Share this
Share

shares

7 Tempat Wisata Peninggalan Belanda Yang Angker Namun Instagramable

13 July 2019

Berwisata ke tempat-tempat yang memiliki sejarah selalu menarik, terutama bangunan atau Kawasan peninggalan Belanda. Tidak hanya bisa mengenang sejarah perjuangan bangsa, kita juga bisa menikmati keindahan arsitektur tempo dulu. Bangunan-bangunan belanda memiliki kekhasan yang membuatnya bisa dengan mudah dibedakan dengan bangunan asli Indonesia.

Tak jarang keunikan ini dimanfaatkan oleh para warganet untuk berswafoto dan mengunggahnya ke media sosial Instagram. Berikut ini beberapa tempat wisata peninggalan Belanda yang menjadi favorit warganet karena bisa membuat tampilan Instagram mereka tampak bagus:

1. Fort Rotterdam Makassar

Tempat Wisata Peninggalan Belanda Yang Angker Namun Instagramable

Alamat: Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang
Jam buka: 06.00-18.00
HTM: gratis

Tak hanya pantai Losari yang wajib dikunjungi saat pergi ke Makassar. Di dekatnya ada Fort Rotterdam yang memiliki udara sejuk dan pemandangan indah. Tak heran jika banyak pengunjung yang mengambil foto di Kawasan tersebut lalu mengunggahnya di media sosial seperti Instagram. Untuk masuk benteng, tidak ada pungutan biaya, kecuali kita ingin masuk ke museum La Galigo dan melihat peninggalan VOC. Usai puas berswafoto dan mempelajari sejarah, kita bisa menikmati kuliner hasil laut yang ada di depan Kawasan ini.

2. Benteng Pendem Ambarawa

Tempat Wisata Peninggalan Belanda Yang Angker Namun Instagramable

Alamat: Bugisari, Lodoyong
Jam buka: 08.00-17.00
HTM: 5 ribu/ orang

Lokasinya berada di dekat RSUD Ambarawa dan dikelola oleh masyarakat sekitar. Jika menggunakan mobil, jalan masuknya cukup kecil karena hanya muat untuk satu mobil. Jadi lebih nyaman jika masuk ke sana menggunakan motor. Meski beberapa bagian tampak tidak terawat, bangunan kuno ini tetap tampak megah. Nuansa abad 18-19an kental terlihat di sini. Kemegahan bangunan ini membuat beberapa muda-mudi memilihnya sebagai tempat pengambilan foto pra-wedding ataupun sekedar berswafoto untuk diunggah ke media sosial.

3. Bukit Kuneer Malang

Tempat Wisata Peninggalan Belanda Yang Angker Namun Instagramable

Alamat: Jalan lereng Arjuno No.65153, Kreweh, Gunungrejo, Kec. Singosari
Jam buka: 07.00-16.00
HTM: 14.500/ orang

Kawasan wisata ini masuk dalam area Agro Wisata Kebun Teh Wonosari Lawang Malang. Setelah membayar tiket di pintu masuk Kebun The Wonosari, kita tidak perlu membayar lagi untuk sampai di Bukit Kuneer. Perjalanan mencapai bukit ini cukup menantang karena melalui jalan yang menanjak sekitar 1,5 km. Kalau tidak ingin berjalan, kita bisa menggunakan motor atau mobil dengan biaya 20 ribu rupiah per orang. Di Kawasan Bukit Kuneer terdapat jembatan yang berada di tengah dedaunan teh yang hijau, untuk naik ke sana kita harus membayar 5 ribu rupiah. Kebun Kuneer cocok untuk kita yang ingin feed Instagramnya terlihat alami.

4. Kawasan Jalan Ijen, Malang

Tempat Wisata Peninggalan Belanda Yang Angker Namun Instagramable

Masih di Malang, salah satu ikon bersejarah Kota Malang yang juga cantik untuk berswafoto adalah Kawasan Jalan Ijen. Bangunan-bangunan kuno peninggalan Belanda banyak ditemui di sini. Dulunya di zaman Belanda, kawasan ini menjadi tempat tinggal kalangan elit Eropa. Hampir semua fasilitas public bisa dinikmati di Jalan Ijen. Sebut saja gereja katedral, sekolah, pasar, dan lapangan pacuan kuda. Semua bangunan itu tampak menarik menjadi latar belakang pemotretan. Spot yang paling favorit untuk berfoto selain gedung-gedungnya adalah jalan kembar dengan taman di tengahnya.

5. Villa Isola, Bandung

tempat angker Villa Isola, Bandung

Alamat: Rektorat UPI/ Gedung Isola, Sukasari
Jam buka: 08.00-18.00

Bangunan ini sekarang sudah menjadi Gedung rektorat UPI, namun masih sering dikunjungi sebagai kawasan wisata. Di belakangnya ada Taman Bareti (nama pemilik villa ini di zaman Belanda) yang memiliki kolam-kolam dan tangga-tangga. Sementara di depannya ad ataman Partere UPI. Arsitektur bangunan ini sangat menakjubkan, suasana di sekelilingnya juga sangat asri dan teduh. Pemandangan dari dalam maupun luar gedung, sama indahnya. Inilah alasan kenapa banyak yang memilih untuk mengambil foto pra wedding di sekitar gedung ini. Selain mendapatkan foto yang bagus, pikiran juga terasa segar setelah menikmati pemandangan sejuk di Villa Isola.

6. Lawang Sewu, Semarang

tempat angker Lawang Sewu, Semarang

Alamat: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah,
Jam buka: 07.00 – 21.00
HTM: 10 ribu/ orang

Tempat ini tentu sudah tidak asing lagi, Lawang Sewu sudah terkenal keindahannya untuk menjadi latar belakang pemotretan. Arsitekturnya sangat unik, jadi tidak heran kalau Lawang Sewu juga menjadi ikon Kota Semarang. Rasanya ada yang kurang kalau ke Semarang tapi belum pernah ke Lawang Sewu. Letaknya juga strategis dan mudah dijangkau karena berada di pusat kota. Dulunya tempat ini adalah kantor kereta api swasta milik Belanda, jadi banyak sekali jendela atua pintu di gedung ini. Jika ingin mengambil foto, disarankan untuk datang di hari kerja karena di akhir pekan ada ada banyak pengunjung yang bisa jadi membuat foto kita kurang sempurna.

Dari enam tempat itu, manakah yang sudah pernah kamu datangi?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #ambarawa #angker #bandung #belanda #instagramable #malang #peninggalan #semarang #wisata
Share

Pilihan editor