Share this
Share

4 shares

Teka-teki Misteri Yang Telah Membuat Bingung FBI Selama Lebih Dari 15 Tahun

3 June 2017

Teka-teki Misteri yang membuat FBI kewalahan dalam 15 tahun

Teka teki misteri ini bermula semenjak polisi menemukan mayat dari seorang yang bernama Ricky McCormick dengan tubuh yang tengkurap di sebuah ladang yang berdekatan St. Louis dan berada di antara sungai yang memisahkan Missouri dan Mississippi. Dengan kondisi tubuh yang mengenaskan, polisi pun mencurigai adanya tindak kriminal. Sebelum ditemukan dalam keadaan tewas, Ricky McCormick dinyatakan menghilang selama tiga hari, namun hal yang aneh pun terlihat saat tubuhnya ditemukan dalam keadaan membusuk yang seolah sudah tewas selama berhari-hari.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan kondisi cuaca yang saat itu sudah masuk musim panas dengan cuaca yang cerah dan kering di bulan Juni tahun 1999. Sebelumnya polisi tidak dapat mengidentifikasi tubuh tersebut, sehingga mereka perlu melakukan identifikasi menggunakan sidik jari korban. Dan dalam melakukan identifikasi sidik jari pun mereka mengalami kesulitan karena sidik jari yang hilang seperti luntur bersamaan dengan kulit yang sudah meleleh di seluruh tangan korban.

Misteri Teka-teki Yang Telah Membuat Bingung FBI Selama Lebih Dari 15 Tahun

Kerusakan yang terjadi pada tubuh korban sangatlah parah dan polisi berteori kalau si pelaku memang sengaja sudah menyimpan tubuh Ricky McCormick dalam tempat dengan suhu tinggi dengan tujuan untuk mempercepat pembusukan dan menghilangkan jejak sehingga mempersulit polisi untuk melakukan identifikasi dari jasad korban. Kalau memang benar itu tujuan si pelaku dari awal, usahanya sangatlah berhasil, karena apabila dalam keadaan tersebut, polisi tidak dapat menentukan penyebab kematiannya.

Di hari itu, polisi juga menemukan teka teki misteri yang lain. Di dalam saku celana korban terdapat dua lembar kertas, setiap kertas terdapat beberapa paragraf tulisan, di salah satu kertas, setiap paragraf diuraikan dalam bulatan dan di kertas yang lain tidak. Catatan tersebut terbagi menjadi baris pembukaan, paragraf utama, sebuah tanda tangan, dan tulisan lain yang hampir mirp sebuah alamat dengan kode pos di akhir tulisan. Sebuah petunjuk yang bahkan membuat para polisi menjadi semakin bingung dengan kasus ini.

Misteri Teka-teki Yang Telah Membuat Bingung FBI Selama Lebih Dari 15 Tahun

Polisi mengirimkan kertas tersebut ke tangan FBI, yang dari awal sudah dirahasiakan, bahkan dari keluarga Ricky McCormick sendiri. Semenjak diterimanya kode rahasia tersebut, FBI telah melakukan pemecahan kode lebih dari 12 tahun untuk kasus ini sendiri. Sampai akhirnya pada bulan Maret 2011, ketika mereka masih kewalahan karena tidak mampu memecahkan teka-teki dibalik kertas tersebut, mereka akhirnya merilis kertas catatan tersebut kepada publik. Olson, ketua FBI bagian CRRU (Cryptanalysis and Racketeering Records Unit), meminta publik dan menerbitkannya di internet untuk bertujuan mencari jawaban dan membantu mereka memecahkan teka teki misteri tersebut.

Yang lebih membingungkan lagi, Ricky McCormick diketahui sebagai orang yang tidak bisa membaca dan hampir buta huruf. Setelah ia berhenti sekolah, pria yang tewas dalam usia 41 tahun itu pernah melakukan pekerjaan yang tidak begitu sulit untuk didapatkan seperti mengepel lantai dan mencuci piring. Ricky punya catatan kriminal dan pernah menghabiskan sebagian waktu hidupnya di penjara karena pemerkosaan.

Ketika mayatnya ditemukan, saat itu ia bekerja di sebuah pom bensin. Menurut sepupunya, Charles McCormick, Ricky adalah orang yang tidak mampu mengeja apapun dan tidak bisa menulis, hanya mencorat-coret. Ibunya, Frankie Sparks juga membenarkan kalau satu-satunya kata yang bisa ia tulis adalah namanya sendiri. Ricky McCormick memang berasal dari keluarga yang memiliki kemampuan literasi yang buruk.

Namun fakta tersebut belum dapat mencukupi untuk mendukung apakah ia menulis catatan itu sendiri. Ketua FBI, Olson meyakini kalau catatan tersebut menyimpan kunci yang dapat menguak penyebab kematian Ricky, sebuah kasus yang sangat membingungkan FBI dan menjadi salah satu kasus pembunuhan yang belum terungkap dalam puluhan tahun terakhir. “Memecahkan kode tersebut dapat mengungkap keberadaan si korban sebelum ia tewas dan dapat membantu kita mengungkap teka teki misteri pembunuhan ini,” Ungkap ketua FBI Olson pada pernyataan-nya di tahun 2011.

Anggota keluarga percaya kalau Ricky berpikir ada orang yang tengah mencarinya. Dalam minggu-minggu terakhir ia hidup, ia berkunjung ke sebuah rumah sakit di kota St. Louis karena mengeluh tentang rasa sakit yang dideritanya di daerah dada dan gangguan pernapasan. Dari rumah sakit, ia pergi ke rumah bibinya Gloria hanya untuk membesuknya sebentar.

Di hari selanjutnya, ia pergi menuju rumah sakit lain untuk mengeluh rasa sait yang sama. Bibinya pernah mengklaim kalau ia mendengar dari orang rumah sakit kalau Ricky hanya mengunjungi rumah sakit untuk bermalam disana di ruang tunggu karena suatu alasan. Meskipun Ricky memang menderita penyakit jantung dan paru-paru dalam hidupnya, tapi bibinya berpikir kalau keponakannya itu hanya mengunjungi rumah sakit untuk mendapat perlindungan dari orang yang tengah mencarinya.

Para tim penyelidik menyimpulkan satu alasan pasti dan motif dari pembunuhan karena cerita dari bibinya tersebut yaitu, Ricky kabur dari para penagih hutang dalam transaksi narkoba. Pom bensin tempat dimana Ricky bekerja dimiliki oleh pria bernama Juma Hamdallah, dan berdasarkan informasi yang diterima, tim penyidik percaya kalau Ricky pernah pergi beberapa kali ke Floria untuk mengambil paket marijuana dan mengantarkannya kepada boss-nya saudara dari Juma, Baha “Bob” Hamdallah.

Menurut pacarnya Ricky, Sandra Jones, Ricky juga melakukan perjalanan ke Orlando untuk alasan yang sama sebelum ia meninggal. Meskipun Ricky tak pernah mengatakan tentang perjalanannnya ke Florida, sifatnya tiba-tiba berubah setelah pulang dari sana, dia menjadi ketakutan. Pacarnya juga mencurigai adanya kejadian yang tak beres menimpanya di Orlando.

Catatan yang ditemukan dalam kantung celana Ricky McCormick

Misteri Teka-teki Yang Telah Membuat Bingung FBI Selama Lebih Dari 15 Tahun

Semenjak awal ditemukannya, catatan ini tetap menjadi salah satu sandi yang tak terpecahkan oleh FBI sampai sekarang. Ketika pertama kali catatan ini dirilis ke publik, sudah lebih dari 7000 analisis dan pernyataan yang dikirimkan ke FBI dalam dua tahun yang membuat FBI harus membuat laman web khusus hanya untuk menampung respon dari publik.

Laman web FBI untuk kasus Ricky McCormick

CRRU FBI bahkan meminta bantuan kepada American Cryptogram Association, sebuah komunitas orang-orang yang gemar memecahkan kode. Di tahun 2009, teka-teki tersebut dipresentasikan di sebuah acara tahunan klub tersebut di Ontario, Kanada yang mendatangi 25 member komunitas tersebut, namun sayang, 25 member ini pun tak berhasil membantu FBI.

Teori lain pun berdatangan, salah satu yang terkenal adalah kalau catatan tersebut ada hubungannya dengan the Zodiac Killer, seorang pembunuh yang sudah menghabisi nyawa 5 orang di California pada akhir tahun 60an namun pelakunya tak pernah tertangkap. Tiga dari kriptogram milik Zodiac dikirimkan ke beberapa surat kabar, dan juga masih menjadi teka teki misteri dan PR untuk FBI sampai saat ini. Namun kriptogram Zodiac yang keempat berhasil dipecahkan oleh suami-istri kriptografer di tahun 1969.

Misteri Teka-teki Yang Telah Membuat Bingung FBI Selama Lebih Dari 15 Tahun

Ketika FBI merilis catatan itu di tahun 2011, mereka menjelaskan kalau langkah untuk memecahkan kode itu terbagi menjadi empat langkah. Yang pertama adalah menentukan bahasa dari pesan yang tersembunyi, dalam kasus ini, diasumsikan bahasanya adalah bahasa inggris. Yang kedua adalah membongkar sistem kode tersebut, susunan kata-kata, penukaran kata, penukaran huruf, harus dapat ditentukan. Ketika sudah diketahui, tugas kriptografer adalah membangun kunci, seperti menyusun daftar karakter yang terlibat di dalam kode dan mengetahui setiap huruf diterjemahkan menjadi apa. Setelah “kunci”-nya dibuat, langkah terakhir adalah melakukan penterjemahan dari kode ke plaintext.

Namun dalam kasus Ricky McCormick, tak seorang pun yang mampu untuk menyelesaikan langkah kedua, yaitu membongkar dan mengetahui sistem kode tersebut yang digunakan.

Siapapun yang menulis kode tersebut, Olson masih tetap percaya kalau catatan tersebut menyimpan rahasia dan bukti detail tentang siapa Ricky McCormick sebelum ia meninggal dan apa yang dilakukannya dalam waktu-waktu terakhir dalam hidupnya, dan siapa yang meletakkan mayatnya di tengah ladang. Sampai saat ini pun FBI masih mengharapkan untuk menemukan jawaban dari teka-teki tersebut. “Bahkan jika apa yang kita akan temukan itu hanyalah daftar belanjaan atau sebuah surat cinta, kita akan tetap ingin melihat bagaimana kode itu terpecahkan. Ini adalah sebuah kata sandi yang kita tidak pernah tahu.” Tutur ketua FBI.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #fbi #kasus #kriminal #pembunuhan #puzzle #teka-teki
Share

Pilihan editor