Share this
Share

Share

shares

Senjata Rakitan Mematikan yang Jarang Diketahui

5 August 2020  Ajeng

Senjata merupakan alat yang biasa digunakan untuk menghancurkan atau membunuh sesuatu. Misalnya, panah, roket, senjata, api, dan masih banyak lagi.  Seiring berjalannya waktu, senjata didesain sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga desain dan kemampuannya tentu lebih canggih. Namun, kamu pasti akan tercegang saat tau bahwa ada beberapa senjata rakitan yang tidak kalah mematikan dengan senjata-senjata masa kini. 

Senjata-senjata tersebut dikenal mematikan karena bisa melumpuhkan musuh dan menghancurkan benda-benda di sekitarnya. Uniknya, senjata-senjata ini adalah rakitan manusia, sehingga bentuknya terkesan lebih tradisional. Penasaran? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Senjata Kelereng (Marble Gun)

via instructables.com

Kelereng menjadi salah satu mainan yang sering dimainkan sewaktu kecil. Namun, di negara bagian selatan Asia, kelereng dijadikan peluru untuk memburu binatang-binatang kecil seperti burung. Pastinya senjata yang membuat burung kecil terjatuh sangatlah berbahaya jika ditembakkan pada manusia dan bisa mengalami pembengkakan.

Senjata ini memiliki sumber tembak dari tekanan gas alkohol yang bisa dibuat sendiri. Bahan-bahannya mudah dicari dan ditemukan di sekeliling rumah ini terdiri dari pipa dengan ukuran berbeda, dan pipa alumunium berdiameter sebesar kelereng.

2. The EOKA

via thefirearmblog.com

EOKA merupakan singkatan dari “Ethniki Oranosis Kyprion Agoniston” yang merupakan sebuah kelompok militer Yunani. Kelompok militer ini berberperang melawan pasukan Inggris yang menduduki pulau tersebut pada tahun 1950. Persenjataan kelompok ini hanya bergantung dari pencurian dan pemberian sekutu. Akhirnya, mereka berinisiatif membuat senjata dari kayu yang di pahat dan selongsong logam.

Senjata ini memakai peluru dengan ukuran 20 mm dan digunakan secara manual dengan mengisi bubuk misiu setiap tembakannya.

3. Ketapel dalam Perang Saudara Suriah

via theatlantic.com

Awal mula perang suriah terjadi akibat tingginya tingkat kemiskinan yang merajarela, korupsi dimana-mana, dan kurangnya kebebasan dalam hal politik di bawah kepemimpinan Presiden Bashar Al-Assad. Musim Semi Arab pun menjadi faktor yang mempengaruhi peperangan saudara ini terjadi.

Senjata yang di pasok oleh beberapa negara menjadikan perang saudara ini berlangsung lama. Dengan waktu yang lama tersebut, terdapat beberapa masalah mengenai senjata yang kurang. Akhirnya, pihak pemberontak pun membuat senjata rakitan berupa katapel. Ketapel ini sangat berfungsi untuk melemparkan geranat ataupun batu kearah musuh.

4. Bambu Runcing

via hot.grid.id

Penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Belanda terhadap bangsa Indonesia berlangsung sekitar 300 tahun lamanya. Diawali dari bangsa Belanda mencari rempah-rempah hasil bumi di daerah Asia, dan berujung penindasan terhadap bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia merasa diperbudak dan memulai melakukan perlawanan. Perlawanan bermaksud untuk mengusir para penjajah dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Saat melawan penjajah, bangsa Indonesia kekurangan senjata dan berinisiatif membuat senjata dari bambu yang ujungnya di tajamkan. Senjata ini sering dipakai oleh prajurit untuk bergerilya di dalam hutan. Struktur bambu yang kuat dengan bagian ujungnya yang tajam sangat efektif untuk menusuk atau menikam musuh.

5. “Pee Wee Gaskins” Radio Bomb

via tribunnews.com

Pee Wee Gaskins yang akan kita bahas bukan band indie yang terkenal itu, tetapi Pee Wee Gaskins ini merupakan nama dari penjahat pembunuhan berantai. Sejak kecil, dia tumbuh dilingkungan yang keras akibat masalah ekonomi. Dia berusaha bertahan hidup dengan mencuri, menjadi preman, dan sampai membunuh orang.

Pee Wee Gaskins sudah sering masuk keluar penjara. Diawali pada tahun 1953, dia sudah masuk penjara di usia 20 tahun, dan diawal masuk penjaranya dia malah membunuh teman seruangannya untuk hanya mendapatkan popularitas di kalangan kriminal. Hingga akhirnya dia di vonis dihukum seumur hidupnya.

Pada akhirnya, Pee Wee Gaskins di dalam penjara di sewa oleh pengusaha untuk membunuh Rudolph Tyner. Karena kondisi penjara yang tidak ada senjata , dia berinisiatif untuk membuat bom C4 yang dimasukan ke radio ruangan sel Rudolph Tyner. Di waktu yang tepat, Pee Gas Skins menarik pelatuknya dan langsung menewaskan targetnya.

6. Senjata Rakitan Pemburu Zimbabwean

via forgottenweapons.com

Pemburu Zimbabwe akhir-akhir ini di tangkap oleh kepolisian Zimbabwe karena mereka menggunakan senjata yang illegal atau bisa disebut senjata rakitan yang tidak aman. Dengan tidak adanya ilmu yang cukupuntuk membuat senjata, pemburu-pemburu Zimbabwe membuat senjata alakadarnya. Senjata tersebut diukir hingga terlihat sama dengan senjata dilengkapi dengan selongsong pipa logam yang tipis.

Bukan hanya bahan-bahan yang alakadarnya, tetapi mereka seringkali menggunakan bubuk misiu yang dapat membahayakan penggunanya. Bahkan sebagian pemburu menggunakan bubuk yang dicuri di lokasi pertambangan sehingga resiko kecelakaan dalam penggunaan senjata tersebut sangat besar.

7. Senjata Petani

via indonesian.alibaba.com

Zaman dahulu, alat pertanian seperti garpu rumput, sabit rumput, cangkul dan yang lainnya sering digunakan senjata berperang. Sabit merupakan salah satu alat pertanian yang digunakan sebagai senjata tajam. Sabit yang digunakan untuk berperang biasanya berbentuk lebih proposional dengan bahan-bahan yang berkualitas. 

Sabit petani yang dimodifikasi banyak digunakan oleh petani negara Polandia dan Lithuania di abad ke-18 dan ke-19 dalam masa pemberontakan. Dalam pertempuran, negara Polandia pernah menerjunkan 5000 pasukan petani kuat yang disenjatai dengan sabit perang.

8. Alat Penyiksa Tahanan

via listverse.com

Penjara Jerman terkenal dengan kekejamannya. Pada zaman perang dunia ke dua, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan penyiksaan orang. Senjata yang sering digunakan oleh penjaga penjara yaitu cambuk yang di tali-talinya terdapat pisau cukur yang berbaris. Menariknya, tidak sedikit tahanan yang berhasil bertahan hidup dari kekejaman penjara Jerman pada zaman dahulu.

Senjata ini khusus dibuat untuk para tahanan yang memberontak pemerintah. Dengan senjata ini, kekejaman pemerintahan Jerman pada waktu itu menjadi sangat terkenal, bahkan ada beberapa alat penyiksa lainnya yang tidak terungkap.

Berikan komentarmu

Related articles

 #alat perang #senjata tajam #senjata tradisional mematikan
Share di whatsapp

Pilihan editor