Share this
Share

1 shares

Sejarah Singkat Tentang St. Nicholas Atau Sinterklas

15 October 2017
Sejarah Singkat Tentang St Nicholas Atau Sinterklas Cerpin Com 2

Sinterklas

Sejarah sinterklas

Ho ho ho…

Natal telah tiba! Bersiaplah untuk dapat kado liburan yang menyenangkan dari sinterklas. Kalau mengingat natal, tentu kita semua ingat sinterklas. Pria misterius yang datang di malam hari dengan baju merah, berjenggot putih lebat dan membawa karung yang berisi mainan. Tradisi sinterklas dikenal di seluruh dunia dan namanya selalu menggema tiap tahun ketika natal menjelang, ketika para orang tua memberitahukan anaknya kalau sinterklas akan datang di malam natal.

Tapi, apakah kalian pernah berpikir siapa sebenarnya sinterklas? dari mana sejarahnya? Dan pertanyaan yang lebih mendasar lagi, apa benar sinterklas itu ada? Jawabannya, iya, sinterklas itu ada dan pernah hidup di dunia ini.

Darimana sinterklas berasal

Sejarah Singkat Tentang St Nicholas Atau Sinterklas Cerpin Com 6

St. nicholas, sinterklas yang asli

Pada abad ke 3, tepatnya tahun 270 hiduplah seorang pria yang bernama St. nicholas. St. nicholas adalah orang yunani yang lahir di Patara, sebuah daerah di Asia, kalau sekarang namanya jadi Turki. St. nicholas adalah seorang uskup di kota yang bernama Myra di Turki. Ia menjadi terkenal namanya karena menjadi bagian di konsili nicea pertama di tahun 325 masehi.

Konsili nicea adalah suatu momentum dimana para uskup kristen di kala itu dikumpulkan oleh kaisar romawi constantine atau konstantinus I yang tujuan utamanya adalah penetapan dasar-dasar kristologis dalam agama kristen. Kaisar romawi konstantinus I adalah tokoh yang melegalkan agama kristen di masa itu karena adiknya yang bernama Flavia baru saja masuk kristen. Kaisar konstantinus I adalah orang yang pertama kali membawakan konsep trinitas.

Sejarah Singkat Tentang St Nicholas Atau Sinterklas Cerpin Com 7

Kaisar romawi konstantinus I

Di masa itu, St. nicholas punya nama lain yang dikenal sebagai father of christmas atau kalau bahasa indonesianya, bapaknya umat kristiani. Semasa hidupnya, St. nicholas pernah menolong anak-anak yang teraniaya dari orang jahat dan St. nicholas akan mendatangi mereka di malam hari dengan membawakan hadiah. Cerita lain juga mengatakan kalau St. nicholas pernah menyelamatkan 3 anak kecil yang hendak ingin dibunuh oleh seorang pria yang ingin memakan mereka.

Sejarah Singkat Tentang St Nicholas Atau Sinterklas Cerpin Com 5

St. nicholas, tokoh suci yang selalu memberikan hadian untuk anak-anak. The real sinterklas

Terkenalnya St. nicholas menjadi sinter klaus

Ajaran kristiani pun saat itu mulai menyebar dari timur ke barat, legenda tentang seorang yang bernama St. nicholas mulai diceritakan dari mulut ke mulut, sejak dari sinilah, legenda St. nicholas mulai berkembang. Dan karena keragaman budaya yang tumbuh di beberapa negara yang berbeda, apabila sebuah budaya baru yang muncul, cenderung akan memiliki sebuah pengaruh dari budaya yang lainnya. Dalam cerita yang berkembang itu, St. nicholas diceritakan adalah pria keturunan yunani dan romawi dengan ciri-ciri memiliki jenggot putih yang besar.

Agama kristen pun tumbuh di Eropa dan menyebar ke beberapa negara seperti jerman, denmark, belanda, finlandia, norwegia, dan swedia, di saat itu juga mereka mendapat cerita tentang St. nicholas dan dikarenakan ada perbedaan bahasa di beberapa negara di Eropa, karena kebiasaan, mereka pun mengejanya dengan nama, sinter klaus. Dan para imigran dari Eropa yang pindah ke Amerika, budaya tentang St. nicholas pun mulai berkembang di Amerika. Orang-orang Eropa yang berbahasa Inggris itu mengubah ejaannya menjadi Santa klaus.

Sinterklas dan dewa Odin

Karakter sinter klas sendiri sangat dipengaruhi oleh budaya Norwegia, yaitu dewa norse (dewa pagan dari Eropa) yang bernama Odin. Odin adalah dewanya dewa, yang juga merupakan dewa perang (God of War) dan ayah dari Thor, yang merupakan dewa petir.

Sejarah Singkat Tentang St Nicholas Atau Sinterklas Cerpin Com 4

Odin dan anaknnya Thor versi filmnya

Ada yang sudah nonton The Lord of The Rings? (kebangetan kalau gak tahu).

Sejarah Singkat Tentang St Nicholas Atau Sinterklas Cerpin Com 3

Gandalf the grey, Gandalf si abu-abu

Di film LOTR, kita pasti ingat sama yang namanya Gandalf the Grey, kan? Tahun 1947, pembuat LOTR, J.R.R. Tolkien, ketika membuat novelnya bilang kalau Gandalf itu terinspirasi dari Odin. Dari sinilah asal muasal yang sebenarnya dari karakteristik sinter klas yang memiliki jenggot putih yang persis seperti Odin, dewa pagan dan Gandalf dari LOTR, bedanya Gandalf naik kuda, tapi sinter klas tidak. Kenapa? Karena di masa itu, di Norwegia dan Swedia tidak terlalu ada banyak kuda, kuda bukan hewan asli sana melainkan adanya rusa kutub.

Itulah sebabnya setiap kali kita mendengar cerita tentang sinter klas, dia pasti adalah pria yang berjenggot putih dan naik kereta dengan ditarik delapan rusa kutub dan terbang ke angkasa yang juga mirip seperti dewa Odin yang naik kuda dan terbang ke angkasa.

Sejarah Singkat Tentang St Nicholas Atau Sinterklas Cerpin Com 1

Dewa Odin menaiki kuda putih dan bisa terbang

Dari sinilah cerita tentang sinter klas dan karakteristiknya terbawa dan turun dari generasi ke generasi sampai sekarang.

Baca juga artikel menarik yang mindblowing lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #natal #sejarah #sinterklas
Share

Pilihan editor