Share this
Share

Share

shares

Situ Biru Sumedang, Objek Wisata dengan Air yang Eksotis

9 August 2020  Ajeng

Apakah kalian sudah pernah mendengar sebuah tempat yang bernama Situ Biru Sumedang? Jika belum, kalian wajib banget mengunjungi tempat wisata eksotik yang hanya ada di kota dengan produksi tahunya yang sangat enak ini. Sebuah mata air bernama Situ Biru Hariang belakangan ini menjadi sebuah objek wisata yang sering disebut-sebut netizen di media sosial dan mulai dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai kota.

Situ Biru Hariang atau masyarakat sekitar menyebutnya “Sirah Cilembang” merupakan mata air yang berada di kawasan hutan alami Kabupaten Sumedang Jawa Barat, tepatnya di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua. Mengapa mata air ini disebut Situ Biru? Ternyata jika dilihat memang air disana berwarna biru jernih dan menyejukkan mata siapapun yang melihatnya.

Padahal, warna airnya tidaklah benar-benar  biru, melainkan bening seperti mata air pada umumnya. Namun, pantulan warna dari langit dan keasrian danaunya yang sangat bersih, menjadikan danau ini terlihat berwarna biru ditambah pemandangan pepohonan di sekitar nya yang memberikan kesan yang sejuk.

Sayangnya, kita tidak diperbolehkan untuk berenang di Situ Biru Hariang ini. Alasannya karena mata air tersebut masih digunakan sebagai sumber air bersih dan air minum bagi warga sekitar. Kalaupun kamu nekat untuk berenang, tentu akan sangat berisiko karena danau ini memiliki kedalaman sekitar 3 meter dan tentunya akan mencemari air.

1. Keindahan Tepi Danau Situ Biru Sumedang

via enjoyidn.files.wordpress.com

Meskipun nggak bisa berenang di dalamnya, kamu masih  bisa untuk menikmati keindahan dari tepi danau nya. Mata akan dimanjakan dengan ikan dan kura-kura berlalu lalang di dalam danau tersebut. Untuk mendapatkan pemandangan danau yang eksotis, kamu bisa datang pada saat pagi menjelang siang karena  air danau akan berkilauan tersorot cahaya matahari.

Selain itu, kamu juga bisa menenangkan pikiran dan tubuh setelah berolahraga atau beraktivitas dengan menghirup udara yang sejuk, memandang keindahan danau dan hutan yang masih sangat terjaga keasriannya. Karena jalur ke tempat wisata ini masih cukup terjal dan berbatu, kamu  harus berjalan kaki dari tempat parkir ke lokasi danau sekitar 200 meter. 

2. Biaya Tiket Masuk

via ngetripkemana.com

Kamu juga tidak perlu merogoh kocek besar untuk bisa kesini. Hingga saat ini, pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk dan hanya membayar untuk biaya parkir saja. Affordable banget, kan? Kamu juga bisa sembari berolahraga dan membakar kalori dengan berjalan kaki menyusuri sekitara Situ Biru ini. Membawa tikar sendiri juga solusi yang tepat untuk bersantai di tepi danau dan makan-makan dengan orang-orang terdekat. Namun ingat, ya, harus tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Jangan sampai buang sampah sembarangan apalagi merusak alam sekitarnya.

3. Pantangan di Situ Biru Sumedang

via photo.sindonews.com

Selain sisi keindahan dan ketenangannya, ternyata ada juga loh pantangan yang harus kamu patuhi sebelum datang ke Situ Biru Hariang. Pertama, pengunjung tidak diperbolehkan datang di hari-hari tertentu, yaitu hari Selasa dan Jumat karena konon pada hari tersebut air danau berubah warna.

Pantangan kedua, sebaiknya tidak datang pada jam-jam tertentu, yaitu sore hari sampai malam. Jadi, sebaiknya kamu berkunjung ketika pagi atau siang hari saja, ya. Selain itu, kamu sebaiknya berhati-hati saat musin hujan. Jalan menuju ke tempat ini akan menjadi lebih curam dan licin.

Itulah ulasan singkat mengenai Situ Biru Sumedang. Jadi, kamu nggak hanya beli tahunya saja saat berkunjung ke kota ini, tetapi mengunjungi juga wisata alam Situ Biru yang eksotis.

Berikan komentarmu

Related articles

 #alamat situ biru sumedang #harga tiket situ biru #wisata bahari #wisata situ biru sumedang #wisata sumedang
Share di whatsapp

Pilihan editor