Share this
Share

shares

8 Skill Yang Paling Dicari Ini Bisa Meningkatkan Kualitas CV Kita

3 January 2018

5 Tips Penting Yang Membuatmu Mendapatkan Pekerjaan Cerpin Com 1

Ketika buat CV, kita cenderung mementingkan konteks CV yang ingin dibuat. Hal ini tentu sangat penting, namun kita juga jangan sampai lupa membuat bagaimana pesan kita tersampaikan dengan baik. Sering kali orang membuat CV tanpa mementingkan gaya penulisan ataupun tambahan ke dalam CVnya. Apalagi sekarang orang ingin yang serba gampang, copy-paste CV dari teman mungkin akan mempermudah pekerjaan, jeleknya keseringan orang gak mikirin CV yang di copy-paste itu untuk melamar pekerjaan apa.

Makanya jangan heran kalau orang yang baru lulus kuliah cenderung tidak mendapat pekerjaan yang diinginkan, itu bukan karena orangnya jelek, tapi bisa jadi karena minimnya cara orang merepresentasikan dirinya di dalam CV yang membuatnya kurang dilirik. Di zaman yang serba cepat ini, jangan sampai keahlian kita hanya sebatas apa yang kita pelajari di perkuliahan. Ketika mau melamar pekerjaan, menulis skill yang ada hubungannya dengan kerjaan kita adalah sah-sah saja.

Namun apakah kita tidak kepikiran kalau kita bukan satu-satunya yang melamar di tempat yang sama? Gak mungkin kan kalau melamar kerjaan hanay satu orang doang, bisa jadi ratusan atau ribuan. Nah, jangan sampai ketika para tim recruitment melihat lamaran kita, profile kita jadi kelihatan tidak atraktif karena menuliskan hal yang itu-itu aja. Hindari juga kata-kata yang sering dituliskan orang dalam CVnya seperti “detail oriented”, “good communicator”, “problem solver”, dan lain sebagainya, itu kata-kata yang kelihatan keren tapi sebenarnya gak membantu apa-apa. Dalam membuat CV, jadilah diri sendiri, dan berbanggalah untuk mereka yang punya skill-skill favorit di bawah ini.

1. Kemampuan bahasa asing

Skill Yang Paling Dicari Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Cv Kita Cerpin Com 1

Skill ini memang kelihatan umum, tapi sangat powerful kalau nyangkut di dalam CV. Tapi pastikan kalau kamu juga memang sudah menguasainya. Kadang kala ada orang yang hanya menuliskan hanya untuk kelihatan keren. Karena kalau kamu sampai berbohong, nanti yang rugi malah kamu sendiri. Memiliki skill bahasa asing sangat membuat diri kamu menonjol diantara kandidat yang lain, tak peduli apapun pekerjaannya, sepertinya kalau bahasa asing sangat dipakai di segala bidang kerjaan.

2. Memiliki pengetahuan sosial media

Skill Yang Paling Dicari Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Cv Kita Cerpin Com 2

Tujuan memiliki sosial media bukan hanya untuk pamer, tapi hampir setiap perusahaan belakangan ini pasti account sosial medianya sendiri. Mulai dari perusahaan industri, penerbangan, sampai produsen makanan pasti punya sosial media. Di setiap perusahaan itu, pasti mereka punya sebuah tim yang bertujuan untuk mencurahkan perhatiannya untuk membuat eksistensi perusahaan mereka lebih menonjol di dunia internet.

Memiliki pengetahuan sosial media di zaman sekarang sangat memberikan daya tarik, tapi jangan sampai nulis, supaya tak dikira alay, berikanlah kesan yang positif dalam menggunakan sosial media. Memiliki skill pengetahuan sosial media di zaman sekarang adalah bukti kalau kamu up to date sama dunia teknologi dan gak gaptek-gaptek banget.

3. Bahasa pemrograman

Skill Yang Paling Dicari Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Cv Kita Cerpin Com 3

Pemrograman komputer mungkin adalah sebuah keterampilan yang sangat abstrak untuk mereka yang tidak menggeluti dunia IT. Namun di zaman serba mobile sekarang, pemrograman komputer adalah salah satu keterampilan yang paling dicari dunia kerja sekarang. Gaji para programmer juga berada di atas rata-rata.

