Selain IT, Inilah 10 Novel Stephen King yang Difilmkan

Spread the love

Sebelum membaca novel, biasanya kita melihat dulu siapa pengarangnya. Kalau ternyata penulisnya adalah Stephen King, nggak usah mikir dua kali buat beli buku tersebut. Gimana nggak, penulis yang dijuluki Raja Horor ini memilih ratusan karya yang beberapa diantaranya menyandang penghargaan. Bahkan, saking mendunianya karya-karya tersebut, ada beberapa novelnya kemudian difilm-kan. Salah satunya adalah film It yang sukses membuat penggemar film horor berdecak kagum. Selain film yang dibuat tiga seri itu, masih ada juga beberapa novel Stephen King yang diangkat ke layar lebar, yaitu sebagai berikut.

1. Novel Stephen King: The Green Mile

The green Mile menceritakan tentang sosok John Koffey yang apes lantaran terpaksa mendekam di penjara. Ia harus menjalani hukuman mati karena dituduh menggauli dan membunuh anak kecil. Namun, sosok pria misterius ini ternyata kekuatan supranatural  yang menggemnparkan seisi penjara. Film yang populer pada pada tahun 1999 ini berhasil mengantongi empat nominasi Oscars, salah satunya adalah nominasi sebagai film terbaik.

2. The Shining

Novel bergenre supranatural yang satu ini difilmkan dengan judul yang sama. The Shining menceritakan tentang seorang penuis dan keluarganya yang sedang menetap di hotel yang terkenal seram. Selam bermalam disana, sang penulis selalu mendapat gangguan ghaib, yang pada akhirnya sering kerasukan penunggu hotel tersebut. Mengerikannya lagi, hal tersebut malah jadi membahayakan anak dan istrinya. Penonton dibuat tegang dengan setiap alur ceritanya. Tonton langsung biar nggak penasaran.

3. Carrie

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul sama ini menceritakan tentang  kehidupan seorang gadis remaja berusia 17 tahun, Carrie White. Perempuan tersebut tak jarang mendapat rundungan dari teman-temannya, bahkan sampai dikucilkan. Ia tumbuh bersama sang ibu yang sangat religius yang membuat si Carrie ini jadi kena mental. Film yang dirilis pada tahun 1976 ini menjadi salah satu film legendaris di Hollywood. Kalau mau nonton remakenya, kamu bisa nonton Carrie (2013) yang diperankan oleh Chloe Grace Moretz.

4. The Mist

Film bergenre science fiction ini juga diadaptasi dari novel Sang Raja Horor. Flm tersebut menceritakan sebuah bencana yang menimpa sebuah kota. Tiba-tiba saja kabut asap pekat memenuhi seluruh kota dan makhluk-makhluk aneh mulai bermunculan. Mengerikannya lagi, peristowa aneh ini menimbulkan korban jiwa. Meski alur ceritanya nggak bikin mikir banget, ending dari cerita ini nggak bisa ditebak. Apakah kabut mematikan ini hilang begitu saja? Atau sirna begitu saja berkat kekuatan super? Segera temukan jawabannya!

5. Doctor Sleep

Padatahun 2019, kisah Danny Torrance kembali mencuat dalam film Doctor Sleep yang merupakan adaptasi dari novel Stephen King. Dan Torrance masih berjuang menemukan ketenangan meski masih dibayangi dengan trauma masa lalunya. Namun, ketenangan tersebut malah sirna usai ia bertemu dengan sosok Abra, remaka kecil yang memiliki kekuatan ekstrasensoral. Mereka kemudian bekerjasama untuk melawan Rose the Hat, sosok penjahat yang berambisi memiliki keabadian.

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. IT

Nggak banyak yang tahu kalau ternyata film It ini adalah adaptasi dari novel karya Stepehen King. Film yang satu ini menceritakan tentang sekumpulan anak-anak yang secara nggak sengaja harus berhadapan dengan sosok badut jahat bernama Pennywise. Sekumpulan anak-anak tersebut berusaha untuk melenyapkan si badut yang meresahkan ini karena sudah membuat salah satu adik dari sekelompok anak-anak tersebut meninggal dunia. Biar tau ceritanya lebih detail, tonton It yang dirilis tahun 1990, 2017, dan 2019. Ada tiga seri!

7. Novel Stephen King: Pet Sematary

Film Pet Sematary pertama kali dirilis pada tahun 1989, dan seri keduanya muncul pada tahun 1992. Film ini kembali ditayangkan pada tahun 2019 dengan pemeran yang berbeda. Film yang satu ini menceritakan tentang seorang ayah yang berambisi untuk menghidupkan orang mati. Untuk itu, ia memanfaatkan kekuatan supranatural di atas gunung untuk bisa mewujudkan keinginannya tersebut. Usai ia berhasil menghidupkan kembali kucingnya, ia bertekad untuk menghidupkan kembali putrinya yang sudah lama meninggal dunia. Namun, ia baru menyadari bahwa sosok yang hiduyp kembali itu bukan kucing maupun anaknya, melainkan hal yang jahat.

8. In The Tall Grass

In the Tall Grass merupakan salah satu film adaptasi dari novel Stephen King yang tayang di Netflix. Film yang dirilis pada tahun 2019 ini hanya satu jam setengah. Plow twistnya lumayan bikin kita mikir keras, jadi pastikan kamu menontonnya dengan penuh konsentrasi. Intinya, film yang satu ini menceritakan tentang sebuah keluarga dan kakak adik yang bertekad masuk ke dalam semak-semak usai mendengar suara teriakan minta tolong. Namun, hal yang terjadi ternyata di luar dugaan dan mereka yang terjebak di dalam semak-semak tersebut dibuat linglung dan parno.

9. Novel Stephen King: 1408

Film 1408 menceritakan tentang John Cusak, sosok investigator paranormal. Ia menantang dirinya sendiri untuk membuktikan mitos kamar berhantu 1408 yag ada di Hotel Dolphin. Mitos tersebut ternyata terbukti benar, namun Cusack sendiri malah terkena teror dari kamar yang seram tersebut. Dalam pembuatan film ini, konon endingnya sempat direkam ulang karena dianggap terlalu ekstrem. Katanya, kamu jadi takut buat nginep di hotel setelah nonton film ini.

10. Misery

Yang terakhir adalah film Misery yang mengisahkan tentang penculikan seorang pengarang buku. Ia disekap oleh fans gila yang kemudian dikurung di sebuah ruangan yang kedap udara dan terisolasi. Film yang satu ini dicap sangat mengerikan apalagi buat kita yang claustrophobia. Pasalnya, kita akan dibuat sesak sepanjang menonton film ini. Kalau emang nggakkuat, jangan maksain nonton, ya. Jadi, bagaimana si penulis ini meloloskan diri? Langsung tonton aja, deh!

Itulah sepuluh novel karya Stephen King yang diangkat menjadi film. Kamu bakal nonton yang mana dulu?

Berikan komentarmu