Share this
Share

shares

7 Rumah Sakit Angker Dari Seluruh Dunia Yang Berhantu

14 December 2017

Dari beragam jenis bangunan yang kosong, terbengkalai, mungkin tidak ada yang lebih menakutkan daripada rumah sakit yang kosong. Kalau rumah kosong, gedung kosong mungkin sudah biasa. Kalau rumah sakit kosong? (bulu kuduk berdiri).

Rumah sakit adalah tempat yang hanya didatangi orang waktu lagi susah, menderita, sakit dan butuh bantuan. Bangunan seperti rumah sakit adalah saksi bisu yang telah menyaksikan ribuan orang yang terluka, kehilangan jiwanya bahkan kehilangan nyawa. Ketika kosong, bangunan seperti rumah sakit dibiarkan begitu saja karena memang tak banyak orang yang ingin menggunakan bangunan yang “bekas” rumah sakit.

Di seluruh dunia sebuah rumah sakit kosong adalah tempat yang sakral, tak pernah disentuh dan membusuk tak terawat. Rumah sakit kosong angker di bawah ini adalah sedikit dari beberapa rumah sakit yang punya cerita panjang dalam sejarahnya di masa lalu.

1. Letchworth Village

Rumah Sakit Angker Dari Seluruh Dunia Yang Berhantu Cerpin Com 1

Rumah sakit ini dibangun pada tahun 1911 di pinggiran New York, Desa Letchworth pada mulanya dibuat untuk menjadi desa yang merawat orang sakit jiwa. Pada tahun 1950 lebih dari 4000 pasien tinggal di sana, banyak di antaranya adalah anak-anak. Di pusat Desa Letchworth adalah rumah sakit dan kamar mayat.

Meskipun dahulu rumah sakit ini megah, namun saat ini sama seperti bangunan kosong lainnya yang terbengkalau. Tak hanya rumah sakit, desa Letchworth juga sudah ditinggalkan. Bangsal kosong masih berisi tempat tidur dan lukisan di dinding dari anak-anak yang pernah tinggal di sana. Bedanya sudah tak ada siapapun lagi. Rumah sakit ini juga punya ruang bawah tanah yang gelap gulita dengan laboratorium, kamar dokter, dan kamar mayat. Kesan angker dari desa Letchworth makin berasa karena adanya pemakaman di hutan yang juga tak jauh dari rumah sakit. Diketahui, pemakaman tersebut adalah rumah bagi ratusan kuburan yang tak ada namanya, hanya ditandai dengan salib dan angka.

2. Beelitz-Heilstatten

Rumah Sakit Angker Dari Seluruh Dunia Yang Berhantu Cerpin Com 2

Rumah sakit adalah tempat yang angker ketika kosong. Lihat saja rumah sakit Beelitz ini, tempat yang terkenal dari sejak perang dunia. Tempat ini masih ditakuti orang namun bukan karena tempatnya yang kosong, namun kata orang tempat ini masih menyisakan kesan yang lebih jahat daripada bangunan tua lain. Alasan ini tak lain dan tak bukan adalah karena siapa yang dirawat di tempat ini. Rumah sakit ini tercatat pernah merawat dua tokoh paling dibenci sejarah Jerman, yaitu Adolf Hitler dan Erich Honocker.

Beelitz-Heilstatten dibangun sekitar akhir abad ke-19, awalnya sebagai rumah sakit untuk merawat pasien tuberkulosis di Berlin. Kompleks yang luas ini terdiri lebih dari 60 bangunan, kemudian diubah menjadi rumah sakit Palang Merah selama Perang Dunia I. Di sinilah Adolf Hitler dibawa untuk memulihkan diri setelah menderita luka di pahanya saat Pertempuran Somme.

Beelitz-Heilstatten akhirnya ditinggalkan pada tahun 2000, dan seperti banyak rumah sakit kosong lainnya, bangunan tua bersejarah ini mulai mengelupas catnya, koridor-koridor yang sepi, dan peralatan medis yang berkarat. Tapi tetap saja, kesan jahat dari rumah sakit ini karena dua pasien itu masih tersimpan di benak orang turun temurun.

3. Pusat kesehatan Neponsit

Rumah Sakit Angker Dari Seluruh Dunia Yang Berhantu Cerpin Com 3

Rockaway Beach di New York adalah pantai dengan ciri khas tersendiri. Di sini, para pengunjung pantai dan peselancar yang mengunjungi pantai terpencil ini menikmati sinar matahari musim panas dan angin sepoi-sepoi. Namun hanya ada satu kekurangan dan kecemasan bagi mereka yang mengunjungi tempat ini. Yaitu berusaha untuk tidak memikirkan rumah sakit kosong yang sudah ditinggalkan di pantai ini.

Terletak di sepanjang Rockaway Beach Boulevard, Neponsit Hospital dibangun pada tahun 1918 sebagai rumah sakit untuk anak-anak. Dijadwalkan oleh Jacob Riis, jurnalis dan fotografer yang berusaha untuk menyoroti kondisi buruk daerah kumuh di New York, rumah sakit di pantai dianggap sebagai lokasi ideal untuk anak-anak yang menderita tuberkulosis, yang diperkirakan mendapat manfaat dari udara segar yang datang dari laut Atlantik. Pada abad ke-20, rumah sakit tersebut diubah menjadi rumah perawatan bagi lansia.

Ketika rumah sakit rusak parah saat terjadi badai pada tahun 1998, pasien di Neponsit dievakuasi di tengah malam, tanpa peringatan kepada pasien atau keluarga mereka. Dua warga meninggal saat direlokasi, dan satu lagi hilang selama beberapa minggu.

