Share this
Share

6 shares

13 Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

18 March 2018

Tempat paling aneh dan misterius di bumi

Sebuah pantai yang tenang dipenuhi plankton bercahaya, bersinar seperti bintang-bintang yang ada di air. Ada pula sebuah danau yang berwarna pink yang tidak akan kita duga seperti di dalam negeri dongeng. Dan ada juga sebuah pulau yang dipenuhi dengan kucing yang tak terhitung jumlahnya. Selain itu ada gambar sketsa raksasa yang ditinggalkan oleh seniman yang tidak dikenal. Semuanya adalah tempat paling aneh dan misterius di bumi.

Sebuah tempat yang kedengarannya aneh dan asing di teling kita mungkin akan terdengar seperti karya fiksi ilmiah. Tapi tempat-tempat itu secara geologis dan alami memang benar-benar ada.

Tanpa kita sadari, ada begitu banyak tempat aneh di bumi ini. Hal tersebut akan menjadi pengingat untuk manusia bahwa bumi yang kita tinggali sesungguhnya lebih besar dari yang kita duga.

1. Puerto Mosquito, Puerto Rico

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Tidak ada secantik dan seindah cahaya bintang di air yang ada di Puerto Rico ini. Tempat ini dinamakan Puerto Mosquito, dikatakan karena cahaya yang bersinar seolah seperti kumpulan nyamuk yang bersinar. Namun air memiliki cahaya biru ini sebenarnya adalah penuh dengan plankton bioluminesen yang bisa menciptakan cahaya mereka sendiri.

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Terletak di pantai selatan Vieques, sebuah pulau kecil di lepas pantai timur Puerto Riko. Puerto Mosquito telah menjadi daya tarik wisata internasional untuk sebuah pertunjukan cahaya alami yang menakjubkan. Tempat ini adalah pantai dengan plankton bioluminescent paling terang di dunia.

2. Giant’s Causeway, Irlandia Utara

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Pantai Irlandia Utara adalah rumah bagi salah satu garis pantai yang paling unik di dunia. Giant’s Causeway dianggap sebagai keajaiban sejati dan tidak sulit untuk mengetahui alasannya. Situs ini juga salah satu tempat paling aneh, terdiri dari 40.000 bebatuan berbentuk segi enam yang terbuat dari basal. Dan yang lebih aneh lagi, formasinya terjadi secara alami. Bebatuan itu berusia kira-kira 60 juta tahun, dan merupakan hasil aktivitas dari vulkanik di zaman dahulu.

Adapun namanya berasal dari legenda lokal Irlandia. Menurut mitosnya, raksasa membangun jalan lintas untuk menyeberang laut ke Skotlandia, dari situlah asal mula tempat ini dinamakan Giant’s Causeway.

3. Danau Hillier, Australia

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Danau Hillier, yang terletak di Australia Barat, tidak seperti danau pada umumnya. Danau ini tidak begitu besar luasnya tapi sulit untuk dilewatkan. Danau unik ini memiliki warna pink cerah seperti kolam susu strawberry. Ilmuwan percaya bahwa warna berasal dari jenis tumbuhan alga tertentu yang berada di danau, namun ini belum terbukti secara pasti.

Danau itu baru ditemukan orang di tahun 1802, tapi sebenarnya bukan satu-satunya danau merah muda di dunia. Meskipun memungkinkan untuk berenang di danau ini tanpa efek buruk, pemerintah setempat masih melarang wisatawan berkunjung karena masih dalam penelitian.

4. Tianzi Mountains, China

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Kalau kita menggambar gunung, kemungkinan tidak akan ada di benak kita pemandangan seperti pegunungan Tianzi. Tempat ini adalah kumpulan pilar yang menakjubkan di provinsi Hunan di China. Tianzi Mountains adalah bangunan alami sejak zaman dahulu yang masih tersisa.

