Suka Olahraga Ekstrem, Jangan Skip 10 Pantai untuk Surfing Ini

Spread the love

Indonesia katanya nggak cuman wonderful, tapi juga wonderland. Buktinya, Tanah Air tercinta ini punya beragam kekayaan alam yang sukses menghipnotis siapa saja yang menyaksikannya. Katakan saja pantai-pantai cantiknya yang tersebar dari wilayah barat sampai timur Indonesia. Bahkan beberapa diantaranya dijadikan lokasi untuk olahraga surfing berkat kekuatan ombaknya yang dahsyat. Wonderland, kan? Kamu yang suka olahraga ekstrem, peselancar pemula, atau sekedar ingin menyaksikan aktivitas berselancar ini, bisa langsung kepoin sepuluh pantai untuk surfing di Indonesia berikut ini. Jangan diskip!

1. Kepulauan Mentawai

Peselancar diketahui seneng banget pergi ke Kepulauan Mentawai. Pasalnya, tempat tersebut terkenal dengan ombaknya yang kuat, sehingga bisa mendukung aktivitas berselancar. Bahkan, ombak di Mentawai ini dikategorikan sebagai yang terbaik ke-3 setelah Hawaii dan Tahiti oleh berbagai organisasi selancar.

Disini, peselancar bisa melakukan surfing di 400 spot, yang mana 23 di antaranya memiliki ombak berskala internasional. Ombak-omba tersebut berada di kawasan Nyang-Nyang, Karang Bajat, Karoniki, Pananggelat dan Mainuk (Pulau Siberut), Katiet Basua (Pulau Sipora) dan Pagai Utara (Pulau Sikakap).

2. Pantai Wedi Awu, Malang

Kalau ingin mencoba olahraga berselancar di Malang, langsung aja gas ke Pantai Wedi Awu. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Tirtoyudo, Malang. Menariknya, pantai ini cocok buat kamu peselancar pemula. Tinggi ombaknya hanya berkisar dua sampai empat meter. Bahkan, pada 2 November 2019 silam sempat digelar acara Malang Night Surfing. Acara in tentu saja sangat menantang karena para peselancar harus melakukan surfing dengan pencahayaan yang minin, sekaligus udara yang sangat dingin. Gimana, kamu pernah nonton?

3. Pantai untuk Surfing Dylan’s Right, Aceh

Di wilayah barat Indonesia, terdapat sebuah pantai yang cocok untuk peselancar pemula. Apalagi kalau bukan di Aceh, tepatnya di  Pantai Matanurung, Simeuleu. Pantai yang satu ini juga terkenal dengan sebutan Dylan’s Right. Meski ombaknya tidak terlalu kuat, namun reef breaks ombak tersebut berpotensi menggulung peselancar dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, pastikan kamu selalu didampingi oleh profesional saat ingin mencoba berselancar disini.

4. Bukit Peninsula, Bali

Bali udah nggak asing lagi dengan pesona pantai-pantainya yang eksotis. Salah satunya berada di Bukit Peninsula, Bali. Spot tersebut bahkan sudah mendunia, sehingga nggak heran kalau Bukit Peninsula masuk ke dalam kategori “World’s 20 Best Surf Towns” versi National. Bukit ini juga dijadikan sebagai lokasi event kejuaraan selancar internasional. Mulai di Pantai Uluwatu, Pantai Padang Padang, dan Pantai Dreamland. Untuk itu, nggak heran kalau spot-spot tersebut sering dipenuhi oleh peselancar dari luar negeri.

5. Pulau Panaitan, Banten

Kalau mencari spot surfing di Pulau Jawa, langsung aja berselancar ke Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Panaitan, Banten. Di kawasan tersebut, kamu bisa menemukan tujuh spot surfing. Empat diantaranya ada di Pulau Panaitan, yaitu One Palm Point, Apocalypse, Napalms, dan Pussy. Di One Palm Point sendiri gelombang ombaknya sepanjang 800 meter. Sedangkan di  spot Apocalypse gelombangnya tidak terlalu terlihat. Untuk itu, kamu hanya perlu mencoba berbalapan dengan ombak yang gelombangnya tidak terlalu terlihat atau tertutup. Untuk spot Napalms sendiri leboh cocok untuk kalangan profesional. Sedangkan spot Pussy cocok buat kamu yang masih pemula.

6. Pantai untuk Surfing Lakey, NTB

Peselancar juga sering melipir ke Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Apalagi kalau bukan berkat Pantai  Lakey yang terkenal dengan ombak kidalnya. Dijuliki demikian karena arah ombaknya memiliki sapuan ke kiri, tidak seperti ombak pada umumnya yang selalu mengarah ke kana. Menariknya lagi, ada empat jenis ombak yang ada disini, Para peselancar menamainya Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope. Lakey Peak adalah salah satunya yang jadi favorit karena dinilai sangat menantang.  Para profesional selalu antusias saat ombak tersebut datang, karena mereka bisa bergerilya di dalam terowongan panjang.

7. Pantai Ombak Tujuh, Sukabumi

Sukabumi juga punya pantai yang juga selalu jadi incaran peselancar. Namanya Ombak Tujuh, yang terkenal dengan gulungan ombaknya yang bersusun-susun dan menyerbu secara berurutan. Btw, pantai yang satu ini juga nggak hanya terkenal dengan ombaknya yang eksotis. Kamu juga bisa menyaksikan bebatuan karang yang bertengger di sekitar pantai. Jadi, bisa banget kamu mengambil foto di spot tersebut.

8. Pantai untuk Surfing: Plengkung, Banyuwangi

Para peselancar profesional juga biasanya berburu spot surfing terbaik, salah satunya ada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, Pantai Plengkung. Peselancar dari dalam maupun luar negeri biasa menyebut lokasi tersebut dengan G-Land. Pantai yang satu ini memiliki ketinggian mencapai empat sampai enam meter dengan interval lima menit. Dengan level tersebut, peselancar bisa lebih asyik bergerilya di dalam ombak tentu dengan durasi yang tidak singkat. Dengan demikian, Pantai Plengkung ini selalu dijadikan lokasi ajang-ajang surfing tingat internasional.

9. Pantai Tanjung Setia, Lampung

Pantai-pantai di Lampung nggak hanya terkenal dengan pasir-pasir putihnya yang cantik. Pantai ini juga terkenal dengan spot surfing-nya yang selalu jadi incaran peselancar. Namanya Pantai Tanjung Setia. Pantai yang satu ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan yang terkenal dengan pemandangannya yang memukau. Disini, kamu bisa menyaksikan beberapa profesional beraksi di tengah-tengah ombak, dan pemula yang tetap bermangat untuk bisa menyamai bahkan melebihi mereka.

10. Pantai untuk Surfing: Parangtritis

Pantai Parangtritis juga terkenal sebagai spot surfing terbaik di Indonesia. Di saat-saat tertentu, ombak di pantai ini terlihat seperti ombak yang ada di Pantai Kuta, Bali. Adalah pada saat ombak tersebut tingginya mencapai satu kaki. Jadi, nggak perlu jauh-jauh ke Bali untuk bisa menikmati olahraga surfing. Bahkan, kontes berselancar juga bisa kamu saksikan disini. So, kamu yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya, langsung aja melipir ke Pantai Parangtritis!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu