Share this
Share

Share

shares

Selain Hantu Kuyang, Ini 10 Hantu Terseram Lainnya di Indonesia

18 September 2020  Ajeng

Teman kamu pasti pernah curhat bahwa dirinya pernah melihat sesosok hantu. Seketika kamu terbawa ke dalam cerita tersebut dan suasana menjadi mencekam. Terlepas dari benar atau tidaknya cerita teman kamu itu, masyarakat Indonesia sendiri percaya bahwa hantu itu ada. Jenisnya pun bermacam-macam. Ada hantu kuyang, hantu kepala buntung, dan masih banyak lagi. Jadi, di Indonesia sendiri ada hantu apa aja, sih? Simak rankumannya di bawah ini.

1. Pocong

via pixabay.com

Pocong adalah jenis hantu yang bentuknya terbungkus oleh kain kafan. Hantu yang satu ini konon terkenal di negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapur. Pocong ini katanya hadir karena tali lilitan kain kafannya tidak dilepas pada saat akan dikuburkan. Akibatnya, mayat tersebut jadi gentayangan dan mengganggu masyarakat sekitar untuk diminta membukakan talinya.

Jika dilihat dari bentukannya, pocong ini sebenarnya tidak perlu ditakuti. Dengan tubuh yang terbungkus oleh kain kafan, setidaknya dia tidak bisa menyakiti kamu. Namun, kalau mukanya menyeramkan, siapa saja pasti akan ketakutan.

2. Selain Hantu Kuyang, Leak Juga Bisa Bikin Kamu Merinding

via genpi.co

Leak merupakan salah satu hantu yang berasal dari Bali. Keberadaannya konon mengancam masyarakat Bali. Hantu yang satu ini tugasnya mengumpulkan organ manusia untuk dijadikan sebagai tumbal dan bahan sihir. Bahkan, tidak sedikit masyarakat tanah Dewata yang sering menjumpai sosok mengerikan yang satu ini.

Menurut sejarah, hantu Leak ini memiliki berbagai jenis. Ada yang berwujud seperti manusia biasa, dukun, bahkan penyihir. Selain itu, Leak juga bisa berubah menjadi harimau, kera dan babi. Semua wujud tersebut sangat mudah dikenali karena memiliki mata yang menyala dan taring yang tajam sebagai ciri khasnya. Jadi, kamu sebaiknya hati-hati kalau menemukan makhluk dengan wujud seperti ang disebutkan di atas sata berkunjung ke Bali.

3. Hantu Kuyang

via liputan6.com

Hantu kuyang merupakan salah satu sosok makhluk ghaib paing menyeramkan di Indonesia. Bentuknya tidak utuh, yaitu, hanya berupa kepala dan isi tubuh seperti jantung, usus, dan sejenisnya. Hantu yang satu ini konon berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur.

Sosok yang satu ini suka meminum darah sisa orang yang melahirkan. Jadi, masyarakat Samarinda yang akan melahirkan selalu berhati-hati dengan kedatangan sosok ini. Mereka menggunakan alat-alat seperti pisau, sisir, dan cermin yang dipercaya bisa mengusir hantu tersebut.

Hantu ini sebenarnya adalah sosok wanita yang menganut ilmu hitam. Tujuannya adalah untuk mencapai kehidupan abadi. So, cara yang dia lakukan adalah mengincar orang-orang yang akan melahirkan untuk diambil sisa darahnya. Namun, kamu nggak perlu khawatir karena kuyang ini nggak bakalan dateng ke Bandung, Jakarta, dan sekitarnya, hhe.

4. Kuntilanak

via abadkini.com

Kuntilanak merupakan hantu yang paling populer di Indonesia. Kuntilanak ini konon adalah seorang wanita yang dibunuh dan kehilangan janinnya. Akibatnya, dia jadi gentayangan dan mengganggu masyarakat sekitar. Wujudnya tentu saja menyerupai perempuan dengan rambut panjang dan wajah menyeramkan. Suaranya juga menyeramkan. Ada yang pernah mendengar suaranya saat menangis, tertawa, bahkan seperti memanggil-manggil. Ngomong-ngomong, kamu pernah lihat sosok yang satu ini?

5. Genderuwo

via assets.pikiran-rakyat.com

Anak-anak biasanya ditakut-takuti dengan sosok yang satu ini. Genderuwo adalah jenis makhluk halus dengan perawakan yang tinggi, besar, dengan mata menyala dan rambut yang kusut. Konon, kehadirannya bisa kita rasakan jika mencium bau singkong bakar yang sudah gosong dan hawanya berubah menjadi dingin.

Genderuwo ini gentayangan setelah matahari terbenam. Oleh karena itu,nggak heran kalau anak-anak zaman dulu selau ditakut-takuti dengan sosok ini. Katanya, mereka bisa diculik jika pulang ke rumah lewat waktu magrib. Selain itu, genderuwo juga suka mengincar para wanita untuk dikawini. Caranya adalah dengan merubah wujudnya menajadi seorang laki-laki tampan untuk menarik perhatian. Ngeri, ya?

6. Selain Hantu Kuyang, Jenglot Juga Tidak Kalah Seram

via dok/ist/ tribunbali.com

Jenglot adalah salah satu sosok ghaib yang tidak kalah menyeramkan. Sosok yang satu ini cukup membahayakan karena suka meminum darah manusia. Ini dilakukan agar ia tetap bertahan hidup.

Menurut mitos yang beredar, Jenglot awalnya merupakan seorang pria sakti yang bertapa. Namun, karena waktunya terlalu lama, ia berubah menjadi boneka tulang kecil yang kering. Seiring berjalannya waktu, jenglot ini mulai dipercaya masyarakat untuk mendapatkan umur yang panjang dan kebahagiaan duniawi.

7. Wewe Gombel

via law-justice.co

Sama seperti Genderuwo, Wewe Gombel juga menjadi hantu yang ditakuti anak-anak. Konon, kesukaannya adalah mengincar anak-anak yang masih berkeliaran saat magrib. Setelah menculiknya, anak-anak tersebut kemudian akan disusui, sehingga mereka tidak mau pulang lagi ke rumah. Namun, beberapa mitos lain mengatakan bahwa wewe Gombel ini akan menculik anak kalau orang tuanya sudah tidak menginginkannya lagi. Hiks, sedih banget!

8. Suster Ngesot

via urbanlejen.files.wordpress.com

Suster Ngesot ini kabarnya pertama kali muncul di Rumah Sakit jalan Salemba, Jakarta. Menurut mitos yang beredar, sosok Suster Ngesot ini hadir karena ada seorang suster yang diperkosa. Setelah mendapat perlakuan bejad tersebut, suster itu kemudian dibunuh dengan cara yang mengerikan. Kakinya dilukai sampai tidak bisa berjalan dan akhirnya mati kesakitan. Oleh karena itu, Suster Ngesot ini katanya sering gentayangan di Rumah Sakit dan sering mengganggu pasien dan petugas medis di sana.

9. Selain Hantu Kuyang, Ada Juga Hantu Suanggi

via 2.bp.blogspot.com

Kamu mungkin masih asing dengan sosok hantu yang berasal dari Papua ini. Suanggi merupakan sosok penyihir yang bsia berubah wujud menjadi apa saja seperti wanita cantik sampai bola api. Ciri khasnya adalah memiliki mata terang yang menyala. Kehadirannya ditandai dengan bau binatang kuskus yang cukup menyengat.

Menurut mitos yang beredar, Suanggi ini pernah meneror sebuah desa akibat banyaknya pria hidung belang. Suanggi kemudian berubah menjadi perempuan untuk menggoda pria-pria hidung belang tersebut. Setelah pria terseut masuk ke dalam perangkapnya, Suanggi akan langsung membunuhnya tanpa ampun!

10. Hantu Botol Manci

via wattpad.com

Wujud Hantu Botol Manci mirip seperti tokoh kurcaci yang ada di film-film Disney. Sosoknya menggunakan topi berwarna merah dengan wajah yang sangat menyeramkan. Kemana-mana, ia selalu membawa botol susu, sehingga nggak heran kalau dinamakan hantu Botol Manci.

Mereka kerjaannya cuman iseng. Mereka selalu jahil pada anak-anak, bahkan bayi sekalipun. Selain itu, masyarakat juga percaya bahwa sosok ini bisa mengabulkan permintaan apapun. Syaratnya, kamu harus melepas topi merahnya dan mengembalikannya sebelum matahari terbit.

Itulah sepuluh cerita hantu khas Indonesia yang sagat melegenda. Apakah kamu percaya dengan hantu kuyang dan sejenisnya?

Berikan komentarmu

Related articles

 #film hantu terbaru #film joko anwar #film kuntilanak #hantu indonesia #hantu indonesia seram #hantu indonesia terbaru #hantu jeruk purut #hantu ndonesia film #hantu seram asli #hantu seram di dunia #pengabdi setan #rumah pengabdi setan
Share di whatsapp

Pilihan editor