Share this
Share

shares

Inilah 5 Sifat Yang Kamu Warisi Dari Orang-tua, Mestinya Kamu Bangga!

15 November 2017

Sifat Yang Kamu Warisi Dari Orang Tua Cerpin Com 6

Pernah merasakan hal aneh kalau tinggal keluarga yang orang-orangnya mempunyai sifat yang sama? Atau terkadang ketika kita sedang berbicara kepada orang lain yang mana mereka merasa kalau sudah mengenal kita sejak lama karena kemiripan dengan orang tua kita? Beberapa sifat memang mudah dikenali apabila kita memiliki anggota keluarga atau orang tua yang memiliki sifat yang sama. Keturunan.

Ketika manusia dilahirkan, ia akan mendapatkan potongan informasi dari orang tua yang melahirkannya. Karena itu, beberapa bagian dari tubuh kita akan sangat mirip dengan orang tua kita seperti warna rambut, mata, tinggi, bentuk hidung. Mungkin bisa jadi kita tak sadar dengan semua itu, sampai ketika kita bicara dengan seseorang yang juga kenal dengan orang tua kita dan menyadari kemiripan tersebut.

Sifat Yang Kamu Warisi Dari Orang Tua Cerpin Com 7

Bukan hanya bagian tubuh, sifat adalah bagian informasi yang bisa diturunkan dari orang-tua. Sebagian besar perilaku kita pada umumnya bisa dikaitkan dengan genetika.

Inilah beberapa sifat turunan tersebut yang kamu merasa memilikinya, namun sebenarnya adalah sifat turunan dari orang tua kalian.

1. Kalau kata orang, betapa “baik”-nya diri kamu itu. Yang selalu gampang dipinjemin duit tapi gak pernah nagih

Sifat Yang Kamu Warisi Dari Orang Tua Cerpin Com 1

Orang baik

Kapasitas kita dalam memiliki sifat “baik” dapat ditentukan oleh DNA jufa. Gen tertentu menghasilkan reseptor untuk oksitosin, sebuah hormon yang menghasilkan reaksi kimia yang bernama cinta. Reseptor itu menentukan seberapa besar belas kasihan yang cenderung kamu tunjukkan kepada orang lain. Semakin banyak resepternya semakin kita cenderung berlaku baik sama orang.

Gen yang menghasilkan reseptor oksitosin ada dalam tiga varian: G/G, A/G, atau A/A. Mereka yang memiliki varian G ganda, yang diwarisi dari masing-masing orang tua, menunjukkan kemampuan tertinggi untuk melakukan kebaikan. Mereka yang memiliki varian A/A menunjukkan jumlah empati terendah untuk orang lain, dan A/G ada di tengah-tengah, mungkin baiknya bisa kadang-kadang. (kadang baik kadang enggak).

Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang-orang yang cenderung bersikap baik dapat mempertahankan sifat mereka itu bahkan selama keadaan sulit. Periset memeriksa bagaimana orang bertindak saat mereka merasa takut dan terkait dengan varian yang ditemukan di DNA mereka.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang dengan varian G/G menunjukkan sikap baik yang sama terhadap teman sebayanya bahkan ketika mereka merasa tidak aman, sementara orang dengan varian A/G atau A/A menunjukkan belas kasih yang kurang terhadap sesamanya.

Kabar baiknya adalah bahwa kebaikan dalam diri orang adalah hal yang dominan. Dalam sebuah penelitian terhadap 348 orang itu, 51,5 persen memiliki varian G ganda, sementara hanya 7,2 persen yang memiliki tipe A/A. Yang sisanya adalah orang-orang yang pada dasarnya baik-baik semua.

2. Suka jalan-jalan, traveling, outdoor person

Sifat Yang Kamu Warisi Dari Orang Tua Cerpin Com 2

Jalan-jalan

Dilihat dari sudut pandang traveling, di dunia ini rupanya ada 2 tipe manusia. Pertama orang yang puas menghabiskan waktunya dari tahun ke tahun tanpa pernah jalan-jalan dan mereka tidak merasa terganggu dengan hal tersebut, kedua orang yang menjadikan hidupnya sebagai prioritas untuk berkeliling dunia, mereka tak puas berada di tempat yang sama di tahun yang sama, mereka merasa hidup cuma sekali dan harus bisa melakukan hal yang berbeda dengan traveling. Kalau kamu merasakan hal yang sama, ternyata orang yang suka jalan-jalan juga genetik, ada keturunannya.

Variasi gen yang bisa diteukan dari orang yg suka jalan-jalan adalah reseptor dopamin. Variasi gen tertentu, DRD4-7R, telah dikaitkan dengan keingintahuan dan kegelisahan dan sering disebut sebagai “gen pengembara”. Orang yang suka gelisah kalau weekend gak punya duit tapi pengen jalan-jalan bisa dipastikan punya gen ini.

