Share this
Share

Share

shares

Sering Jerawatan? Bisa Jadi 6 Makanan Ini Penyebabnya

23 June 2020  Ajeng

Kamu pasti pernah merasa iri saat melihat wajah orang lain yang lebih mulus. Saat selfie, mereka tidak perlu menggunakan filter yang bisa membuat noda-noda di wajah menghilang. Selain itu, mereka juga bisa tampil lebih percaya diri saat berada di tempat umum. Ini berbanding terbalik dengan kamu yang masih berurusan dengan jerawat. Setiap harinya, kamu mengoleskan belasan skincare demi menghilangkan masalah kulit tersebut tanpa mengetahui penyebab jerawat tersebut apa.

Jerawat bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah asupan makanan. Makanan yang kamu konsumsi tidak disadari bisa memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, nggak usah heran kalau kamu masih jerawatan meskipun sudah menggunakan skincare jutaan rupiah.

Jika kamu terlalu lelah dengan masalah jerawat, sebaiknya hindari lima makanan pemicu jerawat berikut ini.

1. Makanan Manis

sumber: pixabay.com

Makanan manis tidak akan membuat wajah kamu lebih manis. Kandungan gula yang terdapat pada makanan ini bisa memicu timbulnya jerawat. Jika dikonsumsi secara terus menerus, jerawat akan terus bermunculan dan kamubis astres gara-gara ini. Oleh karena itu, hindari makanan-makanan yang mengandung gula seerti kue, permen, biskuit, dan masih banyak lagi.

2. Karbohidrat Olahan

sumber: pixabay.com

Selain makanan manis, makanan yang mengandung karbohidrat olahan juga bisa membuat kamu jerawatan. Kandungan ini bisa menaikan insulin dan gula darah. Akibatnya, hormon andogen menjadi lebih aktif, sehingga jerawat akan muncul dengan senang hati. Untuk itu, hindari makanan dengan karbohidrat olahan seperti pasta, roti, sereal, mie, dan lain sebagainya.

3. Produk Olahan Susu

sumber: pixabay.com

Jika kamu sudah menggunakan skincare dan jerawat masih saja ada, bisa jadi penyebabnya adalah susu yang kamu konsumsi di pagi hari. Produk olahan susu bisa menyebabkan jerawat bertambah banyak. Bahkan, orang-orang yang sering mengonsumsi produk olahan susu bisa jerawatan empat kali lebih besar. Oleh karena itu, hindari berbagai produk olahan susu seprti susu sapi, yoghurt, es krim, dan masih banyak lagi.

4. Makanan Cepat Saji

sumber: pixabay.com

Makanana cepat saji memang sangat memajakan lidah, apalagi jika dikonsumsi di akhir bulan. Sayangnya, makanan ini tidak bisa membuat wajah kamu glowing seperti oppa oppa cewek Korea. Makanan cepat saji mengandung kalori, lemak, dan karbohidrat olahan yang tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi kentang goreng, burger, pizza, fried chicken, dan lain-lain.

5. Buah Kering

sumber: pixabay.com

Buah yang dikeringkan tidak bagus untuk kulit wajah kamu. Meskipun rasanya enak, jenis buah yang satu ini bisa membuat wajah kamu semakin jerawatan. Buah kering mengandung karbohidrat olahan, sehingga tidak direkomendasikan jika wajah kamu sedang berjerawat. Sebaiknya, konsumsi saja buah alami yang tidak melalui proses apapun.

6. Makanan Laut

sumber: pixabay.com

Seafood atau makanan laut juga bisa membuat seseoran menjadi berjerawat. Namun, hanya ada dua jenis makanan laut yang memicu timbulnya jerawat, yaitu lobster dan udang. Ini disebabkan oleh kandungan iodinenya yang tinggi. Untuk itu, puasa dulu makan seafood, ya! Ini juga demi kebaikan kamu, kok.

Setelah mengetahui beberapa makanan penyebab jerawat, kamu pasti akan lebih tepat dalam menangani jerawat. Selain itu, lakukan juga pola hidup sehat seperti berolahraga, tidur yang cukup, dan tidak stres berlarut-larut agar wajah kamu bisa cepet glowing. Semangat, ya!

Berikan komentarmu

Related articles

 #black head #cara menghilangkan jerawat #jerawat #jerawat batu #penyebab jerawat #white head
Share di whatsapp

Pilihan editor