Share this
Share

shares

4 Referensi Kuliner Solo yang Wajib Kamu Coba, Ada Makanan Presiden!

28 August 2019

Referensi Kuliner Solo yang Wajib Kamu Coba, Ada Makanan Presiden!

Apa yang terlintas dalam benakmu ketika mendengar kata Solo? Keramahannya atau wajah mantan walikotanya yang kini jadi presiden? Nah, apapun itu, Solo tetap diperhitungkan sebagai daerah tujuan wisata. Baik karena budayanya, tempat wisatanya atau karena cita rasa kulinernya. Jika kamu berkunjung ke kota Solo dalam waktu dekat dan memerlukan referensi kuliner Solo, di kesempatan ini cerpin.com akan mengulas seputar kuliner Solo yang patut kamu coba. Agar perjalanan lebih nyaman, jika kamu menggunakan pesawat, setelah sampai di bandara kamu bisa booking taksi Bandara melalui aplikasi Traveloka untuk mengantarmu ke tempat tujuan. Baik itu ke tempat kuliner atau sekadar mengantarmu terlebih dahulu ke penginapan. Menggunakan taksi bandara juga bikin memudahkan kamu, karena bisa lebih cepat dan tentunya nyaman.

Nah, berikut untuk referensi Kuliner Solo yang bisa kamu coba. Simak selengkapnya.

1. Warung Pecel Solo

Referensi Kuliner Solo yang Wajib Kamu Coba, Ada Makanan Presiden!

Kamu termasuk penggemar makanan tradisional, jangan sampai melewatkan untuk mencoba sensasi makan pecel di Warung Pecel Solo. Warung Pecel Solo terletak di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen, Solo. Selain menu utama yaitu pecel, Warung Pecel Solo juga menyediakan beberapa aneka kuliner Solo, seperti nasi liwet, garang asem, sego tumpang, dll.

Satu porsi pecel solo yang terdiri dari daun bayam, daun kenikir, daun papaya, kembang turi dan jantung pisang dibandrol dengan harga Rp. 12.000, Apabila ingin pake nasi merah maka kamu hanya perlu menambah Rp. 3000- jadi hanya Rp. 15.000/porsi.
Warung pecel Solo buka mulai pukul 08.00-16.00, kemudian buka kembali pada pukul 18.00-22.00 WIB.

2. Selat Solo Mbak Lies

Referensi Kuliner Solo yang Wajib Kamu Coba, Ada Makanan Presiden!

Bagi yang belum pernah mendengar makanan dengan sebutan ‘Selat’ mungkin akan bertanya-tanya seperti apa bentuknya. Jika kamu penasaran dan ingin mencoba Selat Solo, kamu bisa datang ke Selat Solo Mbak Lies yang berada di Jalan Veteran, Gang II No. 42, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
Selain rasanya yang patut diacungi jempol, desain interior dari Warung Selat Solo Mbak Lies juga sangat menarik. Berbagai pernak-pernik ala Erofa, seperti piring-piring keramik bisa kamu temui di sana. Selain itu, bangku dan kursinya pun juga unik. Tak heran, Selat Solo Mbak Lies tak pernah sepi pengunjung.

Menu andalan yang bisa kamu coba di Warung Selat Solo Mbak Lies adalah selat bestik dan selat galantine. Apabila kamu penasaran ingin mencoba cita rasa selat bestik atau selat galantine dari Warung Selat Solo Mbak Lies, kamu bisa datang pada pukul 09.00 sampai 17.00. Untuk harganya jangan khawatir, satu porsi sedang selat hanya dibandrol dengan harga Rp. 10.000, sedangkan untuk porsi besar mulai Rp. 22.000 sampai Rp. 29.000.

3. Kedai ibu

Kedai ibu

Kangen sama makanan ibu? Kamu bisa coba berkunjung ke Kedai Ibu, Solo. Terletak di Jl. Hasanudin No.57, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, kedai ibu menyajikan makanan ala rumahan seperti aneka susu segar, es pudding, minuman jahe, pisang owol, roti bakar, goreng nasi, aneka mie dan masih banyak menu rumahan lainnya.

Sesuai dengan namanya, kedai ibu mengusung tema hommy dan asri sehingga bisa membuat pengunjung merasa di rumah. Dindingnya dihiasi dengan foto dan gambar berbingkai yang semakin menambah hangat. Hm, bener-bener serasa di rumah.

Mie instan dan roti bakar merupakan menu favorite di sini. Apabila kamu penasaran ingin menikmati suasana rumah beserta menu makanan khas rumahan, kamu bisa berkunjung ke kedai ibu pada jam buka, yakni pukul 10.00 hingga 24.00. Untuk harganya sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000.

4. Soto Gading

Soto Gading

Soto Gading Solo, merupakan tempat makan di Solo yang belakangan naik daun karena kunjungan Bapak Presiden Joko Widodo. Bahkan, diketahui bahwa Soto Gading merupakan tempat makan langganan keluarga Preside Joko Widodo. Hm, jadi penasaran seperti apa sih rasanya Soto Gading.

Soto Gading Solo terletak di Jl Brigjen Sudiarto no 75, dari pukul 05.30 sampai pukul 15.30. Satu porsi soto gading hanya dibandrol dengan haga terjangkau, yaitu tidak sampai Rp. 20.000-. Selain harganya murah, rasanya juga enak. Jadi, wajar saja soto gading menjadi tempat makan langganan keluarga presiden Joko Widodo.
Saat ini, soto gading telah memiliki beberapa cabang. Salah satu cabangnya terletak di Jl Veteran 285. Apabila warung soto gading di di Jl Brigjen Sudiarto penuh, kamu bisa bergeser ke Jl Veteran 285.

Jadi apa yang akan kamu coba terlebih dahulu saat berkunjung ke Solo? Soto gading yang jadi buah bibir atau warung pecel solo yang melegenda? Atau kamu punya referensi kuliner lain? Yuk, ceritakan pengalaman jalan-jalanmu ke Solo di blog pribadimu atau tulis di kolom komentar.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #jawa tengah #kuliner #solo
Share

Pilihan editor