Share this
Share

1 shares

Inilah Sejarah Kenapa Posisi Menyetir Ada Yang Di Kiri Dan Kanan

9 December 2017

Inilah Sejarah Kenapa Posisi Menyetir Ada Yang Di Kiri Dan Kanan

Kenapa di Indonesia nyetirnya di kanan dan Amerika nyetirnya di kiri? – Untuk yang biasa berkendara dengan mobil, pasti hafal dengan posisi duduk di belakang setir. Mobil yang diproduksi di Indonesia mayoritas punya posisi duduk sebelah kanan. Ini memang hal umum yang terjadi di negara-negara sebagian besar Asia.

Tapi tahu gak kenapa mobil di Indonesia punya posisi setir di kanan? pasti orang gak tahu. Tak hanya di Asia, di Eropa, negara seperti Inggris juga mengadopsi posisi mengemudi di kanan dan jalan di sebelah kiri. Semua kebiasaan menyetir ini ternyata ada sejarahnya. Kebiasaan menyetir orang di kiri jalan sebenarnya sudah duluan ada jauh sebelum mobil ditemukan.

Kembali ke abad pertengahan di Eropa, di masa lalu orang belum punya mobil, yang ada adalah wagon atau kereta yang ditarik oleh kuda, kalau di Indonesia mungkin namanya jadi delman. Di masa itu, bepergian tak semudah sekarang. Orang-orang jaman dulu kalau bepergian selalu was-was dan merasa terancam. Ketika orang menyusuri jalan dengan kereta kuda, risiko diserang dan dirampok oleh kelompok bandit pasti ada.

Inilah Sejarah Kenapa Posisi Menyetir Ada Yang Di Kiri Dan Kanan

Kereta kuda

Karena alasan keamanan itulah, orang-orang kalau bepergian menyusuri tepi jalan yang sebelah kiri. Alasannya adalah rata-rata orang di dunia bertangan kanan, atau tidak kidal. Begitu juga orang-orang di Inggris yang bertangan kanan. Jadi dengan menyusuri kiri jalan dan memegang tali kemudi dengan tangan kiri adalah cara yang efektif. Cara ini bertujuan untuk membiarkan tangan kanan kita leluasa untuk bergerak apabila ada ancaman.

Supir kereta kuda jaman dulu di Eropa selalu membawa pedang atau senjata lainnya di tangan kanan dan memegang kemudi kuda dengan tangan kiri. Dengan cara ini orang akan lebih bebas ketika menghadapi ancaman dan bisa dengan cepat menggerakan tangan kanannya. Tak hanya kereta kuda, orang jaman dulu kalau berjalan kaki juga berada di pinggir sebelah kiri karena alasan keamanan yang sama.

Inilah Sejarah Kenapa Posisi Menyetir Ada Yang Di Kiri Dan Kanan

Kecenderungan orang-orang mengemudi di sisi jalan juga dipengaruhi faktor tangan mana yang lebih aktif. Kita bisa melihat kebiasaan orang berjalan di jaman dulu antara yang kidal dan tidak kidal. Seperti di negara-negara Eropa lain juga ada yang menyetir di sebelah kanan. Ceritanya berawal dari Napoleon yang suka berkendara di sisi kanan jalan karena diketahui dia adalah seorang yang kidal (lebih ke tangan kiri). Napoleon membawa pengaruh berkendara di sebelah kanan ini ke wilayah yang dia taklukan. Negara-negara lain yang mengemudinya di sebelah kanan adalah Jerman, Austria, dan Ceko yang dikeranakan oleh pengaruh suatu kelompok.

Amerika sendiri adalah negara yang menganut posisi menyetir di sebelah kanan, artinya posisi mengemudi mobilnya di sebelah kiri. Kebalikannya sama Indonesia. Sejak Amerika masih dijajah Inggris, negara ini memang sudah mengemudi di sebelah kanan.

Menurut penelitian Federal Highway Administration (kementrian perhubungan), hal ini dipengaruhi karena orang jaman dulu di Amerika melakukan aksi penolakan terhadap kebiasaan yang pernah dilakukan oleh Inggris. dan karena hal itu mempermudah pengontrolan gerobak. Dan untuk alasan fleksibilitas, mengemudi di sisi kiri jalan akan mempermudah pengemudi duduk di sebelah kiri gerobak mereka atau membawa kuda mereka dengan berjalan kaki di sisi kiri. Dengan cara ini mereka jadi lebih mudah melihat lalu lintas yang lewat dengan berjalan di sisi kanan jalan.

Inilah Sejarah Kenapa Posisi Menyetir Ada Yang Di Kiri Dan Kanan

Sejak saat itu, beberapa negara bagian di Amerika mengikuti kebiasaan ini. Pada tahun 1792, Pennsylvania mengatur lalu lintas di jalan tol baru di tahun 1792 dengan sistem mengemudi di sebelah kiri, kemudian New York juga ikut mengadopsi sistem menyetir di kiri di tahun 1804. Dan negara bagian lainnya pun mulai mengikuti. Ketika mobil sudah mulai ngehits di Amerika, Henry Ford sadar dengan keadaan menyetir di kiri jalan, dan saat itu, mobil-mobil keluaran ford adalah yang pertama membuat mobil Model T dengan posisi menyetir di sebelah kiri. Semenjak saat itu, industri otomotif semakin berkembang dan pabrik-pabrik mobil lainnya pun mengikuti sistem yang sama.

Inilah Sejarah Kenapa Posisi Menyetir Ada Yang Di Kiri Dan Kanan

Mobil ford di awal-awal

Kesimpulannya, Amerika mengemudi di kiri karena jalannya berada di kanan. Dan hal ini adalah bentuk penolakan dari penjajahnya, yaitu Inggris yang pernah menerapkan posisi menyetir di sebelah kanan. Negara yang juga mengganti sistem menyetir menjadi sebelah kanan dilakukan oleh Swedia di tahun 1967, sebelumnya orang-orang Swedia menyetir di sebelah kanan karena jalanannya di sebelah kiri, sama seperti di Indonesia.

Bahkan Inggris sendiri pun sebelumnya pernah mempertimbangkan untuk berpindah sisi kanan, tapi sepertinya belum akan tercepai dalam waktu dekat. Salah satu bagian yang paling membingungkan ketika berada di Inggris adalah pas menyeberang jalan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #driving #menyetir #sejarah
Share

Pilihan editor