Studi DRD4-7R telah menunjukkan bahwa orang-orang dengan varian ini memiliki semangat petualang dan lebih terbuka terhadap pengalaman baru. Sekitar 20 persen orang di dunia memiliki varian gen ini. Varian ini lebih lazim di negara-negara yang jauh dari Afrika. Orang yang memiliki sifat ingin selalu traveling, cenderung pula memiliki anggota di keluarganya yang memiliki sifat yang sama.

3. Keturunan suka dengan jenis makanan tertentu

Sifat Yang Kamu Warisi Dari Orang Tua Cerpin Com 3

Makanan pedas

Beberapa orang memiliki ketahanan untuk makanan pedas, sementara yang lain tidak suka makan pedas. Di dunia ini selalu ada dua tipe orang, mereka yang penikmat karetnya satu dan penikmat karetnya dua, tahu kan maksudnya? jenis makanan yang kita nikmati, pedas atau tidak pedas juga ditentukan oleh genetika.

Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa variasi gen makanan juga mempengaruhi seberapa banyak anak yang suka permen. Anak-anak pertama mimiliki kepekaan dengan rasa pahit dan lebih cenderung menyukai makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi. Sedangkan untuk orang yang tidak terlalu menikmati permen, dipengaruhi genetik lain. Beberapa orang dikategorikan sebagai “supertaster”. Atau bahasa gampangnya, orang yang milih-milih makanan. Orang yang kalau makan berselera tinggi, maunya makan yang enak-enak doang.

Supertaster mewarisi lebih banyak selera daripada rata-rata orang, yang menyebabkan mereka merasa terbebani oleh rasa tertentu. Mereka menghindari makanan dengan rasa kuat seperti masakan pedas, termasuk makanan penutup yang sangat manis, jadi tidak mengherankan jika orang yang mewarisi supertaster cenderung kurus.

4. Skill mengemudi

Sifat Yang Kamu Warisi Dari Orang Tua Cerpin Com 4

Buat kamu yang merasa sudah megang mobil lama tapi gak pernah jago-jago, mungkin itu karena sudah keturunan. Atau buat kalian yang ingin punya SIM A tapi gak lulus-lulus, nah bisa dipertanyakan kenapa begitu. Sebuah studi yang dilakukan oleh ahli saraf di University of California-Irvine menemukan bahwa orang yang skill menyetirnya buruk, dapat dipengaruhi oleh genetik yang diturunkan padanya dibandingkan dengan orang yang menyetirnya normal.

Faktor neurotropika yang diturunkan otak (BDNF) adalah protein yang disekresikan di otak selama aktivitas tertentu. BDNF menjaga sel otak berfungsi optimal dan mendukung memori dan pembelajaran. Orang yang memiliki varian gen kurang menghasilkan BDNF sehingga mereka kurang memiliki memiliki ketrampilan. Ini berarti bahwa selama tugas-tugas tertentu, orang dengan varian kurang mampu mempelajari keterampilan baru, menyimpan informasi, dan memperbaiki tindakan mereka berdasarkan kesalahan.

Dalam penelitian tersebut, peneliti membuat simulasi uji coba dengan membuat rute rumit yang penuh dengan tikungan dan belokan. Peserta diminta mengemudi mobil 15 putaran. Mereka dinilai pada seberapa baik mereka menavigasi dan apakah keterampilan mengemudi mereka meningkat saat mereka mengulangi putaran. Dari 29 peserta, tujuh di antaranya memiliki varian gen. Mereka yang memiliki varian ini tampil 20 persen lebih buruk dari pada peserta tanpa varian itu.

5. Seberapa populer diri kamu diantara teman-teman

Sifat Yang Kamu Warisi Dari Orang Tua Cerpin Com 5

Kalau kamu merasa punya banyak teman, kamu mungkin telah mewarisi “gen popularitas”. Gen ini dapat memberikan kita sifat yang karismatik yang tentunya juga dimiliki oleh anggota lain di keluargamu. Ahli genetika telah mengidentifikasi gen tertentu yang membuat orang berperilaku dengan cara tertentu. Periset memeriksa perilaku mana yang ditentukan oleh DNA dan jika perilaku tersebut menghasilkan tanggapan positif dari teman sebaya.

Lebih dari 200 pria dianalisis dalam sebuah studi yang membandingkan genetika mereka dengan seberapa populer mereka dilihat dalam kelompok. Pria yang suka membuat onar, trouble maker cenderung lebih populer di antara teman-temannya dan biasanya mereka membawa “gen popularitas”.

Baca juga artikel yang menarik lainnya:

Kita mungkin cenderung percaya di jaman sekarang cara kita bersikap dan kepribadian kita berasal dari faktor lingkungan dimana kita bergaul, gaya hidup dan pengalaman sosial. Namun pada kenyataannya, genetika memainkan peran besar dalam membentuk seperti apa diri kita. Life will find a way.

Sifat Yang Kamu Warisi Dari Orang Tua Cerpin Com 8

Jurassic Park

Berikan komentarmu

Related articles

 #orang tua #sifat
Share

Pilihan editor