Share this
Share

shares

7 Tempat Diving Di Sulawesi Yang Jadi Surganya Pecinta Laut Di Dunia

4 July 2018

Tempat Diving Di Sulawesi Yang Jadi Surganya Pecinta Laut Di Dunia

Ingin menyelam di Kawasan wisata bawah laut yang indah? Kita sebagai wisatawan domestik mungkin lebih mengenal Bali atau Lombok. Padahal banyak daerah lain di Indonesia yang juga menjadi surga bagi para penyelam, salah satunya Sulawesi. Diving di Sulawesi memang sudah terkenal keindahannya bagi pecinta dunia bahari di Dunia. Keindahan termbu karang dan biota lautnya sangat menakjubkan dan ini sudah diakui dunia, bahkan beberapa tempat mendapat penganugerahan dari lembaga bertaraf internasional.

Laut yang begitu bersih menjadi pemandangan yang mencengangkan sekaligus menjadi nilai tambah bagi wisata-wisata di Sulawesi. Bahkan beberapa tempat masih jarang terjamah manusia, tak heran jika destinasi wisata untuk menyelam di pulau berbentuk huruf “K” itu menjadi favorit wisatawan, terutama turis asing. Paling tidak tujuh obyek ini yang paling difavoritkan oleh para pengunjung, apa saja ya?

1. Taman Nasional Bunaken

Tempat Diving Di Sulawesi Yang Jadi Surganya Pecinta Laut Di Dunia

Bunaken dikenal sebagai salah satu taman laut terindah di dunia lho! Kawasannya berada di segitiga emas terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia hingga Kepulauan Solomon. Sangat cocok untuk kita yang hobi menyelam, karena Bunaken memiliki 20 titik selam dengan biota laut yang menakjubkan.

Untuk sampai di Kawasan Taman Nasional Bunaken kita harus menempuh sekitar satu jam perjalanan dari Kota Manado, lalu mengikuti trip perjalanan tiga pulau yaitu Bunaken, Siladen, dan Nain. Biayanya sekitar 200 ribu rupiah. Kita juga bisa menyewa peralatan snorkeling mulai dari 150 ribu rupiah dan peralatan menyelam mulai dari 900 ribu rupiah. Usai menyelam kita bisa menikmati kuliner khas laut manado di warung sekitar. Tak heran kalau Bunaken dikenal sebagai salah satu tempat diving di Sulawesi yang terbaik.

2. Pulau Bangka

Tempat Diving Di Sulawesi Yang Jadi Surganya Pecinta Laut Di Dunia

Bukan Pulau Bangka dekat Sumatera ya, pulau ini terletak di ujung Sulawesi Utara, tepatnya di Kabupaten Minahasa Utara, Kecamatan Likupang Timur. Kalau kita ingin menikmati lokasi penyelaman yang masih “perawan”, pulau ini jawabannya. Pulau kecil ini hanya terdiri dari tiga kampung dengan penduduk yang sangat ramah pada pendatang.

Tidak banyak wisatawan domestik yang mengulas keindahan Pulau Bangka, padahal setidaknya ada 3000 turis asing yang datang ke sini tiap tahun. Salah satu daya tariknya adalah biota laut yang unik banyak ditemukan di sini. Selain itu terumbu karangnya terkenal akan keindahannya yang terawat. Pasir putih dan batu tinggi di tengah laut juga jadi spot yang menarik. Biaya reservasi kamar resort di pulau ini berada pada kisaran 1 juta rupiah per malam untuk per orangnya.

3. Sangihe & Talaud

Tempat Diving Di Sulawesi Yang Jadi Surganya Pecinta Laut Di Dunia

Kepulauan ini dikenal sebagai Kawasan Cincin Api karena banyaknya gunung api yang masih aktif di bawah lautnya. Letak geografis ini membawa keberuntungan bagi kepulauan ini karena berdampak pada keindahan ekosistem bawha lautnya. Terumbu karang dan biota lautnya sangat indah, tak heran jika destinasi ini menjadi favorit para penyelam, terutama spot di dekat pulau Mendaku dan Pulau Dakupang.

