Share this
Share

shares

Suka Membaca Ternyata Dapat Membuatmu Hidup Lebih Lama

3 June 2017

Membaca sering kali dihubungkan dengan hal kepintaran atau intelijen. Karena memang begitulah manfaat yang dapat kita ambil dari membaca. Membaca dapat membantu kita menambah pengetahuan, wawasan dan menyimpan kosakata yang lebih luas. Di lain sisi membaca juga bisa meningkatkan tingkat fokus, konsentrasi, dan kemampuan analisa seseorang. Namun siapa yang sangka juga kalau membaca bisa membuat orang hidup lebih lama.

Suka Membaca Ternyata Dapat Membuatmu Hidup Lebih Lama

Sebuah studi yang dilakukan oleh para alumni universitas Yale di Amerika diikuti oleh 3,635 orang yang dibagi menjadi 3 grup, yakni mereka yang punya kebiasaan membaca lebih dari 3 setengah jam per minggu, mereka yang membaca kira-kira 3 jam setengah per minggu, dan mereka yang tidak pernah membaca sama sekali.

Di dalam tiap grup tersebut, para peneliti juga membandingkan tiap individu berdasarkan ras, umur, status perkawinan dan pekerjaan untuk mendapatkan hasil yang menyeluruh. Seperti contoh para peneliti pun menemukan kalau mereka yang secara terus-menerus membaca umumnya dari kalangan wanita dengan latar belakang pendidikan yang baik dan berada dalam kelompok orang yang berpenghasilan tinggi.

Kemudian setelah 12 tahun berjalan, mereka juga melihat kalau diantara mereka yang membaca 3 setengah jam per minggu memiliki 17% lebih kecil kemungkinan dalam angka kematian dibandingkan mereka yang tidak baca sama sekali, dan untuk mereka yang membaca lebih dari 3 setengah jam per minggu mempunyai 23% lebih kecil kemungkinan dalam angka kematian.

Suka Membaca Ternyata Dapat Membuatmu Hidup Lebih Lama

Studi ini membuktikan kalau mereka yang suka membaca lebih cenderung untuk dapat bertahan hidup lebih lama dari yang tidak membaca. Sesuai kata George R. R. Martin, penulis buku A Game of Thrones,

A reader lives a thousand lives before he dies, said Jojen. The man who never reads lives only one.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #hobby #membaca
Share

Pilihan editor