Sempatkan Waktu untuk Berburu 10 Oleh-oleh Khas Malang Ini

Spread the love

Mengunjungi objek wisata Malang tentu saja nggak lengkap kalau nggak beli oleh-oleh. Ini bisa jadi bagian yang krusial karena buah tangan bisa banget bikin kamu rindu untuk kembali berkunjung ke Kota Dingin tersebut. Untuk itu, nggak jarang wisatawan menyempatkan diri belanja ke pusat oleh-oleh sebelum bertolak ke kota asalnya. Oleh-olehnya sendiri beragam. Nggak cuman aneka kaos, tapi sepuluh oleh-oleh khas Malang di bawah ini juga banyak diburu. Langsung catat, yaaa..

1. Oleh-oleh khas Malang Pia Mangkok

Pia Mangkok ini sudah nggak asing lagi di kalangan wisatawan. Oleh-oleh yang satu ini selalu memenuhi keranjang pembeli berkat rasanya yang enak nggak ada dua. Teksturnya empuk dan kulitnya renyah. Sensasi lembut di mulut pun bisa kamu dapatkan hanya dengan makan pia ini #lah. Hal tersebutlah yang menjadi pembeda Pia khas Malang dengan pia kebanyakan. Untuk harganya sendiri bervariasit ergantung isi dan merk, ya.. Kamu cukup menyiapkan budget mulai Rp 20ribu saja.

2. Sari Apel

Oleh-oleh lainnya yang menjadi ciri khas Malang adalah sari apel. Olahan buah apel ini rupanya nggak hanya digemari wisatawan, tetapi juga masyarakat Malang sendiri. Rasanya manis dan katanya bisa bikin nagih terus. Oleh-oleh yang satu ini tentu saja nggak susah dicari. Di setiap pusat oleh-oleh atau agrowisata, kamu bisa menemukan sari buah apel ini bertengger rapi. Harganya juga bervariasi, yaitu mulai dari Rp1300 saja per buahnya. Ini tentu saja bakal lebih hemat kalau kamu beli per dus.

3. Cokelat Tempe

Kalau mau beli oleh-oleh antimainstream Malang, Cokelat Tempe bisa jadi referensinya. Yoga Surya Pratama merupakan pemilik usaha ini. Untuk membuat usahanya sukses tentu saja tidak mudah karena ia harus melakukan beragam percobaan sejak tahun 2011, agar rasa cokelat tempe ini bisa diterima oleh lidah masyarakat.

Pada akhirnya, Cokelat ini laris di kalangan wisatawan. Perpaduan coklat, tempe, dan bahan-bahan tradisionalnya sukses memikat hati para pembeli. Selain rasanya, kemasannya pun dibuat cantik. Orang kalau lihat pasti pengen auto nyomot. Btw, ada lima varian rasa yang bisa dipilih. Mulai dari milk chocolate, coklat pedas, white chocolate tempe, strawberry chocolate tempe, dan apple chocolate tempe. Harganya mulai dari Rp8ribu sampai Rp 11ribu per batang.

4. Oleh Oleh khas Malang Keripik Buah

Bahan utama pembuatan keripik biasanya terbuat dari singkong, ubi, atau kentang. Di Malang, kamu bisa membeli keripik yang bahan utamanya terbuat dari buah-buahan. Oleh-oleh ini tentu saja cocok buat yang suka manis-manis. Nggak susah didapat,kok, kamu cukup prgi aja ke pusat oleh-oleh terdekat di Malang. Untuk varian keripiknya sendiri macam-macam. Ada Keripik salak, apel, nangka, mangga, nanas, dan rambutan. Harganya mulai dari Rp 15ribu.

5. Keripik Ceker

Nggak hanya keripik buah, Malang juga punya oleh-oleh unik lainnya, yaitu Keripik Ceker. Ceker ayam tersebut diolah menjadi keripik renyah dengan rasa yang gurih. Tentu saja keripik tersebut sudah tanpa tulang, sehingga kamu bisa lebih mudah saat menyantapnya. Keripik ini banyak dijual di pusat oleh-oleh khas Malang. Harganya pun bervariasi tergantung ukurannya. Untuk itu, sedakan saja budget mulau Rp 15ribu per bungkus.

6. Frozen Bakso

Ke Malang rasanya nggak lengkap kalau nggak nge-bakso Malang. Untungnya, kamu bisa terus mencicipi hidangan ini seolah masih berada di Kota Dingin ini. Apalagi kalau bukan dengan beli bakso beku atau frozen bakso. Bakso ini bisa jadi oleh-oleh orang tersayang maupun untuk diri sendiri sebagai stok makanan selama gabut di rumah.

Bakso beku yang rasanya terkenal enak ada di Bakso President. Lokasinya di Jalan Batanghari, Malang. Bakso forzen tersebut sudah dilengkapi dengan bumbunya, jadi kamu tinggal memasaknya saja. Harga paket satu Rp 135ribu yang cukup untuk 4-5 orang.

7. Oleh oleh Khas Malang Madu Klanceng

Nyari oleh-oleh yang “sehat”juga nggak susah di Malang. Di pusat oleh-oleh, kamu bisa menemukan Madu Klanceng, yang tak lain adalah madu olahan yang punya banyak khasiat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah mencegah kanker, meningkatkan kecerdasan otak, melancarkan menstruasi, dan melembabkan kulit. Untuk mendapatkan satu botol besar, kamu cukup membayar Rp 150 ribu.

8. Bakpao Sayang

Bakpao spesial rupanya menjadi kesayangan warga Malang, sampai-sampai disebut Bakpau Sayang. Bakpao ini banyak dicari wisatawan karena rasanya yang beda dari yang lain. Kulitnya lembut tidak beremah seperti pada kulit bakpao pada umumnya. Warna kulitnya putih kekuningan dan dibuat tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Isinya bervariasi. Ada kacang hijau, kacang hitam, kacang tanah, kacang merah, keju, dan aneka selai seperti stroberi, blueberi, sarikaya, dan nanas. Harganya mulai dari Rp 30ribu untuk 12 buah bakpao atau per paket.

9. Keramik Dinoyo

Selain berburu makanan, kamu juga bisa membeli souvenir oleh-oleh Malang murah. Salah satunya adalah Keramik Dinoyo yang bisa kamu temukan di Kampung Wisata di Kelurahan Dinoyo. Di Kampung ini, ada 30 toko yang menjual kerajinan keramik dari Malang. Jadi, kamu punya banyak pilihan, yang sekiranya cocok dengan selera dan kebutuhan. Kerajinan keramik ini sendiri nggak hanya berupa hiasan, tetapi ada juga patung, kendi, dan aneka keperluan rumah. Harganya macam-macam, yaitu mulai dari Rp 5ribu sampai jutaan rupiah!

10. Oleh oleh Khas Malang Keripik Kentang

Meski judulnya keripik kentang, oleh-oleh ini ternyata tidak terbuat dari tanaman semak tersebut. Bahan utama keripik tersebut rupanya dari tanaman sejenis umbi-umbian yang sering disebut gadung. Proses pengolahan keripik ini aman dan bisa menghilangkan racun yang diyakini ada pada umbi tersebut. Untuk rasa keripiknya sendiri gurih. Kalau kau suka pedas, cukup beli cabai bubuk sebagai cocolannya. Harganya terjangkau, jadi kamu bisa ngeborong untuk oleh-oleh orang rumah. Cuma Rp 20ribuan aja per 100 gram.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu