanya lagi di album Thriller dan seterusnya sampai tahun 2001 di album Invincible, kamu akan melihat bahwa ia memiliki hidung yang berbeda untuk setiap album, yang berarti bahwa ia mungkin terus memiliki operasi selama masa itu.

6. Paul McCartney yang asli sudah meninggal

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock n Roll

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock N Roll Cerpin Com 6

Ada yang mengatakan kalau Sir Paul McCartney yang kita tahu sekarang sebenarnya adalah palsu dan orang aslinya sudah meninggal karena kecelakaan di tahun 1966. Berita ini dimulai dengan laporan yang diberikan ke stasiun radio. Semuanya dimulai pada tanggal 12 Oktober 1969, ketika Russ Gibb, seorang DJ untuk stasiun bawah tanah Detroit WKNR-FM, menerima telepon dari seorang pria bernama “Tom” yang mengklaim bahwa beberapa rekaman The Beatles berisi petunjuk tersembunyi yang menunjukkan bahwa sebenarnya Paul McCartney telah meninggal.

Rumor itu pun sempat terkenal dan orang-orang percaya-percaya saja ditambah lagi dibutuhkan waktu lama untuk Paul McCartney untuk angkat suara dan menolaknya. Sampai akhirnya Paul McCartney sendiri harus meyakinkan penggemarnya bahwa dia masih hidup. Dalam sebuah wawancara eksklusif tahun 1969 dengan majalah Life dia menyatakan dan mengutip sebauh quote dari Mark Twain, “Rumor tentang kematian saya telah sangat dibesar-besarkan. Namun, jika saya sudah meninggal, saya yakin saya menjadi yang terakhir tahu”.

Dia juga menawarkan sejumlah penjelasan untuk petunjuk misterius tersebut. Syukurlah, ternyata itu memang berita hoax.

7. Jim Morrison masih hidup

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock n Roll

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock N Roll Cerpin Com 7

Di zaman sekarang ini masih ada saja orang-orang yang percaya teori konspirasi fake death, atau kematian yang dipalsukan. Dalam dunia musik pun juga begitu, ada yang percaya bahwa Jim Morrison masih hidup dan beberapa saksi melihatnya di toko swalayan, restoran dan di tempat-tempat terbuka di seluruh dunia.

Beberapa fans yang fanatik bahkan tidak percaya bahwa jasadnya Morrison terkubur di kuburannya di pemakaman Paris seperti yang diketahui selama ini. Penyebab resmi kematian Morrison tercatat sebagai serangan jantung diyakini oleh banyak orang sebagai obat terlarang pada tahun 1971. Salah satu teori konspirasi bahkan telah menghasilkan sebuah video dan mengklaim bahwa Morrison saat ini memang masih hidup dan menjalani kehidupan seperti koboi.

Orang-orang yang telah melihat video tersebut mengatakan bahwa pria di dalamnya tidak memiliki kemiripan dengan Morrison. Selain fakta bahwa banyak lirik lagunya memiliki tema mistis, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kematiannya telah dipalsukan. Sebenarnya, ada beberapa pertanyaan yang tidak terjawab dan banyak kebetulan mengenai kematiannya yang mendadak dan tidak masuk akal. Namun legenda Jim Morrison akan hidup selamanya. Beberapa hal memang terlalu bagus untuk bisa dilupakan.

8. Kurt Cobain dibunuh istrinya sendiri, Courtney Love

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock n Roll

Teori Konspirasi Yang Menyelimuti Dunia Rock N Roll Cerpin Com 8

Hardcore fansnya Nirvana mungkin masih tak percaya kalau Kurt Cobain bunuh diri. Kalau kita lihat lagi sejarah kehidupannya, Kurt berjuang sepanjang hidupnya dengan gangguan bipolar dan kecanduan narkoba dan dia mencoba bunuh diri beberapa kali sebelumnya. Ada banyak pertanyaan yang tidak terjawab mengenai kematiannya.

Penyelidik swasta California Tom Grant berpendapat bahwa tubuh Kurt telah diuji tiga kali dengan jumlah heroin yang mematikan, menunjukkan bahwa luka tembak tambahan yang dilakukan sendiri tidak mungkin dilakukan dengan kondisi seperti itu. Grant juga percaya bahwa istrinya Cobain, Courtney Love terlibat dalam pembunuhan Kurt Cobain, namun tidak ada bukti untuk mendukung klaimnya ini. Dan untuk kasusnya Kurt ini sendiri, sebenarnya masih banyak perdebatan dan menyisakan misteri.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #kurt cobain #musik #nirvana
Share

Pilihan editor