Spot menyelam lainnya ada di pelabuhan Tua Tahuna (kapal tenggelam lebih dari 7 dekade), di Maselihe kecamatan Kendahe (sisa kota yang hilang), dan gunung berapi bawah laut di Pulau Mahengetang bernama Banua Wuhu. Untuk penginapan, banyak tersedia resort dair warga sekitar.

4. Lembeh

Tempat Diving Di Sulawesi Yang Jadi Surganya Pecinta Laut Di Dunia

Di Lembeh ada tiga bangkai kapal perang dunia II yang tenggelam, tentu ini menjadi salah satu daya tarik selain habitat laut yang begitu indah. Lembeh bahkan menjadi salah satu spot favorit bagi para fotografer untuk mengabadikan kehidupan bawah laut. Bagaimana tidak, air lautnya sangat biru dan bersih sehingga banyak binatang laut memilih berkembangbiak di sini.

Bagi yang suka menyelam, Lembeh adalah surga. Kita bisa menyelam sedalam 15-25 meter. Keindahan karangnya akan memanjakan mata kita selama diving di sana.

5. Taman Nasional Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean

Untuk mencapai Togean kita bisa melakukan perjalanan via Palu ataupun Gorontalo, rute ini katanya lebih murah. Penginapan di sana pun beragam dari yang mewah hingga ramah di kantong. Pemandangan laut di sini bisa dibilang sangat eksotis, termasuk alam bawah lautnya.

Salah satu spot yang sering digunakan untuk menyelam berada di dekat pulau Kadadiri, yaitu titik puing pesawat bekas Perang Dunia II. Jangan tanya soal keindahan terumbu karang dna biota lautnya, Togean masuk dalam coral triangle, artinya merupakan pusat kekayaan hayati bawah laut dari seluruh biodiversitas dunia.

6. Pulau Banggai

Pulau Banggai

Untuk menyelam kamu bisa datang ke Pulau Dua yang letaknya di pesisir. Pulau ini memiliki pantai dan alam bawah laut yang indah, Ada sekitar 32 spot menyelam di sini, yang paling favorit adalah Ondoliang Rock, sebuah kapal karam milik Amerika. Atau spot menyelam berupa karnag warna-warni yang dinamai Alibaba, indahnya tak tertangingi. Tidak hanya karang dan hiu, kita juga bisa menemukan gua saat menyelam.

Tak perlu khawatir soal alat menyelam, fasilitas di sini cukup lengkap meski hanya ada satu tempat penyewaan. Harga sewa alat selam mencapi 1,2 juta rupiah untuk tiga kali penyelaman. Bonus lainnya kamu bisa pergi ke berbagai destinasi wisata lainnya seperti pemandian Molino Tontouan, air terjuan Tembang, danau Alani dan danau Tendetung yang tak kalah indah.

7. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi

Siapa yang tak kenal wakatobi, surga bagi para penyelam dunia. Ada 40 spot menyelam di sini, beberapa yang paling favorit adalah House Reef, Cornucopia, Coral Garden, dan Roma. Kita bisa menyelam hingga kedalaman 25 meter, bahkan di spot Cornucopia bisa sampai 55 meter. Tapi tentu saja kita harus punya sertifikat untuk bisa menyelam sampai sedalam itu.

Hewan yang paling banyak dicari para penyelam adalah kura-kura hijau, lobster, hingga ikan ekor pelangi. Tentu selain terumbu karang yang indah-indah ya!

Jadi kapan mau diving ke Sulawesi? Beberapa tempat bisa untuk pemula juga lho! Semoga kamu suka dengan lokasi diving di Sulawesi yang bakal jadi trip kamu selanjutnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #diving #snorkeling #sulawesi #tourist
Share

Pilihan editor