Photo by Lisa Fotios from Pexels

Simak 10 Mitos Tanaman Mistis Ini, Ada Kaktus Juga?

Spread the love

Pencinta tanaman hias biasanya didominasi oleh kaum hawa, khususnya emak-emak. Dimanapun mereka berada, pasti bakalan melipir kalau melihat tanaman warna-warni nan cantik. Tidak peduli berapapun harganya, yang penting tanaman tersebut bisa memberikan kesan cantik beranda rumah. Namun, tanaman-tanaman tersebut tentu saja punya khasiat lain. Beberapa orang percaya bahwa jenis tanaman tertentu bisa memberikan keberuntungan pada siapa saja yang menanamnya. Bahkan ada beberapa jenis tanaman yang katanya bisa menangkal santet atau sihir. Biar kamu tahu apakah jenis-jenis tanaman tersebut ada atau tidak di rumah kamu, simak sepuluh mitos tanaman mistis berikut ini.

1. Tanaman Bunga Mawar Merah

foto: istimewa

Bunga mawar cantik rupanya. Warnanya yang merah merona menggoda siapa saja untuk memetiknya untuk dijadikan hadiah romantis bagi sang pujaan hati. Untuk itu, nggak heran kalau bunga ini dijadikan sebagai simbol cinta. Hal yang menarik dibalik cantiknya bunga mawar adalah tanaman tersebut bisa menyerap energi negatif jika ada orang yang sengaja menyantet kita. Energi negatif tersebut akan diserap ke dalam tanah dan menghilang begitu saja. Apa kalian sudah pernah membuktikan? Kalau belum, jangan coba-coba.

2. Mitos Tanaman Mistis: Kaktus

Instagram @anakanalog

Membuat ruangan mejadi lebih aesthetic salah satunya dengan menambahkan tanaman kaktus. Kakstus yang digunakan biasanya baby-baby kaktus yang sudah ditanam di dalam sebuah pot kecil yang imut. Namun, menanam kaktus dipercaya sangat bermanfaat. Selain bisa membersihkan udara, kaktus juga dipercaya bisa menangkal  santet dan hawa-hawa negatif lainnya. Namun, kekuatan tersebut akan keluar jika kaktus di tanam di luar ruangan. Sebaliknya, menyimpan kaktus di dalam rumah konon hanya akan mencegah datangnya rezeki. Apa-kamu-percaya?

3. Kembang Sepatu

via wikipedia.com

Tanaman Kembang Sepatu ini termasuk liar. Kita bisa menemukannya di mana saja, bahkan sesekali kita suka iseng memetik bunganya saat berjumpa dengan tanaman yang satu ini. Rebusan kembang sepatu ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya bisa meningkatkan sistem imun, membantu menyembuhkan demam dan sembelit, membantu mengurangi berat badan, dan masih banyak lagi. Selain itu, kembang sepatu juga dipercaya bisa mencegah datangnya santet atau energi negatif lainnya. Ini katanya kalau kamu tanam di depan rumah, ya.

4. Kemuning Jawa

via wikimedia commons

Kemuning jawa adalah tanaman yang hidup di daerah tropis. Tanaman yang satu ini memiliki bunga mirip seperti melati. Untuk membedakannya, kita cukup mencium baunya saja. Menanam tanaman ini tentu saja tidak rugi. Bunganya bisa digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beragam penyakit seperti bisul, sakit gigi, infeksi saluran kencing, dan masih banyak lagi. Keberadaannya juga menguntungkan karena dipercaya bisa menolak berbagai macam santet.

5. Mitos Tanaman Mistis: Bunga Kenanga

via kampustani.com

Bunga kenanga sudah terkenal dengan simbol mistisnya. Konon, siapa saja yang menanam bunga ini di pekarangan rumahnya, anak gadis yang ada di rumah tersebut akan segera mendapatkan jodohnya. Untuk itu, orang-orang zaman dulu yang memiliki anak perempuan sengaja menanam bunga ini agar putri mereka tidak jadi gadis expired. 

