Sadako dan 10 Legenda Hantu Jepang Ini Seramnya Juara!

Spread the love

Setiap negara punya urband legendnya masing-masing. Kalau Indonesia punya pocong dan kuntilanak, lain halnya dengan Jepang. Negeri Sakura itu memiliki beragam hantu legend, sebut saja yang paling terkenal Sadako. Sosok hantu ini bisa dibilang paling hits karena dia sering muncul di beberapa film horor Jepang. Hantu berjenis kelamin perempuan ini konon sering muncul dari dalam sumur, dengan pakaian berwarna putih, ditambah dengan kulit yang pucat, dan rambut panjang berantakan. Dia kini menjadi teror tersendiri bagi masyarakat Jepang yang mempercayai kehadiran sosok tersebut. Selain Sadako, ada juga sepuluh legenda hantu Jepang lainnya, yaitu sebagai berikut.

1. Legenda Hantu Jepang: Teke-teke

Tek tek atau Teke-Teke adalah salah satu hantu Jepang yang nggak kalah hitsnya. Sosok yang satu ini konon dulunya adalah seorang remaja perempuan yang tewas akibat terlindas kereta api. Ngerinya, tubuhnya sampai terbelah menjadi dua, dan arwahnya geram dan ingin membalaskan dendam.

Dalam mencari mangsa, sosok Teke-teke ini konon sering membawa sabit besar. Saat bertemu mangsanya, ia akan mengejar korbannya dengan dengan kecepatan yang tinggi hanya menggunakan kedua tangannya. Suaranya unik, yaitu berbunyi teke..teke..teke.. saat mengejar mangsanya itu. Untuk itu, anak-anak di Jepang tidak berani keluar rumah setelah magrib karena tidak ingin bertemu dengan sosok ini.

2. Akaname

Akaname juga hantu legenda jepang lainnya yang nggak kalah seram. Sosok yang satu ini katanya sering ditemukan di dalam toilet. Dia bertahan hidup dengan memakan kotoran atau debu yang ada di dalam toilet tersebut. Wujudnya seperti manusia biasa namun kulitnya sangat merah seperti direndam air panas. Lidahnya juga sangat panjang, sehingga siapa aja bakal koleps kalau bertemu hantu ini pas lagi di toilet.

Btw, hantu ini juga katanya introvert pemalu. Dia nggak bakalan menampakan diri meski ada manusia yang memasuki toilet tempat tinggalnya. Keberadaannya sendiri ditandai dengan suara berisik yang berasal dari toilet. Untuk itu, pastikan toilet selalu bersih kalau tidak mau si Akaname ini bersarang di sana.

3. Rokurokubi

Rokorokubi adalah sosok hantu yang terkenal dengan lehernya yang panjang. Katanya, dia dulunya adalah seorang wanita yang dihukum akibat melanggar pantangan dalam agama Budha. Arwahnya menjadi gentayangan. Pada siang hari, wujudnya persis seperti manusia biasa, bahkan ada beberapa juga yang punya suami. Ia baru akan berubah wujud saat langit mulai gelap. Wajahnya menjadi seram, dan lehernya juga memanjang. Ia bakal berkeliaran untuk menakuti penduduk dan mencari darah.

4. Legenda Hantu Jepang: Nukekubi

Nekukubi hampir mirip seperti Rokurokubi. Pada siang hari, ia juga membaur dengan masyarakat dengan wujud normal seperti manusia biasa. Menjelang malam, barulah ia berubah wujud. Bedanya, leher dia tidak memanjang. Melainkan kepala dan tubuhnya terpisah. Si kepalanya ini bakal keliaran untuk mencari mangsa manusia. Sambil beredar, dia bakal menjerit-jerit (ngeri, ya?). Setelah menemukan mangsanya, dia harus buru-buru kembali ke tubuhnya sebelum matahari terbit. Kalau terlambat, si Nekukubi ini bakalan mati.

5. Kappa

Kappa juga menjadi legenda hantu Jepang yang nggak kalah terkenal. Sosok ini bisa dibilang siluman amfibi, namun dengan wujud yang menyerupai seekor monyet. Tubuhnya diperkirakan sebesar anak kecil berusia lima tahun, mulutnya berbentuk paruh, punggungnya memiliki tempurung, serta kaki tangannya berselaput. Menariknya lagi, dia punya semacam mangkuk di kepalanya. Jika ‘mangkuk’ ini tetap terisi air, kekuatannya masih tetep ada. Sebaliknya, dia bakal mati kalau airnya kering.

Sosok ini katanya sering dijumpai di danau. Kalau ingin terhindar dari serangan makhluk ini, kita bisa melemparnya dengan mentimun. Konon, buah tersebut adalah kesukaannya.

6. Legenda Hantu Jepang: Hanako

Hanako adalah sosok hantu yang sering eksis di cerita manga, anime, maupun film. Hanako ini konon menjadi sosok teror di toilet. Ia bakal muncul kalau ada orang yang mengetuk pintu sebanyak tiga kali sambil mengatakan, “Hanako, apakah kamu ada di sana?”. Uji nyali ini sering dilakukan oleh anak-anak sekolah. Kalau ternyata si Hanako ini menjawab pertanyaan tersebut, dipastikan dia memang sedang berada di dalam. Kalau kita nekad membukanya, sosok hantu berambut pendek ini akan menarik kita ke dalamnya. Apa yang terjadi sama kita? Mati.

7. Kuchisake Onna

Legenda hantu jepang Kuchisake Onna ini kerap membuat siapa saja takut. Meski cuman lihat di film aja, sosok ini tetap menyeramkan. Ia berwujud seorang wanita yang selalu menutup  mulutnya. Karena apa? Sobek 🙁

Menurut cerita legenda urban Jepang, kuchisake onna merupakan perempuan muda yang hidup pada zaman Heian. Ia diduga sebagai istri atau selir samurai. Kecantikannya tidak membuat hatinya memiliki hal serupa. Ia terkenal angkuh dan sering berselingkuh. Suatu hari,sang suami murka akibat perbuatannya, dan langsung merobek mulut perempuan tersebut sampai ke telinga.

Arwah perempuan ini konon bergentayangan. sambil menutup mulutnya, ia selalu menanyakan hal yang sama pada orang yang ditemuinya. “Apakah saya cantik?”. Jika jawabannya ‘iya’, sosok tersebut akan membuak maskernya dan menanyakan kembali hal yang sama. Jika orang tersebut terkejut dan menjawab “tidak”, dia akan langsung dibunuh.

Baca juga artikel menarik lainnya:

8. Kokkuri-san

Hantu Kokkuri-San ini muncul jika sekelompok orang berusaha memanggilnya. Ritualnya mirip-mirip seperti permainan Jailangkung. Orang-orang yang uji nyali dengan permainan ini akan menanyakan hal apapun pada sosok ini. Jawaban tersebut bisa diketahui melalui sebuah koin yang bergerak sendirinya, munujukkan huruf satu persatu sehingga membentuk suatu kata. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk mengucapkan selamat tinggal pada Kokkuri-san. Kalau tidak, siap-siap saja menghadapi kematian. Apa kamu percaya ini?

9. Legenda Hantu Jepang: Kasabake

Kasa-obake atau Kasabake merupakan hantu berjenis Tsukumogami atau Yokai, yaitu benda yang tiba-tiba menjadi hidup. Menurut mitologi Jepang, benda tersebut konon sudah ada setelah ada selama 100 tahun. Hantu ini konon berasal dari payung kertas China yang bertransformasi. Saat berubah menjadi hantu, payung ini memiliki satu atau dua kaki yang bisa membuat mereka bergerak bebas, satu buah mata yang besar, dan lidah yang menjulur panjang. Dia ini suka sekali menyelinap. Ia suka tiba-tiba menampakan diri sambil menjilatkan lidahnya yang sangat besar dan berminyak.

10. Noppera-Bo

Hantu Jepang yang terakhir adalah Noppera Bo. Sosok ini punya daya tarik yang spesial, tak lain adalah wujudnya yang tidak memiliki wajah. Saking seramnya, sosok ini pun dijuluki Biksu tanpa wajah karena ada beberapa diantara mereka yan berkepala plontos.
Menurut mitologi Jepang, Noppera Bo ini tidak membahayakan, namun sering iseng menakut-nakuti manusia. Ia sering menampakan diri di jalanan yang sepi pada malam hari. Awalnya, ia menyamar sebagai laki-laki atau perempuan dengan tubuh yang menghadap ke belakang. Saat ada yang menghampiri, Noppera Bo ini akan membalikan badan dan menunjukan sosok aslinya.
Setelah mengetahui sepuluh legenda hantu jepang di atas, mana yang menurut kamu paling seram?
Berikan komentarmu