Pengunjung bisa naik cable car atau gantole yang melalui puncak yang indah. Tempat yang penuh inspirasi ini memang sudah mengilhami banyak seniman film, termasuk sutradara James Cameron, yang meniru Pandora di film Avatar setelah datang ke Pegunungan Tianzi.

5. Fly Geyser, Nevada, USA

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Fly Geyser yang terletak di Nevada, adalah tempat yang terjadi secara tidak sengaja di tahun 1964 setelah proses pengeboran termal yang gagal. Air yang telah dipanaskan di perut bumi telah keluar dari lubang bor sejak saat itu, dan mineral di dalam air telah menciptakan kerak kalsium karbonat dari geyser dengan bentuk unik. Sementara warna merah dan hijau berasal dari tumbuhan alga yang telah beradaptasi untuk bertahan di lingkungan ini.

Meskipun geyser ini kelihatan unik dan indah, sayang sekali untuk melihatnya sangat terbatas. Tempat ini sebenarnya adalah property pribadi dan ditutup untuk umum, kecuali beberapa tur kecil.

6. Nazca Lines, Peru

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Garis Nazca Peru adalah salah satu misteri besar dunia dan juga termasuk tempat paling aneh. Karena fenomena ini sudah melahirkan teori yang melibatkan segala sesuatu mulai dari ritual suci sampai tanda-tanda alien. Nazca Lines adalah sebuah geoglyph yang diperkirakan berusia 2.000 tahun dan dibangun oleh orang-orang Nazca asli di Peru. Bentuknya berkisar dari pola geometris hingga gambar rinci tentang satwa liar setempat seperti laba-laba dan monyet.

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Tidak ada yang tahu pasti mengapa suku Nazca membangun geoglyph ini, namun teori utamanya adalah bahwa mereka membuatnya sebagai bentuk doa kepada para dewa untuk meminta hujan.

7. Easter Island, Chili

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Pulau terpencil memang menyimpan misteri, tak terkecuali seperti Pulau Paskah ini. Terletak di Samudra Pasifik di wilayah Chili, memiliki pantai berpasir merah muda dan dataran yang berbukit, dan patung raksasa yang misterius.

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Ada hampir 900 patung di pulau ini, disebut sebagai patung moai, hampir menghiasi seluruh pulau. Patung-patung ini diyakini telah dibuat antara tahun 1100 dan 1500 M oleh orang-orang lokal bernama Rapa Nui. Mungkin untuk orang yang belum tahu mengira kalau patung ini hanya seperti hiasan yang berbentuk kepala, namun para arkeolog menemukan bahwa setiap satu patung memiliki mayat yang terkubur di bawah tanahnya. Jadi pulau paskah adalah pulau kuburan?!

8. Dead Sea, Yordania

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Dead Sea atau laut mati dikenal sebagai Laut Asin. Sebuah perairan yang bersejarah ini dapat ditemukan antara Israel dan Yordania. Ketinggiannya yang unik di bawah permukaan laut membuatnya menjadi titik terendah di bumi dan perairan ini penuh dengan sedimen dalam jumlah besar seperti serpih, tanah liat, batu pasir, garam batu, dan gypsum. Danau ini juga penuh dengan bahan kimia keras dan memiliki kandungan garam yang sangat tinggi, sehingga kalau orang yang berenang disini tidak perlu takut tenggelam.

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Namun sayangnya, Laut mati telah perlahan-lahan menyusut selama beberapa dekade karena airnya telah disedot oleh Israel untuk reklamasi. Apalagi dengan hanya sedikit curah hujan di belahan dunia itu, laut mati kini telah berkurang secara drastis setiap tahunnya. Tak lama kemudian laut mati ini mungkin akan benar-benar mati.

9. Chocolate Hills, Filipina

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Tempat yang sangat bagus untuk berpetualang di Asia. Pulau Bohol di Filipina isinya adalah pemandangan aneh yang menakjubkan, ada lebih dari 1.000 gundukan tanah yang dikenal sebagai Bukit Coklat. Perbukitan ini menutupi area yang sangat luas di pulau itu, dan merupakan salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi di Filipina.