Selain itu, bunga kenanga juga dipercaya bisa menjadi penglaris dagangan. Pedagang yang menanam tanaman ini di rumahnya akan diserbu pembeli. Nggak perlu endorse-endorse, tanam aja bunga ini. Canda, endorse.

6. Mitos Tanaman Mistis: Bidara

via SHUTTERSTOCK/FAWWAZ MEDIA

Ziziphus Mauritiana alias bidara juga merupakan mitos tanaman mistis lainnya. Menurut Imam Qurthubu dari Wahab, tanaman bidara ini bisa menghilangkan efek sihir. Caranya adalah dengan mengambil tujuh helai daun bidara, lalu ditumbuk sampai halus dan campurkan dengan air. Air tersebut kemudian dibacakan ayat kursi, lalu diberikan kepada orang yang terkena guna-guna untuk diminum sebanyak tiga teguk saja. Sisanya, dibalurkan ke seluruh tubuh saat mandi.

7. Bunga Melati

via gardener.id

Bunga melati juga sudah terkenal mistis sejak dimakan Suzanna zaman dahulu kala. Konon, aroma bunga yang satu ini menjadi pertanda bahwa ada makhluk halus di sekitar kita. Jadi, orang kadang suka panik saat mencium bau melati yang sebenarnya sangat harum. Dibalik aura mistisnya, tanaman melati ini sebenarnya kaya akan khasiat. Rendaman bunga melati yang sudah ditumbuk bisa dijadikan kompresan saat kita demam.

8. Mitos Tanaman Mistis: Daun Sirih

via pinterest.com

Saat mimisan, orang tua kita selalu menggunakan daun sirih untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan menggunakan dua lembar daun sirih, lalu digulung, dan masukan kedalam kedua lubang hidung sampai darah berhenti mengalir. Selain itu, daun sirih yang sudah dihaluskan juga bisa mengobati jerawat. Disamping khasiatnya yang bagus untuk kesehatan kulit dan tubuh, daun sirih juga dipercaya bisa menangkan santet, lho. Kamu punya tanaman ini di rumah?

9. Tanaman Kelor

via odesa.id

Tanaman kelor juga dipercaya memiliki kekuatan mistis. Daunnya dipercaya bisa  menghilangkan kesaktian seseorang jika orang tersebut  memakan daun kelor. Selain itu, daun kelor tersebut juga harus ‘disapukan’ ke seluruh tubuh orang tersebut agar ilmu atau benda-benda mistisnya benar-benar hilang, sehingga ia bisa meninggal dengan tenang nantinya.

Di sisi lain, daun kelor ini bisa sering diolah menjadi makanan, Misalnya, dijadikan sebagai sayur untuk teman makan dengan nasi dan lauk pauk lainnya. Bahkan, balita disarankan untuk mengonsumsi sayur daun kelor ini karena bermanfaat untuk membantu pertumbuhan mereka.

10. Cocor Bebek

via rumah.com

Dengan rupanya yang cantik, tranaman cocor bebek ini dipercaya bisa menangkal ilmu hitam atau santet. Siapapun yang menanam tanaman ini di depan rumahnya konon dipastikan aman dari berbagai serangan ilmu hitam. Selain itu, tanaman yang satu ini juga bisa mendinginkan tanah yang panas, sehingga tanah tersebut bisa mendatangkan keberuntungan.

Di beberapa daerah, tanaman yang satu ini sering dijadikan sebagai obat herbal sakit kepala, sakit dada, batuk, demam, bisul, dan penyakit kulit. Jadi, masyarakat dulu selalu menggunakan tanaman ini sebagai penanganan pertama saat sakit.

Itulah mitos tanaman mistis yang bisa dijumpai di sekitar kamu. Mau percaya atau tidak, ini hanyalah mitos. jadi, jangan terlalu berharap lebih bisa dapet jodoh dengan menanam bunga kenanga :’).

Berikan komentarmu