Namun hal yang perlu digaris bawahi, kalau skill pemrograman gak harus dari mereka yang lulusan IT. Skill pemrograman adalah skill yang umum, artinya semua orang yang “niat” pasti bisa belajar. Meletakkan sedikit keahlian ini di dalam CV kamu, akan membuatmu terlihat lebih cemerlang diantara kandidat yang lain.

4. Data Analis

Skill Yang Paling Dicari Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Cv Kita Cerpin Com 4

“Big Data” adalah salah satu kata kunci paling dicaria di abad 21 ini. Semakin tahun, keyword ini semakin melonjak di dalam dunia kerja. Setiap perusahaan akan selalu menyimpan timbunan data yang sebesar gunung yang didapat dari para klien mereka, ataupun juga dari preferensi market, dan masih banyak jutaan data yang lainnya.

Seseorang di perusahaan tersebut harus bekerja dan menganalisis semua jumlah data tersebut untuk kepentingan perusahaan itu sendiri. Para tim data analis adalah mereka yang menghitung angka, menafsirkan statistik, sampai memvisualisasikan hasilnya. Dalam perusahaan yang bergerak di bidang IT, Big data sangat diperlukan, bahkan kebutuhannya adalah yang terbesar.

5. Photo editing

Skill Yang Paling Dicari Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Cv Kita Cerpin Com 5

Manipulasi gambar dengan perangkat lunak juga skill yang diidam-idamkan ribuan orang. Untuk mendapatkan skill ini, ada dari mereka yang rela mengeluarkan uang untuk kursus perangkat lunak atau menghabiskan waktu berjam-jam untuk belajar di depan komputer. Setiap bisnis masih membutuhkan foto yang tampak mencolok dan tampak profesional dengan semua elemen yang hanya bisa dimanipulasi oleh seorang desainer grafis. Dengan mempelajari salah satu perangkat lunak modern di zaman sekarang, akan membuat memberikan kesan unik dalam lamaran kita.

6. Public speaking

Skill Yang Paling Dicari Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Cv Kita Cerpin Com 6

Banyak orang merasa gugup saat berbicara di depan banyak orang, sehingga public speaking adalah sebuah skill yang cukup spesial untuk meningkatkan karir setiap orang. Tidak hanya akan membantu kita menaklukan interview, tapi memiliki skill ini akan membuat kita lebih percaya diri dan meningkatkan karisma dalam diri kita. Semakin sering kita improvisasi dan berlatih, akan membantu kita meningkatkan public speaking dan meraih apa saja yang ingin kita raih dalam karir manapun.

7. Menulis

Skill Yang Paling Dicari Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Cv Kita Cerpin Com 7

Hal pertama yang dilihat oleh tim perekrut adalah tulisan kita. Seorang kandidat yang ingin mendapatkan pekerjaan harus bisa mengekspresikan dirinya dengan jelas dan terlihat profesional. Menulis dalam lamaran kerja adalah tentang bagaimana kita bisa “menjual” diri kita sendiri. Merepresentasikan diri kita sendiri sebagai calon orang yang bekerja di perusahaan impian.

Tulisan yang baik dan jelas tentu akan memberikan kesan positif dan pesan kenapa kita pantas bergabung di perusaahaan tersebut tersampaikan dengan baik. Buatlah sebuah summary dalam CV, yang bertujuan untuk menjelaskan secara singkat diri kita. Apabila kita pernah membuat tulisan, meletakkan prestasi ke dalam CV yang berhubungan dengan karya sastra juga akan membuat diri kita semakin menonjol.

8. Diving

Skill Yang Paling Dicari Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Cv Kita Cerpin Com 8

Mungkin kelihatannya sangat random, tapi orang yang memiliki skill menyelam ataupun punya hobby ini, bisa dilirik perusahaan lebih jauh lho. Dengan maraknya jasa biro perjalanan dan tempat wisata, semakin mempermudah orang untuk pergi berlibur. Dan diantara orang yang berlibur ke laut sangat dominan untuk melakukan diving.

Karena maraknya orang yang ingin menyelam, skill menyelam secara otomatis membuat orang itu kelihatan atraktif walaupun sebenarnya gak nyambung sama pekerjaan yang ingin dilamarnya. Orang yang mempelajari skill-skill diluar bidang utamanya memang kelihatan unik dan beda daripada orang lain. Dan justrunya kita harus bangga punya skill yang keren-keren seperti ini. Hal ini justru akan membuat kualitas cv kita meningkat dan memikat orang HRD.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #cv #karir #kualitas #pekerjaan #skill
Share

Pilihan editor