Share this
Share

shares

Sukseskan Cara Belajar Bahasa Jerman Kamu dengan 4 Trik Ini

24 April 2020

Sukseskan Cara Belajar Bahasa Jerman Kamu dengan 4 Trik Ini

Cara Belajar Bahasa Jerman – Seberapa jauhkah kamu bisa mempelajari bahasa Jerman dalam waktu satu bulan? Lalu apakah cara yang kamu gunakan sudah tepat dan efektif? Jika cara tersebut sangat efektif maka lanjutkan.

Jika tidak maka kamu perlu cara lain yang lebih tepat salah satunya adalah dengan belajar bahasa di VirtuEducation.org

Selain itu perlu kamu ketahui bahwa cara belajar masing-masing orang berbeda, jika kamu mudah menangkap materi dengan membaca saja belum tentu orang lain juga cocok.

Walaupun tujuan yang diinginkan adalah sama, yaitu menguasai bahasa Jerman bisa jadi cara yang ditempuh berbeda. Bagi kamu yang masih sulit untuk belajar, maka ingatlah kelima prinsip ini. Pertama menentukan tujuan yang logis, misalnya kamu ingin menghafalkan 100 kosakata dalam waktu tiga hari. Maka kejarlah tujuan tersebut hingga berhasil.

Kedua kamu harus mulai berbicara dari hari pertama belajar. Jangan hanya membaca tetapi coba ucapkan. Kini banyak sekali aplikasi belajar bahasa Jerman yang akan membantu. Prinsip ketiga adalah fokus pada kosakata yang sering digunakan. Misalnya saja kosakata yang digunakan sehari-hari. Keempat adalah buatlah lingkungan seperti di Jerman, artinya dalam bahasa Jerman di keseharianmu.

Kelima adalah tetap lacak seberapa jauh kemampuanmu telah berkembang dari hari ke hari. Beberapa aplikasi belajar juga biasanya sudah dilengkapi dengan fitur ini. Nah setelah kelima prinsip ini dijalankan secara rutin, pastilah kamu bisa belajar dengan mudah.

Selain kelima prinsip tersebut, ada juga beberapa trik yang harus tetap kamu lakukan. Trik ini akan sangat membantu kamu bisa fasih bahasa Jerman dalam waktu yang singkat. Jadi tidak perlu menunggu waktu lama untuk bisa berdialog dengan native speaker. Apa saja triknya? Ikuti berikut ini.

1. Mengikuti kursus intensif bahasa Jerman

Kursus adalah tempat dimana kamu bisa menjalankan prinsip keempat yaitu membiasakan diri dengan lingkungan Jerman. Di dalam kelas kamu harus menggunakan bahasa Jerman selama beberapa jam kedepan. Selain itu juga, kamu akan mendapatkan pengajar native speaker yang sudah pasti menguasai pelafalan dengan tepat. Jika salah, kamu akan dengan cepat menguasai cara yang benar.

Bukan hanya kursus, kamu harus mengikuti kelas intensif dimana jam belajar akan lebih panjang. Materi yang diberikan juga lebih ketat. Tidak perlu waktu lama bahkan untuk akhirnya kamu bisa mengikuti tes bahasa Jerman.

2. Menemukan teman untuk berbicara

Pada prinsip kedua kamu harus berbicara pada hari pertama belajar. Kamu bisa melakukannya sendiri ketika sedang menghafalkan kosakata. Mendengarkan kamus audio kemudian mengucapkannya sambil merekam. Dengarkan berulang kali hingga akhirnya pelafalan yang tepat terbiasa diucapkan oleh lidah.

Namun melakukan pengucapan yang benar tidak cukup dan tidak selamanya bisa dilakukan sendiri. Kamu membutuhkan partner untuk belajar.

Carilah teman yang sedang mempelajari bahasa Jerman, cobalah berbicara dengan mereka lebih sering. Jika sulit mencarinya, kamu bisa memilih aplikasi belajar online dan bertemu dengan banyak orang disana. Kamu bisa melakukan video call atau chatting untuk memperlancar bahasa Jerman.

3. Seringlah membaca dan menonton acara Jerman

Melalui internet semuanya serba mudah termasuk belajar bahasa Jerman. Kamu bisa menemukan berita-berita atau cerita novel dalam bahasa Jerman. Bahkan acara televisi atau film yang menggunakan bahasa Jerman. Berita adalah bahan bacaan untuk melatih kemampuan pasif dan memperluas kosakata. Melalui film kamu akan mengasah kemampuan menerjemahkan.

Film juga akan mendekatkanmu dengan budaya Jerman seperti bagaimana orang Jerman membuat lelucon. Kebudayaan adalah suatu hal yang berbeda dan sangat berpengaruh pada bahasa. Jadi mendekatkan diri dengan budaya kamu akan tahu bagaimana cara berpikir orang Jerman.

4. Menantang diri sendiri

Meningkatkan rasa percaya diri maka kamu harus menantang diri sendiri. Apakah kamu ingin tahu sejauh mana kemampuan yang dimiliki setelah belajar lebih dari satu bulan? Di tempat kursus biasanya menyediakan tes bahasa Jerman untuk mengetahui tingkatan kemampuan. Ikutilah tes tersebut dan buktikan bahwa kamu mendapatkan skor tinggi.

Namun jika skor yang dimiliki jangan menyerah, karena artinya masih banyak yang harus diperbaiki. Cobalah untuk berkonsultasi kepada pengajar apakah kesulitan yang kamu alami saat belajar. Dari sana kamu pasti akan mendapatkan pencerahan mengenai cara belajar yang tepat.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #asing #bahasa #belajar #jerman
Share

Pilihan editor

Secured By miniOrange