Tak Benda, 8 Kerajaan Jin di Indonesia Ini Masih Dipercaya

Spread the love

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, jin juga memiliki kehidupan yang kurang lebihnya mirip seperti manusia. Mereka punya rumah, pasangan, melakukan ibadah, dan nggak sedikit yang punya jobdesk menyesatkan manusia. Yang lebih menarik, rupanya mereka disebut-sebut memiliki kerajaan. Tentu saja bukan sekedar “bangunan” karena di dalamnya, kalau pakai bahasa kita, ada susunan pemerintahannya. Di Indonesia sendiri, kerajaan jin yang tentu saja tak kasat mata tersebut tersebar di beberapa titik wilayah. Yang paling sering dibicarakan diantaranya ada delapan, yaitu sebagai berikut.

1. Kerajaan Jin Alas Purwo

Kerajaan Jin Alas Purwo termasuk yang paling terkenal sekaligus terbesar di Tanah Air. Nama tersebut diambil dari kawasan hutan lindung di Banyuwangi, Jawa Timur. Diambil karena masyaratak setempat mengaku sering melihat aktivitas-aktivitas gaib di sekitar jalan tersebut. Bahkan area tersebut dipercaya adanya dimensi lain, yang tak lain adalah kerajaan jin yang menjadi tempat berkumpulnya jin dari seluruh dunia.

Menurut cerita mitosnya, kerajaan ini sudah bertengger sejak zaman kerajaan. Saat itu, para raja-raja zaman dulu bekerjasama dengan jin-jin yang ada di kerajaan ini untuk mendapatkan kesaktian dan kemakmuran. Bahkan legenda lain mengatakan kalau Alas Purwo ini jadi tempat pelarian raja-raja yang tidak percaya pada agama.

2. Pulomas

Terletak di Kampung Pulomas, Desa Centigi Sawah, Indramayu, Kerajaan Jin Pulomas ini dipercaya memiliki bentukan yang sangat megah. Orang-orang indigo bahkan mengklain kalau kerajaan tersebut terbuat dari emas murni. Berdirinya kerajaan ini diketahui pada saat zaman pemerintahan Raja Wiralodra. Saat sedang membabat habis hutan untuk mendirikan sebuah kerajaan, Raja Wiralodra harus berhadapan dengan Raja Gaib Werdinata. Ia merupakan penguasa hutan tersebut. Keduanya pun harus terlibat pertengkaran sengit selama 11 bulan. Beruntung, keduanya bisa dilerai berkat bantuan Raja gaib Kalacungkring. Keduanya pun berdamai, setelah Wiralodra menikahi putri dari Raja Werdinata sebagai syaratnya.

3. Laut Selatan

Laut Selatan bukan lagi menjadi bahasan baru kalau soal hal-hal gaib. Kawasan ini juga dipercaya sebagai lokasi kerajaan gaib, yang tak lain penguasanya adalah Kanjeng Ratu Kidul. Laut yang dulunya bernama laut hindia juga termasuk kerajaan gaib yang besar di Indonesia. Bahkan penghuninya disebut-sebut mencapai jutaan jin. Buat kamu yang akan mantai ke wilayah tersebut, pastikan mematuhi aturan adat istiadatnya, termasuk tidak menggunakan baju hijau. Masyarakat setempat percaya kalau itu bisa menyebabkan kesialan pagi yang mengenakannya.

4. Kerajaan Jin Gunung Merapi

Gunung Merapi yang terkenal mistis tentu tidak heran kalau di dalamnya ada kerajaan jin. Masyarakat percaya kalau gunung tersebut jadi spot favorit para jin, yang jumlahnya bisa mencapai hingga ribuan. Tepatnya adalah di Pasar Bubrah yang dekat dengan puncak gunung merapi. Pasar Bubrah sendiri berwujud hanya tumpukan bebatuan saja. Namun, kalau orang-orang yang bisa “lihat”, katanya tempat tersebut begitu ramai dan adanya bangunan kerajaan yang megah. Menurut legenda, Kerajaan Gaib tersebut sempat dipimpin oleh Eyang Merapi.

5. Wentira

Di pulau Sulawesi, Kerajaan jin juga turut eksis. Konon, di perbatasan antara Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong  ada sebuah kerajaan yang dinamakan Wentira. Dilihat dengan mata normal, area tersebut hanya berupa kebun kopi. Namun, masyarakat setempat mengaku seram saat melewatinya karena ada aura mistis tersendiri. Kalau kamu penasran dengan tempatnya, cukup cari saja tugu kuning yang ada di area tersebut. Dan itu dipercaya sebagai gerbang menuju kerajaan gaib Uwentira. Welcome to the paradise!

6. Kerajaan Jin Negeri Paloh

Kerajaan Jin Negeri Paloh yang berada di daerah Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, juga masih jadi perbincangan. Berada di kawasan hutan pedalaman, kerajaan ini dihuni oleh sejumlah makhluk astral yang katanya sering menculik penduduk sekitar. Bahkan jin-jin tersebut juga sering menampakan diri, sehingga masyarakat setempat mengklaim wilayah tersebut sebagai tempat bertenggernya kerajaan jin. Mereka juga percaya kalau kerajaan tersebut dihuni oleh jutaan tentara jin, sehingga kerajaan itu juga diklaim sebagai kerajaan jin terbesar lainnya.

7. Padang 12

Kerajaan jin Padang 12 konon berlokasi di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Padang 12 sendiri adalah sebuah daerah yang terkenal dengan aura mistisnya. Warga sekitar percaya kalau kerajaan tersebut dihuni oleh orang Limun, yaitu makhluk sebangsa jin muslim. Namun, ada juga yang percaya kalau mereka adalah keturunan langsung dari malaikat Marut dan Harut.
Suatu hari, diceritakan ada seorang bidan yang membantu proses persalinan salah satu penduduk sekitar. Namun, rupanya sang suami tidak memiliki uang sepeser pun, sehingga ia membayarnya dengan kunyit saja. Bidan tersebut pun menerimanya dengan ikhlas. Keesokan harinya, bidan tersebut terkejut bukan main karena kunyit itu berubah menjadi sebongkah emas. Tetangga lain pun heboh, dan percaya kalau keluarga tersebut adalah orang Limun.

8. Masalembo

Kerajaan jin terkenal lainnya berada di Perairan Masalembo, yang berlokasi di tengah-tengah Pulau Bawean, Kepulauan Tengah dan Kota Majene. Konon, tempat tersebut dipercaya mistis dan angker, sehingga disebut-sebutlah adanya kerajaan jin. Kepercayaan tersebut pada akhirnya dikait-kaitkan pada musibah tragis pada tahun 1981, yaitu tenggelamnya kapal Tampomas 2 dan tenggelamnya Kapal Laut Senopati Nusantara pada tahun 2006.

Pada tanggal 1 Januari 2007,  insiden kecelakaan pesawat udara Adam Air 574 terjadi dan bangkainya tenggelam di perairan tersebut. Dan musibah kerap terjadi hanya selang beberapa bulan saja, mulai dari tenggelamnya kapal KM Fajar Mas sampia Kapal Sumber Awal.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu