Share this
Share

1 shares

Selotip Webcam-mu Sekarang! Pesan Direktur FBI Untuk Menghindari Kejahatan Cyber

3 June 2017

Dalam konferensi yang digelar di Washington pada hari Rabu, 14 September 2016, Direktur FBI James Comey berbicara tentang topik keamanan di internet dan webcam pada komputer.

Selotip Webcam-mu Sekarang! Pesan Direktur FBI Untuk Menghindari Kejahatan Cyber

Dalam pidatonya, Direktur James Comey memberikan nasihat singkat yang mudah dilakukan namun sangat berpotensial efektif untuk pencegahan. Nasihatnya adalah, semua orang harus menutupi webcam komputernya masing-masing. Lebih jelasnya, ia mengatakan :

“Kalau kalian memasuki kantor pemerintahan manapun, disitu kalian melihat kalau kami memiliki kamera kecil yang terletak di atas monitor. Dan kamera itu telah ditutupi. Lakukanlah hal yang sama dan orang-orang yang tidak memiliki kepentingan tidak akan memiliki kesempatan untuk melihatmu. Saya pikir itu adalah hal yang bagus.”

Sebenarnya isu ini sudah ada dari tanggal 21 Juni sejak fotonya bos Facebook, Mark Zuckerberg yang kelihatan laptopnya dengan webcam dan mic jack pada macbook yang ditutupi selotip.

Selotip Webcam-mu Sekarang! Pesan Direktur FBI Untuk Menghindari Kejahatan Cyber

Isu ini juga dianggap sebagai sebuah paranoid oleh sekelompok orang. Namun cara ini juga dapat dianggap sebagai cara efektif untuk mereka yang tak ingin ada seseorang masuk ke sistem komputer kita dan mengakses informasi di dalam komputer. Isu ini sudah pernah diadaptasi ke dalam film ber-genre thriller dengan teknologi informasi, sebut saja film yang berjudul Cyberbully yang diperankan Maisie Williams.

Nasihat untuk “men-selotip-kan webcam” pertama kali datang ke public dalam film dokumenter Edward Snowden yang berjudul Citizenfour yang mana salah satu gambarnya menjelaskan tentang device elektronik yang dapat dengan mudah menjadi alat mata-mata dalam bentuk visual ataupun suara.

Selotip Webcam-mu Sekarang! Pesan Direktur FBI Untuk Menghindari Kejahatan Cyber

Beberapa perusahaan pun ternyata memanfaatkan paranoia public ini untuk dijadikan bisnis dan mendapatkan uang, seperti contohanya, situs online Monkeywi, yang bahkan menjual alat untuk menutupi webcam dengan berbagai bentuk desain. LOL! Yah, tapi untuk yang tidak mau ribet, kita hanya perlu menutupi webcam kita dengan selotip yang murah dan dapat dibeli di toko terdekat.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #direktur #fbi #hacker #selotip #webcam
Share

Pilihan editor