Rumah sakit telah dibiarkan perlahan membusuk sejak saat itu. Ada desas-desus tentang rencana untuk mengubah rumah sakit pantai menjadi hotel yang digagalkan oleh sebuah perjanjian yang pernah menyatakan bahwa lahan tersebut hanya dapat digunakan untuk rumah sakit atau taman umum. Ini berarti berarti pengunjung pantai Rockaway akan terus melihat sosok seram rumah sakit kosong yang angker itu.

4. Rumah sakit Pripyat

Rumah Sakit Angker Dari Seluruh Dunia Yang Berhantu Cerpin Com 4

Pripyat adalah kota di Ukraina yang paling terkenal di dunia namanya. Tapi bukan terkenal karena tempat wisata seperti Paris, Milan, Amsterdam, tapi terkenal karena menjadi korban bencana nuklir Chernobyl. Kota ini memang dirancang sebagai contoh model kehidupan komunis pada jaman dulu.

Dalam kota ini ada tempat disko, tempat olah raga, kafe-kafe, sekolah, bar, dan rumah sakit. Sebuah rumah sakit di Pripyat termasuk cukup besar untuk menampung 400 pasien, rumah sakit tersebut juga menyediakan bangsal persalinan yang sangat berkembang untuk 1000 bayi yang lahir di sana setiap tahunnya.

Seperti layaknya kapal pecah, kota pripyat memang terbengkalai, dipenuh dengan sisa-sisa barang bekas dari zona ledakan, termasuk rumah sakit pripyat sangat menakutkan. Rumah sakit angker ini adalah saksi bisu bagi banyak orang yang mati karena radiasi ketika terjadi bencana Chernobyl di tahun 1986.

5. Rumah sakit imigran The Ellis Island

Rumah Sakit Angker Dari Seluruh Dunia Yang Berhantu Cerpin Com 5

Pulau Ellis dan Patung Liberty yang berdekatan tetap menjadi dua dari landmark New York yang paling banyak dikunjungi. Lebih dari 4 juta wisatawan berlayar ke Pulau Ellis setiap tahun, salah satu tempat yang eksotik dan bersejarah karena tempat ini dulunya adalah tempat nenek moyangnya orang Eropa saat pertama kali masuk ke Amerika. Tapi Pulau Ellis memiliki sisi gelap yang lain, sebuah pulau misteri yang pernah menjadi rumah bagi para imigran jaman dulu dan sebuah rumah sakit kosong.

Rumah sakit ini pertama kali beroperasi pada tahun 1902, dulunya tempat ini adalah sebagai fasilitas penahanan bagi mereka yang dianggap tidak layak untuk masuk ke New York. Setibanya di Eropa, para imigran menjalani pemeriksaan medis singkat (seringkali secepat 30 detik), dan tanda kapur yang dibuat di atas pakaian mereka menandakan apakah mereka dapat masuk ke Amerika atau dikirim ke sisi lain pulau tersebut untuk perawatan dan pemantauan.

Rumah sakit memiliki lingkungan untuk pasien yang menderita penyakit menular seperti tuberkulosis, difteri, dan kolera, serta ruang otopsi dan fasilitas sterilisasi yang luas untuk staf medis. Sekitar 3.500 pasien malang meninggal di pulau tersebut, dan 350 bayi terlahir di sana.

Rumah sakit ini pun ditutup pada tahun 1930an, dan secara bertahap telah mengalami pembusukan karena faktor usia. Dalam beberapa tahun terakhir, tempat ini memang sering dijadikan tur dan dikunjungi pecinta wisata misteri namun kunjungannya masih terbatas oleh organisasi yang mengelola tempat ini.

6. Ypres Advanced

Rumah Sakit Angker Dari Seluruh Dunia Yang Berhantu Cerpin Com 6

Rumah sakit ini termasuk bangunan angker yang merupakan sisa-sisa dari dunia medis di jaman Perang Dunia I terletak di Ypres, Belgia. Kamar-kamar gelap dari bangunan ini adalah tempat dimana korban dari garis depan pasukan yang dibawa untuk pertolongan pertama karena luka yang parah.

Salah satu dokter yang bekerja di tempat yang mengerikan ini adalah Letnan Kolonel Kanada John McCrae, yang melakukan pekerjaan mengerikan seputar operasi mengerikan pada para pasien.

Salah satu korban adalah teman dekatnya Alexis Helmer, yang mana akhirnya meninggal dan dikubur di daerah sana.

7. Nocton Hall

Rumah Sakit Angker Dari Seluruh Dunia Yang Berhantu Cerpin Com 7

Nocton hall

Di sebuah tempat terpencil di Lincolnshire, Inggris terdapat sebuah rumah dari zaman Victoria yang sudah hancur, yang sekarang ini sudah hampir tak terlihat lagi bentuknya, perlahan-lahan runtuh dan keberadaannya diambil alih oleh hutan. Sebelumnya rumah itu adalah rumah megah yang indah, berasal dari tahun 1530.

Tapi Nocton Hall adalah nama dari bangunan ini yang lebih dikenal sebagai rumah sakit militer, kebanyakan digunakan oleh pasukan angkatan udara. Tentara yang terluka dari Perang Dunia I dari ke Perang Teluk pertama diobati di sana.

Rumah sakit angker ini dijual pada tahun 1995, setelah itu ditinggalkan. Sebuah kebakaran pada tahun 2004 akhirnya menghancurkan bangunan ini. Kini, Nocton Hall adalah tempat kosong yang angker, sering dijadikan uji nyali dan tempat eksplorasi hantu di hutan, bukan fasilitas medis seperti jaman dulu.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

Share

Pilihan editor