Nama yang tidak biasa dari bukit itu berasal dari warna mereka. Selama musim kemarau, rumput di sini mengering dan memberi mereka rona coklat. Bukit-bukit coklat itu diyakini telah terbentuk oleh endapan karang yang dibawa ke permukaan bumi beberapa ribu tahun yang lalu.

10. Salinas Grandes, Argentina

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Kalau kalian menebak gambar di atas adalah tempat yang dingin yang bersalju, kalian salah. Namanya adalah Salinas Grandes, dikenal sebagai dataran garam. Tempat ini adalah daerah luas yang benar-benar tertutup garam yang mengkristal. Lebih dari 3000 KM dengan hamparan garam yang tersebar. Meskipun bukan dataran garam yang terluas di dunia, namun tempat ini sangat unik dengan garam yang mengkristal menjadikannya seperti timbunan salju.

11. Spotted Lake, Kanada

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Sebuah danau yang terletak di Kanada karena memiliki pola polkadot yang khas. Setiap musim panas, Spotted Lake perlahan menguap untuk membentuk lubang-lubang di permukaannya. Kalau dari jauh memang kelihatan seperti tempat paling aneh di sebuah dataran di Kanada.

Pola ini merupakan hasil konsentrasi mineral yang ada di dalam danau. Air di danau ini juga banyak mengandung garam dan sangat asin, tidak pernah tercampur dengan air sungai atau manapun. Setiap lubang di permukaan danau ini bisa memiliki warna yang berbeda berdasarkan mineral yang ada di dalamnya, sehingga pemandangannya bisa sangat mempesona sekaligus juga sedikit menggelikan.

12. Blue Lagoon, Islandia

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Blue Lagoon di Islandia adalah tempat di dunia untuk berenang di suhu yang dingin dan panas sekaligus. Di Blue Lagoon kita juga bisa dengan berenang di air mancur alami yang dikelilingi oleh salju dan batu vulkanik.

Pada dasarnya Islandia adalah sebuah pulau vulkanik dengan banyak hotspot geothermal. Dan Blue Lagoon sendiri adalah tempat yang menonjol sebagai salah satu tempat wisata terindah di pulau ini. Orang-orang dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Islandia hanya untuk menikmati laguna, sehingga banyak spa-spa mewah telah dibangun di sekitarnya.

Air disini hangat dan memiliki warna biru muda yang menarik yang berasal dari kandungan silika tingkat tinggi di air. Air asin dikatakan bisa memberi perawatan untuk kulit juga.

13. Pulau Aoshima, Jepang

Tempat Paling Aneh Dan Misterius Yang Ada Di Bumi

Setiap pecinta kucing bermimpi melakukan ziarah ke pulau Aoshima di Jepang. Dikenal dengan sebutan “Pulau Kucing” bagi wisatawan. Di Jepang sebenarnya memiliki beberapa pulau yang nampaknya telah ditaklukkan oleh para kucing. Di pulau Aoshima sendiri, jumlah kucing sudah lebih banyak dari populasi manusia, enam banding satu.

Kucing awalnya dibawa ke pulau untuk mengendalikan penyebaran tikus. Ledakan populasi mereka yang luar biasa pun terjadi. Menurut Japan Daily Press, kucing mulai bereproduksi tingkat tinggi pada pertengahan tahun 2000an. Sehingga populasinya melonjak, sekali kawin kucing bisa punya anak 5 sampai 6.

Sayangnya, pulau ini menjadi sangat populer sehingga memberi tekanan pada penduduk lokal kecil. Selain kucing, pulau ini adalah rumah bagi permukiman nelayan kecil yang jumlahnya sedikit. Jadi kadang mereka suka terganggu kalau ada banyak pengunjung dan wisatawan yang datang ke pulau keramat ini. Mungkin yang terbaik adalah menikmati foto kucing lucu dan meninggalkan penduduk Aoshima dengan tenang.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #aneh #misterius #tempat
Share

Pilihan editor